Bekerja Sambil Liburan, Efektifkah?

Salah satu yang menjadi halangan untuk liburan adalah permohonan cuti yang tak kunjung diterima. Jadi rasanya sirik banget dengan mereka yang bisa bekerja sambil traveling. Para pekerja ini biasanya seorang freelancer, dan bisa bekerja di mana pun. Daripada cuma bekerja di kamar atau cafe, lebih seru sambil traveling menikmati kota-kota indah. Tapi apakah ini efektif?

Jadwal yang Rapi

Atur Jadwal yang Rapi
Atur Jadwal yang Rapi (image source)

Bisa bekerja sambil jalan-jalan dan menyegarkan pikiran, memang menjadi cita-cita banyak orang. Meski sedang tidak tinggal di kantor untuk bekerja, pastinya ada kontribusi yang tetap harus dilakukan agar tim kerja bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lancar. Untuk mencegah miskomunikasi dengan tim yang sedang berada di kantor, atur jadwal serapi mungkin. Dan jangan lupa untuk menginformasikan jadwal ini dengan teman sekantor yang membutuhkan. Jadi, bisa saling mencocokkan jadwal, deh.

Koneksi

Cari tahu tentang jaringan kota atau negara yang dituju
Cari tahu tentang jaringan kota atau negara yang dituju (image source)

Pekerjaan yang bisa dikerjakan dari mana pun, biasanya mengandalkan koneksi internet. Nah, salah satu kendala saat bekerja sambil traveling adalah jaringan di tempat yang dituju. Meski sudah menyediakan modem sendiri, tapi belum tentu akan sebagus seperti saat digunakan di kota sendiri. Sebelumnya, ada baiknya mencari tahu bagaimana performa koneksi dari server yang kamu gunakan, atau di mana saja ada wifi corner yang oke di sana.

Ketepatan Waktu atau Deadline

Deadline
Deadline (image source)

Pekerjaan biasanya berhubungan dengan deadline atau batas waktu tugas itu harus selesai. Saat traveling, mungkin akan ada banyak hal yang terjadi di luar rencana dan jadwal yang ditentukan. Bisa jadi, kamu ternyata ketinggalan kereta, atau juga tidak menemukan koneksi di saat yang butuhkan. Nah, untuk mengakali ini, selalu selesaikan tugas dengan deadline terdekat, sehari lebih awal. Jadi, apapun yang terjadi, kamu masih punya waktu untuk mengatasinya. Jangan sampai, traveling membuatmu tak bertanggungjawab atas pekerjaanmu, lho.

Bawaan Banyak saat Traveling

Bawaan saat traveling sambil bekerja
Bawaan saat traveling sambil bekerja (image source)

Traveling sambil bekerja, pasti ada beberapa barang yang wajib dibawa, seperti laptop.  Memang, bawaanmu saat liburan jelas tak bisa sedikit, dan tentu saja berat. Ini akan membuat acara travelingmu akan sedikit merepotkan. Selain itu, meninggalkan barang-barang penting di hotel saat keliling kota, bisa jadi berbahaya. Bekerja saat traveling yang mengharuskan membawa barang-barang penting, ada baiknya memilih menginap di hotel yang bagus dan terjamin keamanannya. Agak mahal tak mengapa, asalkan tidak  menyebabkan masalah di kemudian hari.

Kondisi Fisik yang Lelah

Kelelahan saat bekerja sambil traveling
Kelelahan saat bekerja sambil traveling (image source)

Namanya juga traveling, dari perjalanan jauh,  keliling kota, atau mencicipi kuliner yang ada di sekitar jelas melelahkan. Namun jangan lupa, masih ada pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan. Karena ini bukan acara liburan sepenuhnya, lebih baik jangan menghabiskan waktu seluruhnya untuk eksplore daerah. Kalau nggak tahan, kamu bisa menyelesaikan tugas untuk hari itu, lalu bisa santai dan menikmati sisa waktu. Ingat, ya. Terlalu lelah, baik pekerjaan maupun liburan, tidak akan terasa menyenangkan.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin bekerja sambil traveling. Jangan sampai kegiatanmu membuat pekerjaan jadi berantakan, atau sebaliknya. Bagaimana, siapa saja nih yang punya pengalaman begini?

Tags
bekerja sambil traveling
Share