Tips Berburu Sunrise di Dieng, Yuk Simak Teman Traveler

Dataran tinggi Dieng dikenal punya suguhan pemandangan alam memukau. Salah satu aktivitas paling digemari saat berwisata ke sini adalah berburu sunrise Dieng. Namun demikian, hal ini tidak semudah kelihatannya Teman Traveler.

Seperti yang Teman Traveler tahu, mendapatkan panorama sunrise yang oke harus didukung sejumlah faktor. Salah satu yang utama tentu saja adalah cuaca. Nah, berikut ini adalah sejumlah tips dari saya, buat kalian yang ingin berburu sunrise Dieng.

Datang Saat Musim Kemarau

img_2653_min_UzO.JPG
Langit cerah di sekitar Dieng (c) Josupriyanto/Travelingyuk

Berada di daerah Jawa Tengah, Dieng terasa istimewa lantaran cuacanya sangat dingin. Bisa mencapai hingga minus lima derajat celcius ketika memasuki musim kemarau. Berkunjung di saat-saat seperti ini, Teman Traveler akan merasakan sensasi dingin yang berbeda karena angin tidak berhembus, meski sinar mentari cukup terik.

Meski demikian, justru inilah waktu paling tepat untuk mampir ke Dieng. Teman Traveler akan disuguhi pemandangan langit yang benar-benar bersih dan bagus. Oleh karena itu, kalian bisa rencanakan mampir antara Juni hingga pertengahan Agustus.

Kenakan Jaket Tebal

umgae4475_min_7fL.JPG
Birunya langit di Bukit Sikunir (c) Josupriyanto/Travelingyuk

Oh ya, Teman Traveler jangan lupa kenakan jaket tebal atau baju berlapis ya. Kedengarannya memang sedikit ribet, namun kalian takkan menyesal. Sebab hawa di sekitaran Dieng memang benar-benar dingin.

Jika tidak memiliki jaket winter, Teman Traveler tenang saja. Di sekitaran tempat wisata biasanya ada yang menyewakan kok. Namun jika ingin hemat, tentu saja akan lebih bagus jika kalian mempersiapkan diri lebih dulu.

Mampir ke Bukit Sikunir

fomo3707_min_vEX.JPG
Spot terbaik menunggu sunrise (c) Josupriyanto/Travelingyuk

Liburan ke Dieng, Teman Traveler jangan lupa mampir ke Bukit Sikunir. Ini adalah salah satu tempat terbaik untuk berburu sunrise di sekitaran Dieng. Dari sini kalian bisa melihat mentari muncul dengan begitu sempurna. Hamparan langit bakal terlihat begitu sempurna, bersih tanpa terhalang kabut. Menanti sunrise di sini bagaikan sedang menunggu idola naik panggung. Deg-degan, tapi semuanya bakal terbayar lunas.

bslw4763_min_G5Z.JPG
Matahari muncul bersamaan dengan samudra awan (c) Josupriyanto/Travelingyuk

Itulah sedikit tips dari saya buat Teman Traveler yang ingin berburu sunrise di Dieng. Jadi, jangan lupa perhitungkan secara matang waktu keberangkatan dan tempat mana yang ingin dituju. Rasakan sendiri sensasi melihat pesona mentari terbit dari ketinggian.

Tags
Dieng kontributor Travelingyuk Wisata Wisata Dieng
Share