Jelajah Basilika Cistern, Saksi Petualangan Tom Hanks di ‘Inferno’

Pernah menonton Inferno? Dalam film yang dibintangi Tom Hanks tersebut terdapat adegan di waduk air bawah tanah dengan ratusan pilar penyangga. Proses syuting sendiri dilakukan menggunakan replika tempat aslinya, yaitu Basilika Cistern di Istanbul, Turki.

Basilika Cistern merupakan salah satu situs sejarah paling penting di Turki. Keindahan arsitekurnya membuat tempat ini sering dijadikan set berbagai film berkelas Internasional. Penasaran dengan pesona keindahannya? Simak penuturan kontributor Travelingyuk, Prisca Lohuis berikut ini.

Arsitektur Indah nan Bersejarah

Keindahan pilar di dalam Basilika
Keindahan pilar di dalam Basilika via Instagram mufaddalhussain

Berada tak jauh dari Hagia Sophia, Basilika Cistern membentang di bawah Istanbul dan dulunya berfungsi menyuplai air ke seluruh kota. Dibangun sekitar tahun 532 M pada masa kekaisaran Justinian, struktur unik ini memiliki 336 tiang penyangga.

Kekokohannya tak perlu diragukan, sebab waduk bawah tanah ini bisa bertahan dari beragam penyerangan dan kerusakan karena alam. Waduk Cistern konon ini mampu menampung air hingga 80 ribu meter kubik.

Petualangan Seru di Dalam Basilika

Lorong di dalam Basilika
Lorong di dalam Basilika via Instagram seeyouturkey

Basilika Cistern mengalami restorasi dan renovasi pada 1985 dan dibuka untuk umum sekitar tahun 1987. Suasana gelap sudah terasa sejak pintu masuk. Tak jauh dari situ terdapat stan khusus bagi pengunjung yang ingin berfoto sambil mengenakan baju ala Konstantinopel. Selain biaya foto, pengunjung harus membayar tarif sewa kostum. Untungnya mereka menerima pembayaran dengan tunai maupun kartu debit/kredit.

Legenda Air Mata dan Medusa

Crying column
Crying column via Instagram shoshini

Berjalan masuk semakin dalam, pengunjung akan mendapati pilar-pilar unik berbentuk mata. Pilar tersebut selalu basah karena mendapat rembesan air dari bagian atasnya. Warga setempat menyebut lokasi ini sebagai crying column.

Konon fenomena tersebut menggambarkan air mata pekerja waduk yang meninggal ketika pembangunan. Proses pendirian Basilika Cistern memang menelan cukup banyak korban.

Hati-hati ketika berjalan karena semakin ke dalam semakin gelap. Meski terdapat penerangan di beberapa titik, daya lampu-lampu tersebut tidak terlalu besar. Namun hal ini justru menambah kesan mistis serta dramatis di Basilika Cistern.

Kepala Medusa
Kepala Medusa via Instagram raksha_yee

Sebagian pengunjung biasa menggunakan lampu senter dari telepon genggam untuk penerangan tambahan. Di titik terujung terdapat beberapa penggalan kepala Medusa menghadap ke arah berlawanan. Medusa tersebut menjadi pondasi dua tiang di bagian terujung basilika.

Sekedar tips, untuk mengambil foto di dalam waduk sebaiknya menggunakan kamera yang bisa memproses gambar lebih baik dalam kondisi gelap. Kamera telepon genggam pada umumnya tidak bisa berfungsi maksimal untuk memotret.

Itulah tadi sekilas gambaran mengenai keunikan dan keindahan Basilika Cistern di Turki. Tak hanya Inferno, lokasi ini juga pernah dijadikan set film James Bond dan sejumlah film berkelas Internasional lainnya. Jadi, jika kebetulan sedang berada di Istanbul jangan lupa berkunjung ke tempat ini.

Tags
Turki Wisata
Share