Tempat Kuliner Serba Belut di Jogja, Bikin Nafsu Makan Menggila

Berbicara mengenai kuliner di Jogja, pasti yang langsung terbayang dalam benakmu adalah gudeg. Karena memang tak bisa dipungkiri jika gudeg telah menjadi identitas tersendiri Jogja. Namun Teman Traveler, selain gudeg banyak juga kuliner enak yang bisa dicoba kala berkunjung ke kota yang ramah dompet ini, misalnya saja belut. Inilah ragam tempat kuliner belut di Jogja yang bisa jadi rekomendasi.

Sego Welut Mbak Surani

Sego Welut Mbak Surani, via Instagram/jogjaculinary
Sego Welut Mbak Surani, via Instagram/jogjaculinary

Lokasi pertama yang menyuguhkan belut enak adalah Sego Welut Mbak Surani. Di sini menawarkan olahan belut yang enak dengan harga yang terjangkau. Hanya Rp10.000 saja kamu sudah ada mendapatkan sepiring nasi belut yang komplet dengan sambal krecek dan sayur daun pepaya.

Seporsi nasi belut di sini memiliki citarasa gurih, tidak terlalu pedas dan cukup empuk. Alamatnya berada di Pasa Godean, Jl. Godean Km. 9, Jetis, Sidoagung, Godean. Jam bukanya mulai pukul 06:00 sampai dengan 22:00 WIB.

Sambal Belut Pak Sabar

Sambal Welut Pak Sabar, via Instagram/javafoodie
Sambal Belut di Jogja Pak Sabar, via Instagram/javafoodie

Tidak kalah kondang dari yang sebelumnya ada Sambal Belut Pak Sabar yang pedasnya bikin nambah. Tempat makan ini sudah mulai buka sejak tahun 1998 yang diawali dengan angkringan. Pertama coba-coba menjajakan menu belut dan ternyata cocok di lidah banyak orang.

Alamat warungnya berada di Jl. Imogiri Barat, Km. 6, Tamanan, Bantul, Jogja. Ada banyak menu serba belut yang bisa dicoba di sini. Mulai dari sambal belut, belut oseng, belut goreng, aneka masakan ikan gabus, dan lain-lain. Harganya juga begitu terjangkau, mulai dari Rp5.000.

Kebelet Belut

Kebelet Belut, via Instagram/rumah_timoho
Kebelet Belut, via Instagram/rumah_timoho

Kemudian ada yang namanya Kebelet Belut, cocok sekali buat kamu pecinta olahan hewan yang memiliki bentuk mirip ular ini. Alamatnya berada di Jl. Ipda Tut Harsono No. 42, Timoho, Jogja.

Citarasa belut yang mantap, via Instagram/makanbener
Citarasa belut yang mantap, via Instagram/makanbener

Andalan menu di tempat ini adalah garang asem belut, citarasa gurih, pedas, dan asam yang perlu dicoba. Jam bukanya mulai dari pukul 11:00 sampai dengan 22:00 WIB. Lalu untuk harga yang ditawarkan, mulai dari Rp10.000-30.000.

Warung Prasojo

Sambal belut warung prasojo, via Instagram/bayugumilang
Sambal belut warung prasojo, via Instagram/bayugumilang

Tempat belut di Jogja lainnya untuk santap berbagai olahan belut adalah Warung Prasojo. Alamatnya berada di Jl. Kapten Haryadi No. 51, Dayakan, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman. Di sini ada menu andalan yang susah didapakan di tempat lainnya, yakni mangut belut dan mangut gabus.

Selain kedua menu itu ada beberapa juga yang terbuat dari bahan belut dan belut lombok ijo. Untuk harganya, dimulai dari Rp8.000-20.000 ya. Cicipi kenikmatan berbagai menu andalan yang disuguhkan.

Teman Traveler pecinta olahan belut, tempat di atas merupakan lokasi tepat dijadikan jujukan saat traveling ke kota Gudeg. Jika sudah tahu rasanya, kamu akan ketagihan lho!

Tags
belut di Jogja Indonesia kuliner Jogja
Share