4 Batas Negara Tak Biasa, Ada yang Berupa Meja Makan

Antar negara tentunya memiliki perbatasan masing-masing. Seperti gunung, jalan, sungai atau pun laut. Namun, untuk beberapa negara ini tidak berlaku seperti itu. Alasannya karena jarak negara yang terlalu dekat, sehingga pemerintah setempat menggunakan cara unik untuk membatasi wilayahnya dengan kawasan lain. Lantas, seperti apa ya bentuknya? Simak ulasan tentang batas negara tak biasa di bawah ini. 

Instalasi Segitiga (Thailand, Laos, Myanmar) 

batas negara tak biasa
Golden Triangle via instagram/yazeen_kts

Batas negara unik yang pertama adalah Golden Triangle. Itu merupakan instalasi segitiga yang membatasi negara Thailand, Laos dan Myanmar. Pada masa lampau, Golden Triangle rupanya memiliki sejarah kelam. Sekitar tahun 1950, area pegunungan di daerah itu dipenuhi ladang bunga poppy alias opium yang merupakan jenis tanaman narkotika. Golden Triangle pun menjelma menjadi titik perdagangan opium dari ketiga negara.

Tapi kini, Golden Triangle sudah berubah drastis. Dilansir dari kompas, sekitar perbatasan negara tersebut dijadikan sebuah tempat wisata. Apabila Teman Traveler berkunjung ke Golden Triangle yang ada di Thailand ini, kalian bisa melakukan banyak aktivitas di sana. Seperti berfoto dengan latar dua negara sampai dengan berbelanja pernak pernik. 

Pilar Batu (Jerman, Belanda, Belgia) 

batas negara tak biasa
Drielandenpunt via instagram/marielleschutten

Lain halnya dengan perbatasan negara yang dimiliki oleh Jerman, Belanda dan Belgia. Bentuknya hanya berupa pilar batu pendek yang di sampingnya dihiasi oleh bendera tiga negara dan bangku-bangku. Perbatasan sederhana tersebut dikenal dengan nama Drielandenpunt. 

Pilar batu ini pertama kali dibangun pada tahun 1926. Letaknya ada di Bukit Vaalserberg, Belanda dengan ketinggian lebih dari 300 meter. Menariknya, tidak ada pengamanan yang ketat dari imigrasi, karena ketiga negara menjalin hubungan sangat baik. Alhasil turis bisa lama bisa lama-lama di perbatasan tiga negara ini tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Tanda Plus (Belgia dan Belanda) 

Tanda plus via instagram/anovosseloff

Ada sebuah kota di Benua Eropa bernama Baarle yang merupakan daerah perbatasan antara Belgia dan Belanda. Nah, untuk memisahkan kedua negara tersebut, Kota Barlee ini diberi tanda plus-plus berwarna putih serta tanda NL untuk Belanda dan tanda B untuk Belgia. Batas negara ini dapat Teman Traveler temukan di kebun, pertokoan, rumah, trotoar dan beberapa tempat lainnya.

Meja Makan (Slovakia, Austria, Hungaria) 

Berupa meja makan via instagram/marvrauder

Perbatasan unik lainnya dapat Teman Traveler temukan di antara Hungaria, Slovakia dan Austria. Perbatasan tiga negara ini tergolong unik karena terdapat meja segitiga beserta kursinya. Meja tersebut tampak seperti meja makan pada umumnya. Namun, meja dan kursi tersebut dimiliki oleh ketiga negara. Sisi pertama meja dimiliki oleh negara Hungaria, sisi kedua meja milik Slovakia, sedangkan yang terakhir kepunyaan Austria. 

Gambar atau logo negara yang terpampang di permukaan meja inilah yang menjadi simbol kepemilikan dari barang itu. Apabila kita duduk dengan teman-teman, itu berarti kita sedang berbincang di wilayah tiga negara yang berbeda. Menakjubkan bukan?

Jadi, inilah batas negara tak biasa yang ada di seluruh belahan dunia. Ada yang berupa instalasi berbentuk segitiga sampai dengan meja makan. Nah, selain di atas, apa ada perbatasan negara lainnya yang tak kalah unik? Kalau ada, share di kolom komentar, ya. 

Tags
Austria Belanda Belgia Hungaria jerman laos Luar negeri Myanmar Slovakia Thailand Wisata
Share