4 Bangunan Pencakar Langit dengan Bentuk Unik di Asia, Super Keren!

Di saat ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat, berbagai macam jenis bentuk bangunan pun juga turut berevolusi. Gedung-gedung semakin tinggi menjulang. Sebuah bangunan dengan tinggi lebih dari 150 meter atau 500 kaki, dapat dikategorikan sebagai pencakar langit. Hong Kong adalah salah satu kota yang memiliki banyak gedung pencakar langit. Namun tak berhenti di Hong Kong, bangunan pencakar langit dengan bentuk unik juga dapat ditemukan di sisi Asia yang lain.

Grand Rama 9 Tower, Thailand

Grang Rama 9 Tower via skyscrapercenter.com

Di Thailand Teman Traveler dapat menemukan gedung pencakar langit yang megah. Ditargetkan selesai pada tahun 2021, Menara Rama 9 memiliki tinggi hingga 615 meter. Dirancang oleh perusahaan arsitektur 49 Ltd, bangunan ini membutuhkan dana senilai US$ 600 juta. Secara fungsi, bangunan ini akan menjadi hotel mewah dengan 260 kamar, kantor, dek observasi, serta rooftop garden.

Guiyang Cultural Plaza Tower, China

Gedung Guiyang Cultural Plaza via skyscrapercenter.com

Guiyang Cultural Plaza Tower akan dibuka pada tahun 2020 dan dirancang oleh perusahaan Amerika Skidmore, Owings & Merrill (SOM). Guiyang Cultural Plaza Tower dengan kapasitas 109 lantai ini akan digunakan sebagai pusat pertunjukan seni, pusat perbelanjaan, serta tempat tinggal. Digagas menjadi yang tertinggi di barat daya kota Cina Guiyang, bentuk unik bangunan setinggi 521 meter ini terinspirasi oleh John Hancock Center di Chicago.

Merdeka PNB118, Malaysia

Gedung Merdeka PNB118 via thetowerinfo.com

Tak lama lagi, ikon Malaysia, Gedung Kembar Petronas akan tertandingi ketinggiannya. Gedung Merdeka PNB118 dengan ketinggian 635 meter ini merupakan buatan Fender Katsalidis Architects asal Melbourne. Dibuka pada tahun 2021, bangunan pencakar langit yang menyerupai struktur kristal ini akan terdiri dari toko ritel, kantor, hotel mewah, restoran, serta dek observasi. Bangunan berlantai 118 itu akan terletak di samping Stadion Merdeka, tempat negara itu mendeklarasikan kemerdekaannya dari Inggris pada 1957.

Dubai Creek Tower, Dubai

Dubai Creek Tower via omniumint.com

Lagi-lagi Dubai memiliki gedung pencakar langit dengan bentuk yang unik. Setelah Burj Khalifa, kali ini Dubai akan memiliki Dubai Creek Tower. Bangunan ini dirancang oleh arsitek Santiago Calatrava dengan bentuk menyerupai bunga lili terbalik yang tumbuh dari tanah. Menghabiskan dana sebesar 1 miliar dolar AS, Menara Dubai Creek adalah bangunan pencakar langit yang akan berdiri di tepi laut. Bangunan ini akan dibuka pada tahun 2020 dengan ketinggian mencapai 1400 meter.

Saat ini bangunan pencakar langit memang dapat ditemukan dengan mudah. Tak sedikit negara yang memilikinya. Namun dengan bentuk bangunan yang juga unik, tentu juga akan menjadi daya tarik tersendiri. Seperti bangunan yang ada disebutkan di atas.

Tags
asia bangunan pencakar langit mancanegara pencakar langit Wisata
Share