Objek Wisatanya Mendunia, Tapi 5 Daerah Ini Tak Punya Bandara Internasional

Banyak wisatawan asing yang gagal terbang ke Indonesia lantaran kota tujuannya tidak memiliki bandara internasional. Padahal, tidak sedikit yang ingin terbang ke tempat tersebut untuk melihat destinasi yang cantik luar biasa. Wah-wah, lalu kota mana saja sih yang belum memiliki bandara internasional tapi destinasinya juara banget ini? Simak selengkapnya berikut ini!

1. Raja Ampat

Raja Ampat
Raja Ampat [image source]
Tempat wisata Raja Ampat sudah mencuri perhatian banyak kalangan. Bukan hanya wisatawan lokal, ternyata sudah ribuan turis asing yang berlibur ke gugusan pulau cantik di Indonesia bagian timur ini. Sayangnya, untuk dapat melihat pesona Raja Ampat ini butuh waktu yang cukup lama bagi para turis. Jangankan para turis, untuk wisatawan lokal saja harus menempuh perjalanan beberapa hari jika menggunakan kapal laut.

Bandara Sorong
Bandara Sorong [image source]
Ya, destinasi wisata yang terletak di Papua Barat ini masih belum memiliki fasilitas bandara internasional. Adapun bandara yang biasa digunakan adalah Bandara Sorong Domine Eduard Osok. Dari luar negeri, rute perjalanan menuju Bandara Sorong Domine Eduard Osok ini harus melewati Jakarta, Makassar atau Manado terlebih dahulu.

2. Kupang, NTT

Pulau Komodo
Pulau Komodo [image source]
Ibukota dari Nusa Tenggara Timur ini memang memiliki banyak sekali tempat cantik dan eksotis. Mulai dari Pulau Flores, Sumba, Alor hingga beberapa pulau lainnya yang menyedot perhatian dunia. Bahkan objek wisata Pulau Komodo yang terkenal akan hewan melatanya juga masuk dalam nominasi 7 Keajaiban Dunia di Indonesia. Sayang, meski pemandangan Pulau Komodo benar-benar cantik, untuk berkunjung ke sana butuh biaya dan waktu yang banyak. Ya, hal ini karena di NTT merupakan salah satu kota yang belum memiliki bandara internasional.

Komodo Island
Komodo Island [image source]
Untuk berkunjung ke Kupang, seorang turis harus transit dulu ke Bali baru melakukan perjalanan menuju Laboan Bajo, entah lewat jalur laut (kapal) atau udara (penerbangan perintis). Dari Laboan Baju baru perjalanan darat dimulai, tentu tergantung lokasi mana yang akan dituju. NTT sendiri sudah memiliki 3 bandara saat ini. Sayangnya, ketiga-tiganya bukanlah bandara internasional seperti Nusa Tenggara Barat.

3. Kota Malang

Gunung Bromo
Gunung Bromo [image source]
Berada di wilayah pegunungan Bromo Tengger Semeru, tempat wisata Malang memang memiliki keindahan alam yang tak ada duanya. Banyak sekali air terjun cantik dan juga tempat bersejarah yang sayang untuk dilewatkan. Bukan hanya itu, kota cantik yang terkenal dingin ini juga memiliki banyak pantai indah di bagian selatan wilayahnya. Seperti di Sorong dan Kupang, Malang juga sudah memiliki bandara. Sayang, jalur udara di Malang ini hanya berlaku untuk penerbangan dalam negeri.

Bandara Malang
Bandara Malang[image source]
Bagi wisatawan lokal, berkunjung ke Malang sangatlah mudah. Cukup naik pesawat tujuan Malang sudah bisa liburan manja dengan keluarga. Jika tidak dengan penerbangan, tinggal pesan tiket kereta api jurusan Malang, mereka sudah mendapatkan rute perjalanan yang aman dan nyaman. Lalu, bagaimana dengan para turis yang datang ke Malang? Ya tentu saja mereka harus transit dulu ke Bandara internasional Juanda baru melakukan perjalanan darat Surabaya menuju Malang. Jika tidak, mereka harus transit ke Jakarta baru terbang ke Malang. Rute yang terbilang cukup panjang bukan?

4. Bangka Belitung

belitung
belitung [image source]
Dari mulai film Laskar Pelangi, wilayah yang terletak di bagian barat Indonesia ini benar-benar menarik untuk dikunjungi. Wisata Belitung terkenal akan jejeran pantainya yang indah serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Selain itu, beberapa pantainya memiliki keunikan sendiri dengan memiliki bebatuan granit serta permukaan pantainya yang landai. Benar-benar cantik dan memanjakan mata.

Bandara Belitung
Bandara Belitung [image source]
Sayangnya, untuk menuju kepulauan penghasil timah terbesar di Indonesia ini terbilang sangat lama dan melewati berbagai rute. Bagi wisatawan lokal sih, cukup cepat hanya tinggal melakukan perjalanan udara dan transit di Bandara Depati Amir (Pulau Bangka) atau Bandar Udara Buluh Tumbang (Pulau Belitung). Sayangnya, bagi para wisatawan yang hendak terbang ke Bangka Belitung harus transit terlebih dahulu ke Jakarta, pasalnya dua bandara di kepulauan cantik tersebut masih belum menyediakan penerbangan internasional.

5. Kepulauan Derawan

Derawan
Derawan [image source]
Seperti halnya Bangka Belitung, Kepulauan Derawan juga menjadi salah satu tempat yang tepat untuk liburan. Kepulauan cantik yang ada di Kabupaten Berau ini memiliki banyak pantai dengan pasir putih indah. Tak hanya itu saja, Kepulauan Derawan juga memiliki spot menarik untuk diving dan snorkeling. Asik dan seperti menyatu dengan alam ketika berada di Kepulauan satu ini.

Bandar Udara Kalimarau
Bandar Udara Kalimarau [image source]
Masih terkendala dengan transportasi, perjalanan ke Derawan terbilang sangat jauh dan melelahkan. Entah naik pesawat atau kapal, tetap saja harus melewati rute panjang. Untuk menuju ke Derawan, sebenarnya ada dua pintu masuk yaitu Berau dan Tarakan di Kalimantan Utara. Namun, kebanyakan wisatawan luar negeri memilih lewat Berau. Dari transit ke Jakarta, mereka harus terbang dulu ke Balikpapan. Dari Balikpapan kembali terbang ke Bandara Kalimarau, Berau dan baru kemudian naik mobil untuk perjalanan ke Kabupaten Berau. Jauh dan cukup melelahkan.

Jika diminta berandai, kota mana nih yang kamu harapkan memiliki bandara internasional? Ada salah satunya di atas?

Tags
bandara bangka belitung Belitung Indonesia Jawa Timur Kupang Malang NTT papua barat raja ampat
Share