5 Bangunan Khas Prusia di Kota Kaliningrad, Rusia

Kota Kaliningrad merupakan salah satu wilayah di Russia yang terkenal sebagai salah satu peninggalan kekaisaran Prusia. Hal ini membuat bangunannya memiliki desain dan arsitektur khas Prusia, berbeda dengan bangunan-bangunan di Rusia pada umumnya. Lebih jelasnya, mari kita simak 5 bangunan khas Prusia yang masih berdiri hingga saat ini.

1. The Kings Gate (Koenigs Gate)

49722298_2114589718630676_8989474766310502216_n.jpg?_nc_ht=instagram.fmlg1-1.fna.fbcdn.net&_nc_cat=108
The Kings Gate via Instagram/garikkld

Kings Gate merupakan salah satu bangunan peninggalan Prussia yang masih berdiri kokoh hingga saat ini dan menjadi landmark utama Kaliningrad Oblast. Bangunan ini sempat direnovasi dan diubah pada Tahun 1765 oleh arsitektur Jerman bernama Fredrich August Stuler.

Walaupun sempat hancur akibat serangan Tentara Merah di Prussia pada masa Perang Dunia II, Pemerintah Russia kembali memperbaiki kembali keseluruhan bangunan ini dalam keadaan sesuai sebelum Perang Dunia II terjadi. 

2. Friedrichsburg Gate Museum

Bangunan Khas Prusia
Friedrichsburg via Instagram/villain_t_

Salah satu bangunan menarik lainnya adalah Friedrichsburg Gate. Tempat ini sebenarnya merupakan benteng yang dibangun sekitar tahun 1675. Bangunan ini berada di tepi Sungai Pregolia dan termasuk bagian dari The Museum of Ocean World, pusat kebudayaan maritim Russia. Maka dari itu tempat ini berisi miniatur kapal-kapal Russia terhadulu, plus sejarah-sejarah mengenai militer Rusia dari masa lalu hingga kini. 

3. Brandenburg Gate Kaliningrad

Bangunan Khas Prusia
Brandenburg Gate via Instagram/_lerushh_

Brandenburg Gate menjadi salah satu bangunan dari enam gerbang bersejarah lain yang dibangun pada abad ke-19. Nama Brandenburg Gate berasal dari nama ‘Teutonic Castle of Brandenburg‘ saat berkuasa di Kaliningrad pada waktu itu.

Branderburg Gate ini bergaya Neo-Gothic, hampir sama dengan bangunan lain yang berdiri di Kaliningrad. Selain itu, bangunan ini dapat dilalui oleh mobil atau pejalan kaki yang tepat berada di atas Ulitsa Bagrationa (Bagration Street). Bangunan ini juga terletak tidak jauh dari stasiun kereta, sehingga cukup mudah dikunjungi untuk para wisatawan. 

4. Koenigsberg Cathedral

14637030405_e4a687e835_k_1qG.jpg
Koenigsberg Cathedral via Flickr

Koenigsberg Cathedral merupakan salah satu gereja tertua yang dibangun sekitar tahun 1297-1302. Gereja ini memiliki bangunan bergaya Brick-Gothic khas Eropa bagian utara, seperti halnya bangunan gereja yang ada di Skandinavia.

Dulunya setelah Perang Dunia II, bangunan gereja ini sempat mengalami kerusakan parah akibat dari perang dan pemboman Sekutu dan Rusia pada tahun 1944. Pada tahun 1990, gereja ini rampung direnovasi dan dibuka bagi wisatawan yang ingin berkunjung.

5. Kaliningrad Regional Amber Museum

Bangunan Khas Prusia
Amber Museum via Instagram/malyshevamarinaaa

Museum ini berada di bangunan bekas Dohna Fortress yang digunakan dalam sistem pertahanan Kota Koenigsberg saat Perang Dunia II. Pada Tahun 1972, bangunan direnovasi dan difungsikan sebagai Amber Museum. Museum ini menyimpan berbagai kesenian yang terbuat dari fosil pohon yang sangat bagus dan unik serta menarik perhatian.

Nah, itu tadi deretan tempat-tempat bersejarah di Kaliningrad yang khas bergaya Kekaisaran Prusia dan masih terawat hingga kini. Pastinya Kaliningrad cocok jadi destinasi Teman Traveler selanjutnya, terutama buat yang suka sejarah.

Tags
Bangunan Khas Prusia Kaliningrad kontributor Luar negeri prusia Rusia Travelingyuk Wisata
Share