Bendungan Kampili, Miniaturnya Grand Canyon di Kabupaten Gowa

Liburan ke Makassar tak akan cukup hanya dalam waktu dua atau tiga hari. Pasalnya, banyak tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan. Bukan hanya di pusat kota seperti Benteng Rotterdam, tapi objek wisata di sekitar Makassar pun tak kalah menarik. Salah satunya adalah Bendungan Kampili yang terletak di Kabupaten Gowa. Pesona bendungan ini mirip banget dengan miniaturnya Grand Canyon. Tak percaya? Yuk, intip ulasannya berikut ini.

Bendungan yang Jadi Objek Wisata Hits

Bendungan Eksotis di Gowa
Bendungan Eksotis di Gowa via instagram/@adekurniafs

Seperti lainnya, Bendungan Kampili digunakan untuk irigasi. Namun, karena keelokannya, sumber air saat musim kemarau ini menjadi tempat wisata hits dan membuat banyak wisatawan penasaran. Meski letaknya cukup jauh, wisatawan rela menempuh perjalanan ke bendungan di Desa Kampili, Kecamatan Palangga, Kabupaten Gowa. Alasan utamanya tidak lain karena penasaran keindahannya yang disebut-sebut sebagai miniatur Grand Canyon.

Unik dengan Bebatuan Besar

Bebatuan Bendungan di Gowa
Bebatuan Bendungan di Gowa via instagram/@giovanni_tendean

Dam yang berada di Kabupaten Gowa ini merupakan anak bendungan dari Sungai Jeneberang yaitu Bendungan Bissua dan Bendungan Bili-Bili. Keindahan tempat ini tidal hanya menarik karena jatuhan air yang menyegarkan. Namun, juga keunikan bebatuan yang berukuran besar dan berlubang. Dari beberapa sudut, batu-batu ini mirip dengan Grand Canyon. Cantik banget dengan aliran sungai yang bening dan menawan.

Spot Sempurna untuk Pecinta Fotografi

Spot Sempurna untuk Pecinta Fotografi
Spot Sempurna untuk Pecinta Fotografi via instagram/@arifin_wongso

Bentuk batuan yang tercipta secara alami ini memang menarik perhatian. Terutama untuk traveler pecinta fotografi. Banyak dari mereka rela berjam-jam menghabiskan waktu dengan kameranya di sekitar bendungan. Tidak sedikit yang menjadikan bendungan Kampili sebagai latar berfoto mereka. Paling bagus datang ke sini ketika sore hari. Apalagi bersama orang tersayang.

Musim Terbaik untuk Ke Kampili

Musim Terbaik ke Bendungan Kampili
Musim Terbaik ke Bendungan Kampili via instagram/@fadliadisadli

Keindahan bendungan ini memang tidak main-main. Saat musim kemarau, aliran airnya jernih. Sementara batu-batu di tepi sungai makin terlihat eksotis. Namun, hal tersebut jauh berbeda ketika musim hujan. Aliran sungai di bendungan ini bakalan meningkat tajam dengan warna air kecokelatan. Batu-batu yang awalnya eksotis ditumbuhi lumut yang cukup licin. Pemandangannya memang cantik, tapi lebih baik untuk datang saat musim kemarau.

Nah, itulah ulasan tentang Bendungan Kampili di Kabupaten Gowa yang mirip dengan miniatur Grand Canyon. Bagaimana menurutmu, mirip banget kan? Jadi, kapan nih liburan ke Sulawesi Selatan?

Tags
Gowa Indonesia Sulawesi Selatan Wisata Wisata Gowa
Share