Selain “Blue Fire” Kawah Ijen, Ini Empat Wisata Api Abadi di Indonesia

Api abadi merupakan fenomena alam istimewa yang memang menjadi salah satu daya tarik wisata tersendiri. Sebenarnya, ini merupakan api yang muncul disebabkan oleh kandungan mineral bumi seperti halnya gas alam, batubara atau lain sebagainya. Nah, mineral-mineral alam inilah yang membuat api-api ini terus menyala meskipun diterpa suhu dan cuaca.

Di Indonesia sendiri juga sudah banyak ditemukan lokasi api abadi yang cocok untuk jadi destinasi traveling. Salah satu yang cukup terkenal adalah yang berada di Kawah Ijen yang dikenal dengan Blue Fire (api biru) yang sangat indah jika diabadikan ke dalam foto. Nah, selain di Kawah Ijen, berikut ini 4 api abadi lainnya di penjuru Indonesia.

1. Kayangan Api, Bojonegoro

Panorama Kayangan Api saat malam hari Via Instagram hakimsunjoyo

Kayangan Api berlokasi di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, Jawa Timur. Lokasi ini sering jadi tujuan wisata malam orang-orang yang traveling ke Bojonegoro. Semakin ke sini, wisata satu ini sudah dirawat dengan baik, sudah dibangun pendopo, tempat jalan, dan beberapa fasilitas umum lainnya. Lokasi wisata satu ini buka selama 24 jam, jadi kamu tak perlu khawatir datang kapan saja.

Kayangan Api yang tak padam meski diguyur hujan Via Instagram aragani_

Selain jadi destinasi wisata, Kayangan Api ini juga digunakan untuk kegiatan warga setempat. Contohnya saja acara Ruwatan Masal, upacara Jumenengan Ngarso Ndalem Sri Sultan Hamengkubuwono, Nyadran Desa dan beberapa diantaranya.

2. Api Tak Kunjung Padam, Madura

Api Tak Kunjung Padam yang berjaya kala senja Via Instagram potretmadura

Api abadi selanjutnya yang tak kalah hits dengan Kawah Ijen adalah yang berlokasi di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Nama api abadi di sini adalah Api Tak Kunjung Padam. Di sini terdapat titik-titik api yang meski disiram dengan air akan menyala lagi nantinya.

Tak jarang dimanfaatkan untuk membakar jagung Via Instagram widilopheijho

Nyala-nyala api di sini sudah diberi pagar supaya para pengunjung yang datang tetap berada dalam radius yang aman. Uniknya, api abadi di sini juga banyak digunakan untuk membakar jagung. Dan ini merupakan sebuah pengalaman yang seru yang mungkin tak didapatkan di lokasi lainnya.

3. Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobokan, Jawa Tengah

Api Abadi Mrapen Via Instagram asli_grobogan

Api Abadi Mrapen terletak di Desa Manggarman, Kecamatan Godong, Grobogan Jawa Tengah. Lokasinya sangat mudah dijangkau lantaran terdapat di tepi jalan raya Purwodadi-Semarang, hanya berjarak kurang lebih 26 km saja dari Kota Purwodadi.

Jika dibandingkan dengan dahulu kala, api abadi di Mrapen saat ini sudah bisa dibilang sedikit kehilangan sinarnya. Meskipun begitu, masih saja banyak orang-orang berkunjung untuk mencari berkah karena memang ada beberapa petilasan Sunan Kalijaga di objek wisata ini.

4. Api Abadi Bekucuk, Mojokerto

Api Abadi Bekucuk Via Instagram dodyvirgantoro

Terletak di Desa Tempuran, Dusun Bekucuk, Kecamatan Soko, Kabupaten Mojokerto, Api Abadi ini konon merupakan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit. Kabarnya, api abadi ini dahulu saat masa kerajaan Majapahit digunakan untuk membuat berbagai senjata perang.

Bahkan dahulu api abadi ini menyala di atas kolam. Awalnya hanya gelembung saja kemudian muncul api sesungguhnya di atas kolam. Namun sayangnya, api di atas kolam ini mati seiring waktu berlalu. Api yang muncul di atas kolam ini padam. Tapi api abadi di Bekucuk sampai sekarang ini masih ada dan bisa disaksikan keunikannya.

Jangan hanya traveling taman wisata saja ya, banyak juga destinasi lainnya yang perlu buat kamu jelajahi, 4 api abadi yang sudah disebutkan di atas contohnya.

Tags
Api Abadi Api Abadi di Indonesia Api Abadi Mrapen Indonesia Tempat Wisata
Share