6 Kota di Jawa Timur yang Memiliki Bandara untuk Warga Sipil

Bandara yang paling terkenal dan populer di Jawa Timur adalah yang berada di Sidoarjo, yakni Bandar Udara Juanda. Padahal, di Jawa Timur ini banyak juga bandara di daerah lainnya yang mungkin juga kamu belum mengetahuinya. Tentu saja ini cukup penting bagi kamu yang hobi traveling ya, bisa menempuh waktu lebih cepat untuk menuju ke destinasi wisata yang diinginkan. Yuk simak ulasan Bandara di Jawa Timur berikut ini, di kota mana aja ya?

Bandara Juanda, Sidoarjo

Bandara Juanda, Via Instagram bayoesetyawan

Yang paling terkenal di seluruh penjuru Indonesia adalah Bandar Udara Juanda yang berlokasi di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Ini merupakan bandara internasional yang menjadi jujukan banyak turis ataupun orang-orang dari luar negeri. Lantaran melayani rute penerbangan internasional, Bandara Juanda ini sudah tidak perlu diragukan lagi popularitasnya. Selain itu, karena sudah memiliki 3 terminal utama, bandara udara internasional satu ini sudah menampung banyak sekali penumpang.

Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang

Bandara di Malang, Via Instagram atoxzsh_penjelajah_negeri

Lokasinya berada di Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bandara udara di Malang ini hanya melayani penerbangan di dalam negeri saja, ke Jakarta, Balikpapan, Denpasar, dan lain-lain. Bandara ini memiliki dua landasan pacu, yang pertama untuk pesawat kelas kecil dengan panjang 1.500 contohnya saja Hercules C-130. Kedua, melayani pesawat berbadan besar dengan panjang 2.300, contohnya saja Boeing 737.

Bandara Trunojoyo, Madura

Bandara Trunojoyo, Via Instagram raindy_wu

Lokasinya berada di Kabupaten Sumenep, Banyuwangi Jawa Timur. Bandara ini sudah dibangun sejak era Bupati Soemaroem di tahun 1970-an. Sejak tahun 2010 yang lalu bandara ini sudah resmi beroperasi dan dipergunakan oleh Merpati Nusantara Airline untuk sekolah penerbangan. Dan di tahun 2011 bandara ini semakin dipernyaman dan bisa didarati pesawat ukuran lebih besar.

Bandara Noto Hadinegoro, Jember

Bandara Notohadinegoro, Via Instagram aan_ke_one

Selanjutnya ada Bandar Udara Noto Hadinegoro yang berlokasi di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Jember. Lokasinya hanya berjarak 7 kilometer saja dari pusat kota Jember. Bandara ini memiliki panjang landas pacu 1.560 meter dan sudah kembali beroperasi sejak tanggal 16 Juli 2014 yang lalu. Bandara ini memiliki areal seluas 120 hektare dan merupakan bandara umum sipil pertama di Indonesia yang dibangun sendiri oleh pemerintah kabupaten setempat.

Bandar Udara Harun Thohir, Gresik

Bandara Udara Harun Thohir, Via Instagram gading_003

Sementara Bandar udara Harun Thohir ini berada di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. Bandara ini dioperasikan oleh Kementerian Republik Indonesia. Dan baru saja diresmikan pada tanggal 30 Januari 2016 yang lalu. Bandara ini melayani rute penerbangan dari dan tujuan ke Bawean. Tujuan pertama adalah Bawean-Surabaya, maskapainya adalah Airfast Indonesia.

Bandara Blimbingsari, Banyuwangi

Bandar udara Blimbingsari, Via Instagram fsolamir

Memiliki landas pacu 2.250 meter, bandara ini resmi dibuka pada tanggal 29 Desember 2010. Lokasinya berada di Desa Blimbingsari, Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Pihak pengelola dari bandara udara satu ini adalah PT Angkasa Pura. Sementara itu pesawat yang bisa beroperasi adalah Garuda Indonesia, NAM Air, dan juga Wings Air.

Itulah jajaran kota di Jawa Timur yang memiliki bandar udara yang diperuntukkan bagi warga sipil. Semoga informasi di atas membantu kamu yang ingin berwisata ya.

Tags
Akomodasi bandara di jawa timur Indonesia Jawa Timur
Share