Nikmati Wisata Alam Sambil Kulineran di Bendungan Dempok Malang

Malang seolah tak pernah kehabisan tempat wisata maupun suguhan kuliner menarik. Salah satu destinasi wisata Malang yang bisa Teman Traveler coba sendiri adalah Bendungan Dempok. Tak hanya menawarkan panorama alam, pengunjung juga bisa merasakan beragam sajian masakan nikmat di sini.

wisata di malang
Berfoto di atas kapal (c) Ikrom Zain/Travelingyuk

Lokasi Bendungan Dempok berada tak jauh dari Kepanjen, ibu kota Kabupaten Malang. Dari perempatan dekat Pasar Kepanjen, Teman Traveler tinggal lurus hingga menemukan Bendungan Sengguruh. Setelah itu arahkan kendaraan ke arah Pagak. Teman Traveler akan menemukan banyak papan penunjuk jalan menuju Dempok.

Menikmati Olahan Ikan Segar

tempat wisata malang
Deretan warung dan parkir mobil (c) Ikrom Zain/Travelingyuk

Sebenarnya tempat ini adalah terusan dari Bendungan Sutami yang sudah cukup terkenal di Malang. Hanya saja, kini pengunjung bisa lebih bebas memilah dan memilih ikan untuk disantap. Salah satu yang kerap jadi menu wajib adalah olahan mujair. Jenis ikan lain seperti wader juga sering jadi favorit pengunjung.

tempat wisata malang
Pendangkalan bendungan (c) Ikrom Zain/Travelingyuk

Setelah memilih, pengunjung bisa meminta pemilik warung sekitar bendungan untuk memasak ikan sesuai permintaan. Bisa digoreng ataupun
dibakar. Teman Traveler juga boleh request dibuatkan sambal dan lalapan sayur sebagai pelengkap lauk.

Pemilik warung bakal segera melayani dengan ramah dan asyik. Sementara menunggu, Teman Traveler bisa duduk manja sambil menikmati angin sepoi-sepoi di deretan gazebo yang tersedia. Hmm, rasanya sungguh nikmat, apalagi ketika makanan dipesan datang. Perut yang tadinya keroncongan, bisa langsung diisi.

destinasi wisata malang
Ikan wader dan bandeng menjadi favorit (c) Ikrom Zain/Travelingyuk

Ikan-ikan di sini semuanya dalam kondisi segar. Namun, sebenarnya yang paling jadi favorit adalah sambalnya. Rasanya benar-benar pas. Pedas, asin, dan manisnya sama sekali tidak berlebihan.

Nikmati Pemandangan dan Keliling Naik Perahu

destinasi wisata malang
Menaiki perahu berkeliling danau (c) Ikrom Zain/Travelingyuk

Tak sekadar tempat makan, Teman Traveler bisa melakukan banyak kegiatan seru lainnya di sini. Kalian bisa berfoto-foto seru dengan latar belakang pemandangan pepohonan tepi waduk. Jangan lupa kunjungi bekas waduk yang sudah diuruk untuk menikmati panorama dari ketinggian.

Jika masih belum puas, naik perahu keliling waduk bisa jadi pilihan .Meski tak terlalu luas, pemandangan di sisi kiri dan kanan waduk bisa membuat mata terasa segar dan dimanjakan. Apalagi usai mengagumi deretan pegunungan selatan yang terlihat jelas dari sini.

Teman Traveler bisa bermain air sambil berfoto di atas perahu. Sekali putaran, kalian hanya perlu membayar sebesar Rp3.000.

Ramai di Akhir Pekan

wisata malang
Para nelayan mencari ikan (c) Ikrom Zain/Travelingyuk

Bendungan Dempok biasanya akan lebih ramai di akhir pekan. Jika ingin datang ke sini bersama keluarga besar, Teman Traveler sebaiknya berangkat sedikit lebih pagi karena pada jam-jam makan siang jumlah pengunjung akan semakin banyak.

wisata malang
Pemandangan bendungan dan perbukitan di Malang Selatan (c) Ikrom Zain/Travelingyuk

Jika ingin membawa olahan ikan atau ikan segar sebagai oleh-oleh, para pedagang di tempat wisata Malang ini akan siap memberikan pelayanan terbaik. Jadi bagaimana Teman Traveler? Segera rencanakan liburan ke wisata alam sekaligus kuliner di Malang selatan ini.

Tags
Indonesia Jawa Timur kontributor Malang Travelingyuk wisata malang
Share