Rasakan Serunya Beach Hopping di Pantai-Pantai Tuban yang Super Eksotis

Saat mendengar soal Kabupaten Tuban, hal pertama apa yang terlintas di pikiran kita? Mungkin kita lebih sering mengenal Tuban sebagai kota wali karena sering dijadikan salah satu kota yang disinggahi dalam wisata religi. Tapi tahukah kalau Tuban memiliki sejumlah pantai cantik nan eksotis? Terletak di Pantai Utara, Jawa Timur, Tuban memiliki pesonanya sendiri. Apalagi lokasi Tuban yang strategis karena terletak di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, menjangkaunya pun tidak akan terlalu sulit.

Nah, kali ini kita akan membahas soal pantai-pantai Tuban yang super cantik. Dengan wilayah laut yang terbentang antara lima Kecamatan, yaitu Kecamatan Bancar, Kecamatan Tambakboyo, Kecamatan Jenu, Kecamatan Tuban dan Kecamatan Palang, pastinya akan jadi petualangan seru mengeksplorasi sejumlah pantainya. Kalau ada waktu untuk berlibur atau sedang bingung menentukan tujuan liburan, ke Tuban saja yuk! Berikut rekomendasi pantai-pantai di Tuban yang bisa masuk dalam daftar tempat yang wajib kamu kunjungi. Dijamin bakal super seru menjelajahi satu demi satu pantainya.

1. Pantai Kelapa Panyuran, Deretan Pohon Kelapanya Sungguh Mempesona

Ingin menghabiskan waktu bersantai di pinggir pantai sambil menikmati sejuknya angin sepoi-sepoi? Pantai Kelapa Panyuran bisa jadi rekomendasi terbaik. Pantai ini memiliki deretan pohon kelapa yang begitu indah. Mau foto-foto cantik atau menikmati keindahannya sambil menunggu waktu senja, pantai ini cocok sekali untukmu.

Pantai Kepala Panyuran [image source]
Pantai Kelapa Panyuran [image source]

Hanya saja pantai ini lokasinya agak tersembunyi. Berada di desa Panyuran, Kecamatan Palang, pantai ini letaknya sekitar 6 kilometer saja dari pusat kota. Karena letaknya ada di tengah perkampungan, orang bisa tersesat saat akan menjangkaunya. Manfaatkan GPS dan jangan ragu untuk bertanya ke penduduk lokal biar tidak tersesat atau salah jalan. Pantai ini masih terlihat alami. Bahkan kabarnya bisa dijadikan lokasi untuk berkemah juga. Menghabiskan waktu berlibur di pantai ini, semua stres bisa langsung lenyap.

2. Pantai Boom, Nikmati Indahnya Semenanjung Buatan dan Arsitektur Cantiknya

Pantai yang satu ini letaknya tak jauh dari alun-alun kota Tuban. Mudah sekali untuk dijangkau. Tak heran jika Pantai Boom ini kini jadi sangat terkenal dan makin populer di kalangan wisatawan. Ada semenanjung buatan sepanjang kurang lebih 1000 meter di pantai ini. Perahu para nelayan tradisional pun disandarkan di sebelah kanan kiri semenanjung tersebut.

Pantai Boom Tuban [image source]
Pantai Boom Tuban [image source]

Layaknya tipikal pantai utara lainnya, Pantai Boom ini punya gelombang yang cukup kecil. Mau berwisata bahari pun bisa karena kondisi pantai ini juga landai. Ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di Pantai Boom. Mulai dari sekadar jalan-jalan santai, menyewa perahu nelayan untuk menikmati indahnya laut, hingga memancing. Oh ya, pemandangan pantai Boom saat matahari terbit dan matahari terbenam juga tak kalah cantiknya.

3. Pantai Sowan, Ada Kawasan Hutan di Tepi Pantainya

Pantai Sowan [image source]
Pantai Sowan [image source]

Sering melintasi jalan pantura? Pantai yang satu ini jangan dilewatkan begitu saja. Lokasinya terletak di tepi jalan pantura, tepatnya di Dusun Sowan, Desa Bogorejo, Kecamatan Banjar. Di pantai ini, kita bisa menjumpai kawasan hutan. Bahkan ada sejumlah pohon yang tumbuh subur, beberapa di antaranya adalah trembesi, klampis dan mahoni. Obyek wisata yang dikelola oleh KPH Perhutani Tuban ini cocok sekali buat kamu yang suka dengan suasana tenang dan alami. Pemandangannya akan membuatmu takjub, ada perpaduan keindahan pantai dan hutan yang menyatu jadi satu.

4. Pantai Cemara, Tak Pernah Sepi oleh Pengunjung

Dari namanya saja, kita bisa langsung tahu kalau di pantai ini kita bisa menemukan deretan pohon cemara. Di tepi pantainya, berjajar pohon cemara yang rindang. Terbayang betapa menyenangkannya bisa bersantai di tepi pantai sambil menikmati harum aroma pohon cemara ini. Lalu di mana lokasi pantai ini? Lokasinya ada di jalur pantura atau Jalan Raya Surabaya-Semarang, tepatnya lagi ada di sebelah barat terminal baru tuban, yaitu Terminal Wisata Kambang Putih Tuban. Di pantai ini, kita bisa jalan-jalan santai hingga melakukan aktivitas olahraga seperti jogging, main voli, atau main bulutangkis.

Pantai Cemara [image source]
Pantai Cemara [image source]

Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, kita tak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Hanya mungkin biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk parkir atau biaya penggunaan air bersih. Terdapat wisata edukasi juga di pantai ini. Namanya Wisata Mangrove Center yang merupakan pusat bibit mangrove yang nantinya akan ditanam di seluruh Indonesia. Di pantai ini, kita juga tak perlu khawatir soal makanan. Ada banyak warung yang menyediakan aneka camilan dan makanan. Tak usah takut lapar, deh.

5. Pantai Pasir Putih Remen, Nggak Cukup Kalau Cuma Datang Sekali

Pantai yang satu ini masih terbilang baru. Bahkan mungkin tak sepopuler Pantai Boom. Tapi pesona pantai yang resmi dibuka tanggal 22 Februari 2015 dan dikelola oleh pemerintah desa Remen ini sangat luar biasa. Pasirnya putih dan ada danau besar dengan deretan pohon cemara laut yang indah. Di sekitar pantai ini, kita akan menjumpai jajaran tenda yang tertata sangat rapi.

Pantai Pasir Putih [image source]
Pantai Pasir Putih [image source]

Pantai ini juga masih sangat terjaga kebersihannya. Beberapa tong sampah sudah disediakan. Hamparan laut dan pasir putihnya sangat menyihir. Nggak cukup kalau kamu datang ke pantai ini cuma sekali. Sekali datang bakal kangen dan ingin lagi datang menikmati sudut indahnya. Kalau ada waktu ke Tuban, langsung masukkan pantai ini dalam daftar kunjunganmu. Mau foto selfie atau tidur-tiduran di atas pasir putihnya juga bisa dilakukan.

Sudah siap untuk menjelajahi berbagai pantai eksotis di Tuban? Disarankan sih kamu membawa kendaraan sendiri setiap kali mau beach hopping dan ramai-ramai. Makin seru pastinya apabila bisa menikmati keindahan pantai bersama orang-orang terdekat kita. Tapi kalau mau mendapatkan pengalaman berbeda, menjelajahi setiap sudut pantai Tuban sendirian juga bisa. Happy traveling!

Tags
pantai pantai tuban Tuban\ wisata tuban
Share