Menikmati Sunrise & Sunset Terbaik di Bagan, Bikin Mata Terpikat

Bagan merupakan salah satu kota yang terletak di Myanmar. Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan mengunjunginya karena terdapat spot melihat sunrise dan sunset terbaik di Bagan. Tak hanya melihat sunrise dan sunset, mata juga akan dimanjakan dengan balon udara dan pemandangan kuil yang tak kalah menakjubkan.

Mengendarai e-bike sebagai transportasi

Perjalanan menggunakan e-bike (c) Sunti Yogi Utami /Travelingyuk

Untuk berburu sunrise, kamu harus berangkat dari penginapan pada pagi hari sekitar jam 5 pagi. Agar lebih mudah dalam perjalanan kamu bisa menyewa e-bike yang ada di penginapan. Menaiki e-bike rasanya sama seperti naik motor, namun bedanya tidak ada suara mesin yang mengganggu.

Untuk menuju ke temple, bisa menggunakan google maps untuk memberikan petunjuk jalan. Selain itu, penting untuk riset terlebih dahulu mencari temple yang masih boleh didatangi dan dipanjat. Hal ini karena pemerintah Myanmar membatasi jumlah temple yang bisa dipanjat.

Perjalanan dibantu oleh warga sekitar

Perjalanan dibantu warga sekitar (c) Sunti Yogi Utami /Travelingyuk

Selama perjalanan menuju spot sunrise, kamu harus berjuang untuk menembus dingin dan gelapnya kota Bagan. Jika bingung mencari petunjuk jalan, kamu bisa menanyakannya pada penduduk lokal. Selain mau membantu, mereka juga memberitahukan temple mana saja yang boleh dipanjat. Nantinya mereka akan mengatakan untuk membayar mereka dengan membeli barang dagangannya saja.

Sesampainya di temple yang tak bernama ini, ternyata belum banyak orang yang datang. View dari atas temple ini sangatlah bagus. Kalau kamu mau datang ke temple ini bisa masukkan titik koordinat 221.162651,94.856983 di google maps. Letaknya tidak terlalu sulit dicari karena berada di pinggir jalan.

Serunya berburu sunrise

Berburu sunrise (c) Sunti Yogi Utami /Travelingyuk

Sambil menunggu sunrise dan balon udara muncul, sesekali cobalah untuk membaur dengan turis lain agar tidak merasa bosan dan ngantuk. Selain menikmati pemandangan tak ada salahnya mencari teman baru, bukan? Saking asyiknya berbincang dengan para turis, sekitar pada pukul 6.15 sunrise mulai muncul dan balon-balon udara mulai diterbangkan.

Ambil banyak foto (c) Sunti Yogi Utami /Travelingyuk

Pemandangannya sangat indah dan bisa membuat terharu akan indahnya ciptaan Tuhan. Beruntung sekali bisa menyempatkan waktu untuk menikmati keindahan ini. Jangan lupa abadikan momen ini dengan mengambil banyak foto. Sangat disarankan jika traveling ke Bagan untuk menikmati momen langka ini. Biasanya balon udara beroperasi dari bulan Oktober sampai Maret.

Menikmati sunset di Bagan

Sunset di Bagan (c) Sunti Yogi Utami /Travelingyuk

Setelah puas melihat sunrise, kamu nantinya akan diajak warga lokal untuk diajak ke spot melihat sunset. Jalanannya memang sulit dicari karena tidak berada di jalanan utama. Sebagai patokan kamu bisa melewati Shwesandaw Pagoda dan dekat Brick Monestery. Sangat disarankan jangan terlalu sore untuk berangkat mengingat perjalanannya yang tidak mudah.

Sunset di Bagan (c) Sunti Yogi Utami /Travelingyuk

Untuk koordinatnya berada di 21.1480677,94.8719641. Jangan sampai menyesal ya kalau tidak menikmati sunset ini, pasalnya view yang disuguhkan benar-benar memikat. Langit di Myanmar sangat jarang ada awan sehingga tidak ada yang menghalangi untuk melihat sunrise maupun sunset.

Itulah spot terbaik untuk melihat sunrise dan sunset terbaik di Bagan. Jangan lupa siapkan baju hangat dan perbekalan yang cukup untuk bisa sampai di temple ini. Selamat Traveling!

Tags
Bagan Myanmar sunrise Sunset wisata myanmar
Share