Benteng Goryokaku, Unik dengan Arsitektur Berbentuk Bintang

Hakodate merupakan sebuah kota pelabuhan di Hokkaido. Kawasan wisata Jepang ini punya banyak destinasi menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adanya Benteng Goryokaku.

Tak seperti benteng tradisional umumnya di Jepang, Goryokaku memiliki bangunan berbentuk bintang. Tampak sangat unik, apalagi jika dilihat dari ketinggian. Penasaran? Yuk, simak pengalaman saya menjelajah ke sana Teman Traveler.

Mengikuti Konsep Barat

Berfoto dengan maket benteng (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Benteng Goryokaku dibangun sejalan dengan dibukanya Hakodate sebagai pelabuhan terbuka. Bentuknya menyerupai bintang karena mengikuti konsep pembangunan ala Barat. Agar bisa melihat bentuknya dengan lebih jelas, Teman Traveler harus naik ke Tower Goryokaku.

Menikmati Pemandangan Kota

Pemandangan dari atas menara (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Tower Goryokaku terdiri dari dua lantai. Dari sini Teman Traveler bisa melihat benteng maupun pemandangan kota di sekitarnya. Lantai pertama menjulang setinggi 86 meter, sementara lantai dua memiliki ketinggian kurang lebih 90 meter.

Mudah Dicapai dengan Trem

Pemandangan apik dari atas tower (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Teman Traveler yang ingin mengunjungi benteng unik ini, bisa memanfaatkan transportasi trem. Naiklah dari Stasiun Hakodate dan turun di Stasiun Goryokaku Koen Mae.

Oh ya, stasiun trem ini posisinya di tengah jalan yang dipadati mobil ya. Tidak seperti stasiun MRT atau stasiun kereta api megah. Saya sempat bingung mencarinya karena ternyata bangunannya mirip seperti halte bus biasa!

Begitu turun di Stasiun Goryokaku, Teman Traveler tinggal berjalan kaki kira-kira 10 menit sebelum sampai Tower. Saat itu saya berkunjung di musim dingin, sehingga jalanan terasa sangat licin. Kalian wajib ekstra hati-hati dalam melangkah, jika tak ingin terpeleset berkali-kali seperti saya.

Menjelajah Sekitar Benteng

Benteng berbentuk bintang ini sebenarnya lebih keren jika dikunjungi di luar musim dingin. Namun bukan berarti tidak ada hal menarik yang bisa dilihat ketika saya berkunjung ke sana. Pertama-tama ada Hakodate Memorial, monumen yang dibuat untuk mengenang kejadian pertempuran dengan pemerintah baru. Berikutnya ada Ishi no Hashi. Jembatan yang berada di sisi barat daya taman ini juga sekaligus menjadi pintu masuk menuju kawasan benteng.

Teman Traveler juga bisa melihat parit dengan kedalaman 4-5 meter, mengelilingi benteng sepanjang 1800 meter. Bagian ini dibuat untuk mempertahankan diri dari serangan musuh. Begitu pula dengan dinding batu yang dibangun menjulang antara 5-7 meter. Sistem pertahanan ini juga dilengkapi meriam di tiap sudut luar bintang dan gudang penyimpanan makanan.

Berburu Kuliner Sekitar Tower

Gelato dengan susu asli Hakodate (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Selain suguhkan pemandangan apik, Hakodate Tower juga memiliki area pertokoan dan restoran lho. Di lantai dua, Teman Traveler bisa menemukan sebuah toko gelato yang cukup terkenal. Bahan utamanya adalah susu asli hasil produksi Hakodate.

Konon, kedai gelato ini bisa menjual hingga 800 porsi gelato per hari. Oh ya, rasa yang kerap jadi favorit pengunjung adalah haskap, labu kuning, dan susu. Teman Traveler wajib coba jika sedang berada di Hakodate.

Itulah sedikit pengalaman saya jalan-jalan di sekitaran Benteng Goryokaku, Hakodate. Semoga ulasan ini bisa membantu Teman Traveler yang ingin berkunjung ke sana ya.

Tags
jepang kontributor Travelingyuk wisata jepang
Share