Bebek Songkem Khas Madura, Hantaran untuk Kiai Sebagai Wujud Hormat yang Patut Dicicipi

Bebek Songkem khas Madura merupakan bagian dari khazanah kuliner asli Indonesia. Selain unik secara penyajian, olahan bebek ini memiliki filosofi; sebuah cerita tentang etika, wujud hormat dan terima kasih. Ia merupakan sebuah sajian yang tidak hanya bicara ihwal cita rasa, melainkan tata krama. Teman Traveler ingin tahu tentang rasa serta cerita dan keunikannya? Artikel berikut ini bisa bantu menjelaskannya. Simak yuk!

1. Sejarah Bebek Songkem

Bebek Songkem Sebagai Hantara pada Para Kiai via Instagram/ hasan.pradana

Sajian Bebek Songkem khas Madura taklepas dari sejarahnya. Ia merupakan bentuk atau wujud hormat, terima kasih dan apresiasi para orangtua kepada Kyai yang dengan sukarela sudah mengajari anak-anak mengaji. Bebek Songkem dibawa sebagai hantaran ketika songkeman. Bebek utuh yang sudah dibentuk seperti orang sungkem, dijadikan simbol nilai-nilai sopan santun.

2. Dimasak dengan Metode Kukus yang Khusus

Dibumbui Lalu Dikukus dengan Metode Khusus via Instagram/ kuliner.sampang

Sekilas, pengolahan Bebek Songkem mirip dengan pembuatan aneka pepes. Tetapi ketika menilik lebih jauh, terdapat perbedaan yang cukup khas. Pada sajian ini, bebek utuh yang sudah diberi bumbu rempah, dikukus selama kurang lebih 4-6 jam. Uniknya, sebelum dilkukus, leher dan kepala bebek ditekuk seperti orang yang sedang sungkem. Proses pengukusan pada kuliner ini tidak menggunakan air, melainkan pelepah pisang yang sudah dipotong-potong. Kandungan air yang ada di bahan tersebut lah yang akan membuat daging bebek menjadi matang.

3. Olahan Bebek yang Bebas Kolesterol

Olahan Bebek yang Dipercaya Bebas Kolesterol via Instagram/ ameliaanggrainidewi

Proses pengolahan Bebek Songkem khas Madura yang menggunakan potongan pelepah atau gedebok pisang untuk mengukus dipercaya dapat menghancurkan lemak-lemak kolesterol dalam daging bebek. Lemak-lemak pada daging bebek, akan menempel pada potongan pelepah atau gedebok pisang tersebut. Dari proses pengukusannya saja, daging bebek ini sudah sehat, ditambah dengan menggunakan pelepah pisang. Teman Traveler tertarik membuktikannya?

4. Tempat Makan Bebek Songkem di Madura

Sajian Bebek Songkem Pak Salim yang Rasanya Yahud via Instagram/ rikrud

Teman Traveler penasaran dengan rasa dari Bebek Songkem khas Madura? Bisa coba singgah di Rumah Makan Bebek Songkem Pak Salim yang ada di sekitar Jln. Raya Ketengan, Burneh, Bangkalan. Satu porsi Bebek Songkem yang dijual di sini, harganya mulai dari Rp 25 ribu. Rasa dari kuliner khas Madura yang satu ini lezat, gurih dan pedas dijamin bikin ketagihan.

Bebek Songkem khas Madura bukan sekadar daging kukus yang dimasak dengan metode khusus. Dalam seporsi sajiannya, terkandung nilai-nilai filosofi yang Indonesia sekali; penuh tata krama dan menghormati sesama. Bagaimana, penasaran dengan rasa dari kuliner penuh filosofi dan sehat ini? Segera jelajah Pulau Garam untuk langsung mencicipinya.

Tags
Bangkalan bebek songkem khas madura Indonesia kuliner Madura
Share