Bandara Silangit Makin Keren, Danau Toba Diserbu Wisatawan

Advertisement
Advertisement

Salah satu alasan mengapa tempat-tempat menawan di Indonesia belum dibanjiri wisatawan adalah aksesnya yang susah. Banyak daerah-daerah di tanah air yang belum menyediakan bandar udara, sehingga turis merasa kesulitan untuk mencapai lokasi yang diinginkan. Namun, kini Indonesia harus siap-siap menyambut pengunjung dari luar negeri karena kini bertambah satu lagi Bandara Udara Internasional di Tapanuli Utara. Yuk, lihat lebih dekat.

Pengembangan Bandara Silangit di Tapanuli Utara

Bandara Silangit yang dulu
Bandara Silangit yang dulu [image source]
Sejak awal tahun 2017 ini, sudah beredar berita bahwa Silangit akan dikembangkan menjadi Bandara Internasional. Pembangunan bandar udara yang berlokasi di Tapanuli Utara, provinsi Sumatera Utara ini pun direncanakan rampung pada bulan September 2017. Dilansir dari finance.detik.com, Direktur Utama Angkasa Pura II, M. Awaluddin menjelaskan, “Bandara Silangit akan operasi bandara internasional September 2017”. Nantinya, Bandara Silangit direncanakan bisa menampung 500.000 penumpang setiap tahunnya.

Bandara Silangit yang sekarang
Bandara Silangit yang sekarang [image source]

Diharapkan Bisa Semakin Memajukan Pariwisata

Bandara Silangit, Tapanuli Utara
Bandara Silangit, Tapanuli Utara [image source]
Visi dari pengembangan ini adalah untuk memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke Danau Toba. Seperti yang diketahui, danau ini termasuk dalam 10 pariwisata terbaik yang ada di Indonesia. Hal ini juga disampaikan oleh Menteri pariwisata, Arief Yahya, “Bandara Silangit memang kita bangun menjadi bandara Internasional karena Danau Toba sudah kita tetapkan menjadi destinasi pariwisata nasional. Tidak bisa lagi dari bandara Kualanamu, jaraknya ke Parapat terlalu jauh, kalau dari Silangit waktu tempuh cukup 2 atau 1,5 jam,” jelasnya, seperti yang terlansir pada lifestyle.liputan6.com. Jadi tak perlu berkendara hingga 6 jam dari Medan, nih.

Apron di Bandara Silangit
Apron di Bandara Silangit [image source]

Sukses Menarik Banyak Pengunjung

Ruang tunggu di Bandara Silangit
Ruang tunggu di Bandara Silangit [image source]
Tak diduga, selesainya pembangunan pengembangan Silangit ini selesai lebih cepat satu bulan dari yang direncanakan. Memasuki bulan Agustus ini, kamu sudah bisa terbang dari Jakarta langsung ke Tapanuli Utara dengan. Hingga kini, maskapai yang menyediakan rute ini adalah Sriwijaya dan Garuda Indonesia, termasuk dari luar negeri melewati Singapura. Sedang Lion Air siap mengantar calon turis yang berangkat dari Surabaya dengan transit sebanyak 2 kali, yaitu di Jakarta dan Medan. Rupanya, langkah Menteri Pariwisata, Arief Yahya ini berhasil. Baru sebulan beroperasi, penumpang yang datang ke Bandara Silangit sudah meningkat sebanyak 300% dari tahun sebelumnya.

Sudah dipenuhi pengunjung
Sudah dipenuhi pengunjung [image source]

Pesona Sumatera Utara Indah Lainnya

Batu Gantung
Batu Gantung [image source]
Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia. Rasanya setiap sudut dari danau ini memiliki keindahan tersendiri. Salah satunya adalah Batu Gantung, yang konon menurut legenda adalah wujud Seruni yang mengakhiri hidupnya karena dijodohkan dengan sepupunya. Untuk melihat lebih dekat, kamu bisa menggunakan speedboat hingga ke tengah. Wisata lainnya adalah Taman Simalem Resort. Dari titik tertinggi yang ada di resort ini, kamu bisa menikmati keindahan Danau Toba, perbukitan dan Tanah Karo. Super cantik.

Taman Simalem Resort
Taman Simalem Resort [image source]

Kuliner yang Wajib Dicoba

Kue Ombus-ombus
Kue Ombus-ombus [image source]
Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas dari Sumatera Utara. Mumpung berkunjung ke Tapanuli Utara, wajib mencoba Kue Ombus-Ombus yang menjadi santapan khas Siborongborong, salah satu daereah di Tapanuli Utara. Semakin nikmat jika kamu menyantapnya sebagai teman kopi atau teh. Kuliner lain yang tak boleh dilewatkan begitu saja adalah Ikan Arsik, yaitu ikan segar yang dibumbu kuning, resep khas daerah ini. Dulunya, menu ini hanya disajikan untuk Raja. Kini semua orang juga bisa mencoba kenikmatannya.

Kuliner Sumatera Utara, Ikan Arsik
Kuliner Sumatera Utara, Ikan Arsik [image source]
Nah, Danau Toba dan wisata di sekitarnya harus siap-siap menyambut peningkatan turis yang datang, nih. Semoga pengembangan bandar udara ini juga sejalan dengan perbaikan fasilitas dan juga prasarana di tempat wisata, ya. Setuju, kan?

Advertisement
Tags
Akomodasi bandara Bandara Kualanamu bandara silangit danau toba Indonesia Medan
Share