Bendungan Kamijoro, Pesona Wisata Anyar Bantul

Liburan memang jadi salah satu cara asyik untuk melepas penat usai bersekolah maupun bekerja. Namun bagaimana jika budget tengah minim? Jangan khawatir Teman Traveler, di Bantul kini ada Bendungan Kamijoro yang keren.

p_20190723_102919_CkT.jpg
Bendung Kamijoro (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Jika biasanya bendungan hanya sekedar berupa wadah air raksasa untuk mengaliri persawahan, di sini berbeda. Bendungan Kamijoro dikemas menjadi tempat wisata asyik untuk disambangi. Bagusnya lagi, bisa Teman Traveler kunjungi secara gratis!

Pesona Baru Wisata Bantul

p_20190723_101419_8nL.jpg
Berfoto di jembatan dekat bendungan (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Bendungan Kamijoro bisa Teman Traveler temukan di wilayah Pajangan, Bantul, Jogjakarta. Dibangun sejak 2016, struktur masif ini sebenarnya baru 95 persen selesai. Bagian taman masih dikebut pengerjaannya, namun keindahannya sudah bisa dinikmati.

Untuk ukuran bendungan, fasilitas yang disediakan cukup bagus dan lengkap. Ada mushola, kamar mandi, taman bermain anak, serta beberapa penjaja kuliner.

Buat Teman Traveler yang merasa kepanasan oleh teriknya sinar mentari, tenang saja. Bisa langsung sewa payung seharga Rp5.000. Payung tersebut bisa kalian gunakan tanpa batas waktu, asalkan masih berada di kawasan bendungan ya.

Masuknya Gratis Lho

p_20190723_102148_N9I.jpg
Duduk santai nikmati panorama sekitar (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Masalah tiket jangan dipikirkan Teman Traveler. Seperti yang saya bilang tadi, gratis alias tidak bayar sama sekali. Kalian hanya akan diminta membayar tarif parkir. Rp1.000 untuk sepeda, Rp2.000 untuk sepeda motor, dan Rp5.000 untuk mobil. Sangat murah dan terjangkau.

Panorama Memanjakan Mata

p_20190723_102408_LUi.jpg
Jalan-jalan nikmati suasana sekitar (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Pemandangan Bendungan Kamijoro di siang hari cenderung sangat bagus. Langit sekitar bakal tampak cantik berhiaskan awan dan corak biru. Teman Traveler bisa jalan-jalan di sekitar jembatan, nikmati pemandangan unik berupa derasnya aliran air bendungan plus sejumlah daratan kecil menyerupai pulau tak berpenghuni.

Jangan lupa mampir ke area taman di satu bangunan khusus yang tampak mencolok dari parkiran. Arsitekturnya mirip panggung serbaguna, sehingga bisa digunakan untuk menggelar pertunjukan maupun acara khusus. Tepat di sampingnya, ada beberapa wahana permainan anak seperti seluncuran, ayunan, dan odong-odong. Tersedia pula beberapa bangku untuk istirahat sambil duduk santai.

p_20190723_102121_BuH.jpg
Pemandangan di sekitar sini cukup indah (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Jika datang ke sini sore hari, Teman Traveler akan disuguhi pemandangan sunset yang sangat memanjakan mata. Namun sebelum itu, kalian bakal dimanjakan eloknya panorama pegunungan yang nampak indah di kejauhan sana.

Buat yang hobi olahraga, boleh juga mampir pagi hari untuk sekedar jogging dan menikmati udara segar Pegunungan Pajang. Tenang saja, bendungan ini terbuka untuk pengunjung sejak pukul 06.00 hingga sekitar pukul 19.00. 

Banyak Spot Foto Bagus

p_20190723_103235_AVd.jpg
Taman bermain untuk anak (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang hobi fotografi, tempat ini sangat cocok dijadikan arena hunting gambar keren. Ada banyak sudut apik yang layak diabadikan lewat jepretan lensa kamera. Bagi yang doyan koleksi foto-foto apik untuk menambah feed Instagram, Bendungan Kamijoro juga bisa jadi pilihan tepat.

Pas Buat Keluarga

p_20190723_101152_Ks6.jpg
Langit di sekitar bendungan nampak cerah (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Bendungan Kamijoro juga pas untuk berwisata bersama keluarga. Fasilitas yang tersedia sangat lengkap, termasuk taman bermain anak dan beragam penjaja kuliner dengan menu bervariasi. Jangan khawatir, semua masakan di sini dipatok dibanderol dengan harga ramah kantong kok.

p_20190723_101239_cxz.jpg
Jembatan yang jadi favorit pengunjung untuk berfoto (c) Rachma Muslika/Travelingyuk
p_20190723_103118_KWM.jpg
Area bermain anak (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang sedang liburan di Jogjakarta dan sekitarnya, wajib banget mampir ke Bendungan Kamijoro. Akses menuju sini sangat mudah karena dekat jalan raya dengan aspal mulus. Selamat jalan-jalan!

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share