Pesawat di Klaten Ini Disulap Jadi Bioskop Mini, Ngintip Yuk!

Advertisement

Klaten yang letaknya di antara Jogja dan Solo, ternyata tidak mau ketinggalan lho. Jogja punya bandara Adi Sutjipto yang terus berbenah dan makin megah, serta Solo yang memiliki bandara Adi Sumarmo. Di Klaten juga punya bandara meskipun mini. Bandara apa sih?

Klaten memiliki satu ‘bandara’ yang letaknya di Kecamatan Polanharjo, tak jauh dari objek wisata Klaten seperti Umbul Ponggok. Nama bekennya adalah Bandara Adi Sumitro. Sebenarnya ini bukan bandara yang sebenarnya, tetapi sebuah wahana wisata untuk masyarakat sekitar. Sang pemilik memasang sebuah pesawat terbang yang tidak dipakai dan dialihfungsikan. Pesawat yang ‘parkir’ disulap menjadi galeri foto hingga bioskop mini. Berbagai informasi tentang transportasi udara bisa kamu dapatkan di sini.

Ruang duduk dalam pesawat yang disulap jadi bioskop mini [image source]
Saat masuk ke dalam pesawat, kamu akan diarahkan menuju 3 bagian pesawat yaitu ruang kemudi (kokpit), ruang pemutaran film tiga dimensi, dan ruang pemutaran teater alam. Biaya yang harus dikeluarkan untuk nonton bioskop dalam peswat Rp20.000. Kalu mau lanjut menikmati teater alam diharuskan membayar lagi sebesar Rp10.000. Cukup murah untuk keseruan dan pengetahuan yang didapatkan.

Pancingan 100 Klaten [image source]
Di bagian luar, ada kolam renang lengkap dengan wahana permainan. Anak-anak pasti akan sangat senang dan betah berlama-lama di Bandara Adi  Sumitro  Kalau lapar tinggal memancing ikan atau duduk di tempat lesehan kemudian pesan kuliner Klaten yang enak-enak.

Bandara Adi Sumitro termasuk dalam area wisata Taman Air 100 Janti yang terkenal sebagai spot memancing yang kece. Sebenarnya bisnis pemancingan di dekat Bandara sangat populer, tapi lambat laun justru semakin sepi. Untuk menarik para pengujung, warga setempat sengaja memamerkan pesawat terbang asli.

Pesawat yang tidak pernah terbang di Bandara Adi Sumitro [image source]
Pesawat yang digunakan adalah bekas Boeing 737 seri 200. Dibuat sekitar tahun 1984. Saat ini memang sudah tidak digunakan lagi, bahkan mesin pesawatnya sudah dilepas.  Setiap harinya, pesawat dengan panjang 34 meter dan lebar 28 meter menjadi tempat wisata keluarga. Tak sedikit yang datang dengan membawa buah hatinya untuk bersenang-senang. Rencananya, wahana baru akan segera siap memanjakan para pengunjung. Di antaranya adalah monorail dan akuarium. Jadi semakin mewah dan menakjubkan, bukan?

 

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah Klaten
Share