Terkait Bom di Surabaya, Australia dan Amerika Serikat Rilis Travel Advice

Advertisement

Surabaya dikagetkan dengan tiga ledakan yang terjadi pada tiga gereja, Minggu (13/05/2018). Ketiganya terjadi dalam waktu yang berdekatan. Tak lama kemudian ledakan susulan terjadi di Rumah Susun Wonocolo, Sidoarjo. Ledakan bom di Surabaya tersebut dilakukan oleh satu keluarga yang tinggal di lantai 5 blok B nomor 2.

Terkait hal tersebut, Amerika Serikat dan Australia mengeluarkan travel advice untuk warga negaranya yang sedang berada di Indonesia. “13 Mei 2018 ada serangan bom di tiga gereja Surabaya yang menyebabkan banyak kematian dan cedera,” seperti dikutip dari situs smartraveller.gov.au. Terkait kejadian ini, Pemerintah Australia memberikan detail travel advice bagi warganya yang berada di Bali, Surabaya, dan Jakarta.

Amerika Serikat dan Inggris Juga Keluarkan Travel Advice

Selain Australia, Amerika Serikat dan Inggris juga mengeluarkan travel advice bagi warganya di Indonesia. Beberapa himbauan diberikan oleh kedutaan Amerika Serikat (AS) yang berada di Indonesia. Warga AS diperingatkan untuk mencari tempat berlindung, perencanaan keamanan, memantau informasi dari media lokal, dan waspada terhadap sekitar.

Travel Advice (c) Shutterstock

Dari empat tingkatan, travel advice yang dikeluarkan Amerika Serikat untuk warganya yang berada di Indonesia berada di angka kedua. Sedangkan Australia menekankan ‘himbauan keamanan perjalanan tingkat tinggi’ untuk warganya yang akan dan sedang berada di Indonesia. Pemerintah Negeri Kangguru tersebut juga memberikan himbauan akan kemungkinan peningkatan risiko dan serangan lebih lanjut.

Travel advice merupakan saran pemerintah suatu negara terhadap warga negaranya yang sedang berada di luar negeri. Isinya berupa himbauan, nomor penting, perkembangan informasi terbaru, dan saran tentang tingkat keamanan suatu daerah. Berbeda dengan travel advice, travel warning berada pada lebih lebih tinggi. Jika suatu negara telah mengeluarkan travel warning pada negara tertentu, pemerintah akan melarang warganya untuk datang ke negara tersebut.

Advertisement
Tags
Australia Bom di Surabaya Indonesia Travel Advice
Share