Bukan di Belanda, 9 Benteng Ini Ada di Indonesia

Tanah Eropa memang terkenal dengan bangunannya yang tua. Kendati sudah tak mudah lagi, bangunan di negara-negara Eropa masih tetap kokoh dan terlihat cantik dilihat. Karena keelokan itu pula banyak sekali traveler asal Indonesia rela backpacker untuk dapat menjelajah dan berfoto di bangunan-bangunan tua di Eropa.

Nah, bagi kamu yang ngebet banget ingin foto cantik berlatar bangunan tua di Eropa tapi tak punya uang, jangan khawatir. Pasalnya, Indonesia memiliki puluhan benteng cantik yang tentu saja desainnya mirip banget dengan bangunan tua di Eropa. Tak percaya? Cek aja rangkuman selengkapnya berikut ini!

1. Benteng Fort Marlborough, Bengkulu

Benteng Fort Marlborough, Bengkulu
Benteng Fort Marlborough, Bengkulu [image source]
Benteng Fort Malborough, begitu lah tempat bersejarah yang dibangun oleh Inggris pada tahun 1713. Benteng cantik di atas bukit yang menghadap ke arah kota Bengkulu ini juga pernah menjadi tempat pertahanan oleh Belanda di tahun 1825 hingga 1942. Bangunan tua yang membelakangi Samudera Hindia ini benar-benar membuat mata terbelakak. Sudah berumur ratusan tahun, benteng ini masih kokoh berdiri. Setelah menjadi markas TNI-AD, benteng ini diserahkan kepada Depdikbud dan kini menjadi bangunan cagar budaya yang terkenal di Bengkulu. Sudah pernah ke Benteng ini belum?

Benteng Fort Marlborough
Benteng Fort Marlborough [image source]
Lokasi : Jalan Benteng, Kebun Keling, Teluk Segara, Kebun Keling, Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu 38119

2. Benteng Portugis, Jepara

Benteng Portugis
Benteng Portugis [image source]
Tak hanya di Cilacap dan Semarang saja, ternyata Jepara juga memiliki benteng cantik yang sangat populer di kotanya. Benteng tersebut bernama Benteng Portugis yang terdapat di Desa Banyumas, berdekatan dengan Desa Ujung Batu, Kecamatan Keling, Jepara. Benteng ini diperkirakan dibangun pada tahun 1632 sebagai pusat pertahanan untuk menghalau musuh. Kini Benteng ini beralih fungsi sebagai tempat wisata bersejarah di Pulau Jawa. Berbeda dengan benteng lain, bangunan tua ini memiliki bentuk yang unik. Dijamin, ketika kamu berkunjung ke benteng ini bakalan terbelalak dengan pemandangan indahnya.

Benteng Portugis, Jepara
Benteng Portugis, Jepara [image source]
Lokasi : Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Jepara, Jawa Tengah

3. Benteng Vastenburg, Surakarta

Benteng Vastenburg, Solo
Benteng Vastenburg, Solo [image source]
Terletak di kampung halamannya Presiden Joko Widodo, benteng peninggalan Belanda ini dulunya tak terawat. Hampir semua bangunannya rusak dan ditumbuhi lumut. Setelah naiknya Joko Widodo sebagai presiden, benteng yang pernah digunakan sebagai markas TNI ini direnovasi dengan dicat ulang berwarna putih. Kini, Benteng di pusat kota Solo ini pun terkenal banget dan menjadi destinasi wisata banyak wisatawan. Nah, tak perlu jauh-jauh ke Belanda untuk foto dengan bangunan khas negara Dam ini kan?

Benteng Vastenburg
Benteng Vastenburg [image source]
Lokasi : Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kedung Lumbu, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133

4. Benteng Van Den Bosch, Ngawi

Benteng Van Den Bosch
Benteng Van Den Bosch [image source]
Bukan hanya Jawa Tengah, Jawa Timur juga punya benteng yang menjadi kebanggaan penduduk asli. Ialah Benteng Van Den Bosch atau Benteng Pendem yang terletak di Ngawi. Benteng cantik satu ini bukan hanya memiliki pemandangan cantik bangunan tua. Tapi, di dalam benteng ini terdapat makam K.H. Muhammad Nursalim, salah satu pengikut Pangeran Diponegoro yang menyebarkan agama islam pertama di Ngawi. Nah, yakin nih tidak mau berkunjung ke bangunan tua khas Belanda ini?

Benteng Van Den Bosch Ngawi
Benteng Van Den Bosch Ngawi [image source]
Lokasi :Jl. Untung Suropati, Pelem, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63211

5. Benteng Fort Rotterdam, Makassar

Benteng Fort Rotterdam Makassar
Benteng Fort Rotterdam Makassar [image source]
Berkunjung ke Makassar kurang lengkap rasanya jika tak berkunjung ke benteng bersejarah satu ini. Ialah Benteng Fort Rotterdam yang dulunya juga dikenal sebagai Benteng Ujung Pandang. Benteng ini merupakan peninggalan kerajaan Gowa yang diambil alih oleh Belanda sebagai pusat penampungan rempah-rempah. Bukan hanya pemandangan benteng yang masih utuh dan terawat, destinasi wisata paling populer ini juga memiliki museum bersejarah bernama La Galigo yang berisi referensi mengenai sejarah kebesaran Makassar dan daerah lain di Sulawesi Selatan.

Benteng Fort Rotterdam
Benteng Fort Rotterdam [image source]
Lokasi : Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90171.

6. Benteng Belgica, Maluku

Benteng Belgica
Benteng Belgica [image source]
Bukan di Belanda, bangunan tua satu ini ternyata ada di Pulau Neira Maluku. Benteng ini dibangun oleh Inggris bertahun-tahun yang lalu untuk tempat berlindung dari serangan rakyat Banda. Bangunan cantik ini sendiri berkali-kali mengalami perubahan hingga berbentuk seperti saat ini. Berbeda dengan benteng lain, benteng Belgica ini mengeluarkan cukup banyak uang karena rancangannya yang sangat sempurna. Saking cantiknya bangunan ini, benteng Belgica telah dicalonkan sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1995. Nah, tak perlu jauh-jauh ke Belanda atau Inggris kan jika ingin berfoto cantik dengan latar bangunan khas Eropa ini?

Belgica Saat Sore
Belgica Saat Sore [via]

Benteng Belgica Maluku
Benteng Belgica Maluku [image source]
Lokasi : Banda Neira, Nusantara, Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku

7. Benteng Fort De Kock, Bukittinggi

Benteng Fort De Kock
Benteng Fort De Kock [image source]
Masih di Sumatera, ada satu lagi bangunan peninggalan Belanda yang tak kalah cantik dengan Benteng Marborough. Ialah Benteng Fort De Kock yang memiliki ukuran kecil di kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Benteng ini dibangun semasa Perang Paderi pada tahun 1825 di atas Bukit Jirek. Tak kalah memesona, benteng ini pun juga menjadi destinasi wisata bersejarah di Bukittinggi. Nah, sudah pernah datang ke benteng ini belum?

Benteng Fort De Kock, Bukittinggi
Benteng Fort De Kock, Bukittinggi [image source]
Lokasi : Jalan Yos Sudarso, Benteng Pasar Atas, Guguk Panjang, Benteng Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26136

8. Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa
Benteng Pendem Ambarawa [image source]
Benteng cantik yang memiliki desain unik, begitulah Benteng Pendem Ambarawa atau Benteng Fort Willem I dikenal. Benteng satu ini terletak di Ambarawa, Semarang yang dibangun pada tahun 1834 hingga 1845. Benteng yang berdekatan dengan Museum Kereta Api ini kini telah menua dengan tumbuhnya lumut dan rumput di bangunannya. Kendati sudah menua, benteng ini tetap kokoh berdiri hingga saat ini. Selain desainnya yang cantik, benteng yang penuh dengan jendela besar ini juga menjadi salah spot fotogenik paling terkenal di Semarang, loh! Nah, jika berkunjung ke Semarang, jangan lupa mampir ke Benteng yang digunakan latar film Soekarno ini ya!

Benteng Pendem Ambarawa, Semarang
Benteng Pendem Ambarawa, Semarang [image source]
Lokasi : Lodoyong, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50611

9. Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem Cilacap Jawa Tengah
Benteng Pendem Cilacap Jawa Tengah [image source]
Selain di Ambarawa, ternyata ada satu lagi benteng pendem di tanah Jawa. Terletak di pesisir Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, benteng ini diberi nama Benteng Pendem Cilacap. Bangunan tua ini dibangun selama 18 tahun dan sempat tertutup oleh tanah pesisir pantai serta tak terurus. Melihat pemandangan tersebut, pemerintah setempat merenovasi hingga bangunan tua ini menjadi destinasi wisata bersejarah di Cilacap. Desas-desusnya, Benteng pendem ini memiliki terowongan bawah tanah yang menghubungkan ke benteng lain. Namun, desas-desus tersebut tak terbukti hingga saat ini.

Benteng Pendem Cilacap
Benteng Pendem Cilacap [image source]
Lokasi : Jl. Benteng, Cilacap, Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53211

Nah, mana nih benteng cantik Indonesia yang menurutmu wajib didatangi? Tak kalah memesona dengan bangunan tua di Belanda dan negara-negara Eropa lainnya kan?

Tags
Bengkulu benteng Indonesia Jawa Tengah Jawa Timur Jepara Ngawi Surakarta
Share