Bangka Botanical Garden, Keindahan Bagai Pulau Nami di Winter Sonata

Advertisement

Teman Traveler yang pernah menonton K-Drama ‘Winter Sonata’ tentu tak asing lagi dengan Nami Island. Pulau indah di Korea Selatan ini merupakan salah satu lokasi syuting film serial drama populer tersebut. Nah, siapa sangka kalian bisa temukan keindahan serupa di Indonesia, tepatnya di Bangka Botanical Garden. Penasaran? Yuk, simak ulasannya.

Bangka Botanical Garden

1_hfV.jpg
Bangka Botanical Garden (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Bangka Botanical Garden atau biasa disingkat BBG merupakan salah satu agrowisata di Pulau Bangka. Kehadirannya seolah membawa kesegaran tersendiri di tengah panas dan gersangnya Pangkalpinang.

Destinasi ini berada tak jauh Bandara Depati Amir, tepatnya di daerah Ketapang, Kecamatan Air Itam. Teman Traveler bisa mencapai lokasi ini dalam waktu sekitar 15-20 menit. Tempatnya juga tak terpisah jauh dari wisata Pantai Pasir Padi dan Pasir Padi Bay. 

2_Oyf.jpg
Jalanan di sekitar BBG (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Kawasan Bangka Botanical Garden memanfaatkan lahan bekas tambang timah. Dulunya kawasan ini merupakan lahan gambut berpasir. Namun berkat kerja keras penduduk sekitar dan pengelola, kawasan ini bisa disulap menjadi tempat wisata keren.

Tak hanya itu, destinasi ini juga menerapkan sistem zero waste dengan menghadirkan peternakan, perikanan, dan perkebunan yang saling mendukung satu sama lain. Benar-benar keren ya Teman Traveler?

Deretan Pinus Mirip Nami Island

3_MNf.jpg
Mirip di Pulau Nami (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Salah satu hal yang membuat Nami Island begitu unik dan terkenal adalah deretan pohon pinus lebat di sepanjang jalannya. Nah, keindahan serupa bisa Teman Traveler temukan di Bangka Botanical Garden. Menjelajah tempat ini, kalian bakal temukan deretan pinus tinggi menjulang di sisi kanan dan kiri. Permukaan jalannya dihiasi hamparan pasir putih, identik dengan kondisi di Pulau Nami.

Romantis dan Instagenic

6_dm9.jpg
Spot foto keren (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Nah, sekarang sudah tahu kan apa yang bikin Bangka Botanical Garden istimewa? Teman Traveler tak perlu pergi jauh-jauh ke Korea untuk mendapatkan panorama Instagenic dan romantis ala lokasi di serial Winter Sonata.

Selain barisan pohon pinus, di lokasi asri dan rindang ini Teman Traveler juga bisa temukan spot foto menarik lain. Ada danau, tambak, gubuk, rumah adat, dan deretan pepohonan lain. Tak heran jika tempat ini sering dijadikan lokasi syuting dan foto pre-wedding.

Tempat Mancing dan Warung Makan

4_7Sf.jpg
Tambak BBG (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Siang hari adalah waktu terbaik untuk mampir ke sini. Teman Traveler bakal dimanja keteduhan sekitar BBG, di tengah panasnya udara Pulau Bangka. Selain itu, beberapa pengunjung juga kerap datang di siang bolong untuk memancing di area tambak.

5_MJ1.jpg
Warung Bakso BBG (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Jika Teman Traveler mendadak lapar, di dekat sini terdapat warung bakso dan kopi. Kalian bisa santai sejenak dari kesibukan sehari-hari dan menikmati udara segar alami sambil melihat ikan di bawah tempat makan ini.

Kandang Sapi Perah

7_A2U.jpg
Kandang sapi (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Menjelajah area BBG lebih dalam, Teman Traveler bisa mengunjungi keberadaan kandang sapi perah. Di sini kalian akan melihat langsung proses produksi susu murni segar, serta beberapa produk turunan seperti yoghurt dan es lilin. Rasanya sangat enak lho.

Tak jauh dari kandang sapi, Teman Traveler bisa mampir ke melihat fasilitas greenhouse. Di sini kalian bisa melihat banyak bibit tunas yang tengah dikembangkan.

Asyiknya lagi, masuk BBG tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis lho Teman Traveler. Namun jika kalian ingin memberikan sumbangsih terhadap pengembangan destinasi ini, langsung saja membeli produk yang dihasilkan Bangka Botanical Garden. Tinggal pilih, mau sayuran, buah segar, es lilin, atau yoghurt.

img_20190814_084505_1_y7K.jpg
Toko susu (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Jadi bagaimana menurut Teman Traveler? Selain spot Instagenic ala Pulau Nami, Bangka Botanical Garden ternyata juga tawarkan beragam fasilitas menarik yang sangat istimewa. Jika kalian sedang menjelajah wisata Bangka, jangan lupa mampir ke sini ya.

Advertisement
Tags
Bangka kontributor Travelingyuk wisata bangka
Share