Batu Caves, Campuran Wisata Alam dan Religi di Malaysia

Saat berkunjung ke Malaysia, ada satu tempat yang tidak boleh Teman Traveler lewatkan. Namanya adalah Batu Caves. Destinasi satu ni tergolong unik karena wisata alam dan religi dicampur menjadi satu. Ditambah lagi dengan kelebihan-kelebihan lainnya yang membuat Teman Traveler kagum. Oke, tak perlu berlama-lama lagi, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.  

Sejarah Batu Caves

batu caves
Ada sejarah si baliknya via Arief Kurniawan/Travelingyuk

Sebelum Batu Caves menjadi wisata ternama di Malaysia, ada sejarah di balik keberadaannya ini Teman Traveler. Berdasarkan cerita yang beredar, Batu Caves bisa menjadi terkenal karena dipromosikan oleh pemerintah kolonial pada tahun 1878. Kemudian, di tahun 1890, di sekitar perbukitan kapur tersebut didirikan sebuah kuil dan diberi nama Temple Caves

Dua tahun berlalu, di tempat ini diadakan sebuah festival Agama Hindu yang disebut dengan Thaipusam. Biasanya festival tersebut diselenggarakan setiap Bulan Tamil dan kini menjadi salah satu agenda tahunan wajib di Batu Caves

Keunikan Batu Caves 

batu caves
Ada keunikan via instagram/
andreapompita

Di destinasi wisata satu ini terdapat beberapa keunikan. Pertama, seperti yang disebutkan sebelumnya kalau wisata ini mencampurkan dua unsur, alam dan religi. Sehingga para pengunjung tidak hanya bisa melihat megahnya bebatuan kapur yang ada di sana, tapi juga dapat belajar mengenai Agama Hindu. 

Kemudian, destinasi ini juga menyediakan beberapa tempat wisata lain yang dapat dikunjungi. Seperti gua, wisata edukasi dan tangga yang anaknya berjumlah 272 dengan warna gradasi yang indah dipandang mata.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Batu Caves

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan via instagram/
_agusyudhi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Batu Caves menyediakan beberapa wisata. Jadi, akan ada banyak hal yang dapat dilakukan di sana. Pertama, ada Temple Cave yang merupakan gua utama dan para pengunjung harus melewati 272 anak tangga untuk mencapainya. Selagi di perjalanan, kalian bisa berfoto-foto karena cat anak tangga berwarna warni. Ketika sudah sampai di puncaknya, Teman Traveler bisa melihat pemandangan pusat kota yang indah. 

Lalu, ada lagi Dark Cave yang merupakan habitat laba-laba terlangka di dunia, yaitu Trapdoor Spider. Objek wisata ini menawarkan petualangan di dalam gua disertai edukasi sains. Saat mengikuti Tur Edukasi yang berlangsung selama 45 menit, pengunjung akan diajak melihat susunan batu-batu gua, kelelawar, dan lain sebagainya.

Selain itu ada Cave Villa yang berada di kaki gua. Cahaya warna-warni menerangi sepanjang gua yang memajang berbagai lukisan patung, puisi, dan tokoh-tokoh dari mitologi Hindu. Ada pula plakat-plakat bertuliskan kata-kata bijak dan kotak-kotak kaca berisi berbagai jenis ular dan reptil.

Terakhir ada Ramayana Cave. Sesuai dengan namanya, gua ini dipenuhi oleh patung-patung dan adegan-adegan dari kisah epik Ramayana. Di luar gua terdapat sebuah patung sapi berkaki lima, yang dulu pernah hidup bebas di sekitar gua hingga meninggal karena usia tua.

Lokasi, Jam Operasional dan Harga Tiket 

Harga tiket berbeda-beda via instagram/
dana_okhanska

Tertarik untuk datang ke sana? Teman Traveler bisa datang ke Jalan Batu Caves, off MRR2, 68100 Batu Caves, Selangor, Malaysia. Untuk waktunya, wisata ini dibuka dari jam enam pagi hingga jam sembilan malam. 

Sedangkan untuk harga tiketnya, ada rincian sendiri-sendiri. Apabila ingin masuk ke Temple Cave, kalian tidak dipungut biaya apapun. Kemudian di Cave Villa Teman Traveler akan merogoh kocek sekitar 50 ribu rupiah. Lalu, untuk Ramayana Cave harus membayar sekitar 17 ribu rupiah. Nah, kalau di Dark Cave, harga tiket anak adalah 95 ribu rupiah dan dewasa 120 ribu rupiah. 

Menjelajah ke Batu Caves memang sangat menyenangkan. Pengunjung tidak hanya ditawarkan pemandangan indah, tapi juga pengetahuan sains sampai dengan agama. Bisa dibilang Batu Caves termasuk wisata dengan paket lengkap yang ada di Malaysia. 

Tags
Batu Caves Kuala Lumpur Luar negeri Malaysia Wisata
Share