Segarnya Blumbang Macari, Wisata Air Gratis Batu

Jika Teman Traveler sedang keliling wisata Batu, tak ada salahnya berkunjung ke Blumbang Macari. Destinasi yang terletak di Jalan Lahor, Dusun Macari, Desa Pesanggrahan, ini tawarkan banyak hal seru. Asyiknya lagi, bisa diakses tanpa uang sepeserpun alias gratis.

Serunya Bermain Air

Anak-anak bermain di Blumbang Macari (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk
Anak-anak asyik bermain air (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Blumbang Macari membentang sepanjang 80 meter, dengan lebar kurang lebih 20 meter. Kedalamannya mencapai sekitar dua meter. Di sekelilingnya terdapat pepohonan besar, sehingga suasana sejuk dan rindang sangat terasa.

Ada tali untuk berayun (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Beberapa pohon besar di sekitar ini dilengkapi tali untuk berayun. Anak-anak biasa menggunakannya untuk bermain sambil berbasah-basah ria, selepas pulang sekolah atau kala memasuki masa liburan. Seru juga rasanya, melihat mereka bergelantungan di atas air dan kemudian menceburkan diri ke dalam blumbang.

Naik Perahu Sampan Juga Seru

Bermain sampan di sekitar blumbang (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk
Naik sampan ini lumayan seru kok (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Selain berayun, Teman Traveler juga bisa bermain dengan sampan kecil dari bambu. Para pengunjung biasanya memanfaatkan wahana mungil ini untuk mengelilingi blumbang sambil mendayung. Rasanya asyik juga, wajib kalian coba.

Jernih dan Manjakan Mata

Pengunjung blumbang (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Air di blumbang ini sangat jernih Teman Traveler. Di dalamnya juga terdapat banyak ikan. Sayangnya, pengunjung dilarang menangkap satu pun. Ada sebuah papan besar dengan tulisan ‘Dilarang Memancing’.

Di sekitar blumbang terdapat area perkebunan dan persawahan. Udara di sini terasa sangat sejuk dan menyegarkan, khas Kota Batu. Pemandangan yang ditawarkan juga bernuansa hijau, sangat memanjakan mata.

Selain tempat wisata, destinasi juga kerap digunakan untuk pelatihan penyelamatan. Murid sekolah yang letaknya tak jauh dari sini sering menjadi pesertanya.

Mudah Dijangkau

Suasananya asri (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Untuk menuju sini, Teman Traveler cukup arahkan kendaraan ke Balai Kota Among Tani. Tepat sebelum sampai di gedung pemerintahan Batu tersebut, akan ada sebuah SPBU. Berikutnya, masuk ke gang sebelah kanan jalan hingga menemukan masjid.

Bagi Teman Traveler yang menumpang kendaraan roda dua, langsung saja parkir di samping wisata air ini. Sementara bagi yang menggunakan kendaran roda empat, bisa parkir di halaman masjid dan berjalan kurang lebih 50 meter menuju destinasi utama.

Itulah pengalaman saya berwisata di Blumbang Macari. Pesona segar dan keseruannya bisa banget jadi alternatif untuk habiskan waktu liburan di akhir pekan. Bagaimana, kapan mau coba main-main air di sini?

Tags
Batu blumbang macari Indonesia kontributor Travelingyuk wisata batu
Share