26 Jam Bermotor dari Bandung ke Gunung Bromo, Lelah Terbayar Keindahan

Teman Traveler ada pengin menikmati keindahan Gunung Bromo? Kalau kalian berada di Bandung dan sekitarnya bisa banget menuju gunung indah ini dengan naik motor. Tentunya selama perjalanan ada banyak lokasi wisata yang dapat disinggahi. Simak perjalanan saya 26 jam bermotor dari Bandung ke Gunung Bromo ini.

Rute yang akan Teman Traveler lewati dari Jawa Barat ke Malang Jawa Timur

Rute yang diambil adalah jalur lintas selatan Jawa sebagai titik awal berangkat dari Kota Bandung. Setelah 7 jam perjalanan Teman Traveler akan mencapai perbatasan antar provinsi yang menghubungkan Kota Banjar di Jawa Barat dengan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Setelah itu, jalur selanjutnya adalah Kota Purwokerto, Kebumen, Purworejo, dan Jogja.

Beristirahat di Jogja

Kawasan malioboro, yogyakarta (c) Arief Kurniawan

Tentunya sebelum menuju ke Malang dan kawasan Gunung Bromo, Teman Traveler bisa transit terlebih dahulu di Jogja. Selain untuk meregangkan otot setelah total 14 jam perjalanan dari Bandung, kota ini bisa jadi tempat singgah sementara atau bahkan menginap sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan. Bisa juga sempatkan jelajah wisata Jogja.

Sepanjang perjalanan dari Bandung hingga Jogja, kondisi jalan dinilai cukup bagus dan ramai oleh kendaraan pribadi maupun bus antar kota. Teman Traveler tidak perlu takut kesepian saat berada di jalan raya.

8-10 Jam Sebelum Tiba di Malang

Bermotor dari Bandung ke Gunung Bromo
Perjalanan dari Bandung menuju Bromo dengan Motor (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Dari Jogja, masih ada 8-10 jam perjalanan yang harus ditempuh untuk mencapai Malang. Rute berikutnya yaitu Jogja-Solo-Sragen-Ngawi-Nganjuk-Batu-Kota Malang-Gunung Bromo.

Jalur Waspada Sebelum Masuk Malang

Bermotor dari Bandung ke Gunung Bromo
 Ditenga-tengah kaldera bromo (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Sepanjang perjalanan dari Jogja hingga masuk ke wilayah Jawa Timur, kondisi jalanan relatif sama seperti dari Jawa Barat sampai Jawa Tengah. Ramai, padat dan lancar. Setelah 7 jam perjalanan dari Jogja, Teman Traveler akan memasuki kawasan Batu yang berbatasan langsung dengan Kota Malang. Di sinilah medan perjalanan yang cukup ekstrem bagi pengendara motor.

Jalanan sempit nan berkelok, menanjak, kurangnya penerangan, dan hawa dingin, khas kawasan pegunungan akan menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara motor jarak jauh. Suasana jalan yang sepi menjadi pemicu adrenalin, apalagi bila Teman Traveler melewati kawasan itu saat dini hari. Perhatikan risiko keram pada saat mengendarai motor di malam hari saat melewati pegunungan Kota Batu.

Momen Matahari Terbit di Bromo 

Bermotor dari Bandung ke Gunung Bromo
Keindahan Matahari Terbit di Bromo (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Bila Teman Traveler berada di sekitar Kota Batu saat dini hari, maka kamu harus sesegara mungkin melewati Batu, Malang Raya dan berlanjut hingga kawasan Bromo Tengger Semeru. Sehingga Teman Traveler dapat menikmati pemandangan khas matahari terbit dari Bromo.

Bermotor dari Bandung ke Gunung Bromo
Matahari terbit di bromo (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Setelah memasuki wilayah Bromo Tengger Semeru, Teman Traveler bisa menuju rest area. Di sini ramai warga lokal menjajakan makanan, perlengkapan untuk menghalau dingin, dan menawarkan transportasi jeep bagi pengunjung yang tidak ingin membawa kendaraan untuk ke atas.

Dari rest area masih membutuhkan sekitar 1 sampai 1,5 jam untuk sampai di Penanjakan 1, tempat di mana Teman Traveler bisa menyaksikan sunrise. Dalam perjalanan menuju ke penanjakan, Teman Traveler juga diharuskan berhenti di pintu masuk Taman Nasional untuk membayar biaya masuk.

Bila Teman Traveler bermotor dari Bandung ke Gunung Bromo perjalanan yang ditempuh sekitar 26 jam. Itupun dengan estimasi beristirahat di Jogja tanpa menginap. Jadi Teman Traveler lebih suka ke Bromo naik apa?

Tags
Bermotor dari Bandung ke Gunung Bromo Indonesia Jawa Timur kontributor Travelingyuk Wisata
Share