Benteng di Maharashtra India, Perlu Seberangi Lautan Kalau Mau Mampir

Advertisement

Wisata India tidak hanya ke Taj Mahal saja loh. Banyak atraksi wisata menarik yang bisa Teman Traveler kunjungi. Seperti benteng-benteng di Maharashtra, sebuah negara bagian di India dengan ibu kota Mumbai. Dibangun di tengah laut Arab, guna melindungi kerajaan yang berdiri di kawasan tersebut. Kalau mau mampir harus seberangi lautan dahulu. Penasaran apa saja? Yuk disimak ulasan berikut.

Khanderi-Underi Fort

Bagian dari Khanderi Fort via Instagram @ganaeshpujari
Bagian dari Khanderi Fort via Instagram @ganaeshpujari

Khanderi dan Underi merupakan benteng di Maharashtra India yang letaknya berdekatan. Konon menjadi pertahanan terdepan dalam menghadapi musuh pada era pemerintahan Maratha. Sampai saat ini, Khanderi dan Underi masih berdiri tegak di tengah laut Arab.

Pelancong umumnya berkunjung ke sini untuk menikmati betapa megahnya tempat yang sudah berumur lebih dari 400 tahun ini. Underi hanya bisa dikunjungi saat air laut surut, dengan boat kecil dari Pantai Thal yang jaraknya sekitar 8 kilometer. Sedangkan Khanderi dapat dikunjungi kapan saja sepanjang tahun.

Kolaba Fort

Kolaba Fort via Instagram @snehalprasade
Kolaba Fort via Instagram @snehalprasade

Kolaba fort merupakan benteng lainnya di Maharashtra India yang terletak sekitar 8 meter di atas permukaan laut. Benteng pertahanan ini merupakan mahakarya arsitektur di era Maratha, yang sudah ada semenjak abad ke-17.

Pelancong yang mendatangi Kolaba fort akan disuguhi dengan sumur air tawar, beberapa candi, meriam, dan beberapa ukiran berbentuk burung dan hewan lain di dindingnya. Kalau air sedang pasang, tempat ini hanya bisa ditempuh dengan boat dari Pantai Alibag. Sedangkan kalau sedang surut dapat dicapai dengan berjalan kaki.

Murud-Janjira Fort

Murut-Janjira Fort via Instagram @raj_ganar_03
Murut-Janjira Fort via Instagram @raj_ganar_03

Benteng Murud-Janjirat dibangun pada abad ke-17 di dekat kota pesisir Murud. Bangunan pertahanan ini dibangun pada masa dinasti Nizamshahi, dengan tinggi sekitar 12 meter. Di dalamnya terdapat reruntuhan istana, masjid, dan pemandian.

Ada juga 3 meriam berukuran besar, diberi nama Landa Kasam, Kalalbangdi, dan Chavri. Murud-Janjirat fort hanya bisa dicapai dengan boat dari dermaga Rajapuri.

Sindhudurg Fort

Sindhudurg Fort via Instagram @nishuloves_u
Sindhudurg Fort via Instagram @nishuloves_u

Sindhudurg merupakan salah satu benteng pertahanan terkuat di masa kerajaan Maratha pada abad ke-17. Benteng ini mempunyai panjang sekitar 3 kilometer, tinggi kira-kira 9 meter, dan lebar 3,7 meter.

Terdapat sebuah kuil di dalam Sindhudurg yang didedikasikan untuk salah satu raja dari kerajaan Maratha. Benteng ini hanya bisa dicapai dengan feri dari Malvan, sebuah kota di Distrik Sindhudurg. Namun tidak bisa dikunjungi apabila air laut sedang pasang.

Suvarnadurg Fort

Suvarnadurg Fort via Instagram @omkar_adake
Suvarnadurg Fort via Instagram @omkar_adake

Suvarnadurg juga sebuah benteng di Maharashtra, India, yang dibangun pada abad ke-17. Dibangun sebagai benteng pertahanan dengan dinding batu tebal dan lebar. Sampai sekarang pun masih berdiri kokoh dan dikunjungi pelancong. Teman Traveler bisa singgah di sini menggunakan boat dari pelabuhan Harnai.

Teman Traveler yang suka napak tilas situs bersejarah, bisa banget nih jelajah benteng di Maharashtra saat sedang liburan di India. Namun pilih waktu ketika air laut sedang surut ya. Bagaimana mau meluncur ke sana?

Advertisement
Tags
asia Benteng Laut India Luar negeri Maharashtra
Share