Bendungan Belanda, Spot Tersembunyi dan Bersejarah Menyaksikan Kawah Ijen yang Megah

Dilihat dari sudut mana saja, Kawah Ijen selalu berhasil menyuguhkan panorama alam yang luar biasa. Namun, pernahkah Teman Traveler menyaksikannya dari Bendungan Belanda?

Ia merupakan sebuah spot tersembunyi sekaligus bersejarah yang sama-sama menyajikan kecantikan Kawah Ijen dengan sempurna. Jika belum, rasanya patut diagendakan untuk berkunjung segera. Namun sebelum berangkat, simak lebih dulu penjelasan berikut ini yuk!

Dibangun pada Masa Belanda

Bendungan yang Dibangun pada Masa Belanda via Instagram/rusmi_rahayu

Bendungan berukuran raksasa di area Kawah Ijen ini memiliki nilai sejarah. Pembangunannya yang megah, dibangun pada masa Belanda. Karena itulah ia disebut Bendungan Belanda. Selain dikenal dengan nama tersebut, ia juga diketahui dengan nama Dam Kawah Ijen.

Punya Fungsi untuk Menahan Luahan Kawah Ijen

Punya Fungsi untuk Menahan Luahan Kawah via Instagram/ugik_blater

Selayaknya bendungan, Dam Kawah Ijen ini memiliki fungsi menahan aliran. Dahulu, ia digunakan untuk membendung aliran air dari Sungai Banyupait. Ia juga berfungsi mengatur level air danau agar banjir asam tidak sampai terjadi dan menimpa wilayah di sekitarnya.

Sudah Tidak Lagi Digunakan via Instagram/fihadiyan.rh

Bendungan yang terbuat dari beton itu kini tidak lagi digunakan. Hal yang tertinggal darinya adalah kemegahan yang akan membuat siapa saja terpana. Ia sekaligus menjadi spot lain untuk melihat cantiknya Kawah Ijen.

Spot Tersembunyi Menikmati Kawah Ijen

Spot Tersembunyi Menikmati Kawah Ijen via Instagram/ach_nizam

Keberadaan Bendungan Belanda belum banyak diketahui oleh para wisatawan yang berkunjung. Singkatnya ia bukan merupakan spot populer untuk menikmati Kawah Ijen.

Menikmati Kawah Ijen dari Sisi Berbeda via Instagram/arjhun_poetra

Karena itulah, bendungan ini cukup sepi pengunjung. Teman Traveler yang butuh suasana tenang dan antimainstream untuk menikmati pesona Ijen, harus berkunjung ke spot ini!

Rute Berat Namun Pemandangannya Luar Biasa

Rute Berat Namun Pemandangannya Sungguh Memikat via Instagram/ach_nizam

Hal yang membuat Dam Kawah Ijen ‘tersembunyi’ dari para pengunjung adalah posisinya yang juga sulit dijangkau. Jalur untuk sampai ke lokasi cukup sulit dan kerap terjadi longsor.

Meski Berat, Pemandangan dari Bendungan Belanda Luar Biasa via Instagram/muhammad.taufiik

Jalan menuju Bendungan Belanda sendiri terletak sebelum Pos Bunder. Jika penasaran, Teman Traveler bisa bertanya pada warga pengangkut belerang yang banyak hilir mudik di sekitar lokasi. Karena jalurnya yang cukup sulit, harap berhati-hati ya. Tetap utamakan keselamatan!

Kemegahan Bendungan Belanda di kawasan Kawah Ijen, terlihat berpadu sempurna dengan pemandangan yang ada. Teman Traveler harus berkunjung sendiri untuk tahu seperti apa sensasinya. Siapa yang sudah nggak sabar ingin mencoba spot yang cukup sulit ini?

Tags
Banyuwangi bendungan belanda Indonesia Jawa Timur Kawah Ijen Wisata
Share