Bandar Antariksa Pertama di Indonesia, Bakal Traveling ke Luar Angkasa?

Di masa depan, traveling bukan hanya keliling dunia namun juga mengitari planet di luar angkasa. Selama ini memang hanya digambarkan oleh film Hollywood. Tetapi mungkin saja kita juga bisa melakukannya, apalagi dengan hadirnya bandar antariksa pertama di Indonesia. Seperti apa sih spaceport ini? Apakah benar bisa mengantarkan kita traveling ke antariksa?

Berlokasi di Biak, Papua

Bandar Antariksa Pertama di Indonesia
Sudut Pulau Biak via shutterstock

Pulau Biak tepatnya di Desa Soukobye akhirnya terpilih sebagai lokasi pembangunan bandar antariksa (spaceport) pertama di Indonesia. Sebelumnya selain Biak, terdapat setidaknya 3 pulau lain yang juga menjadi calon tempat spaceport yaitu Nias, Morotai, dan Enggano.

Menurut laman thejakartapost.com, Pulau Biak yang terletak di Teluk Cenderawasih, Papua ini menjadi arena ideal sebab punya luas yang aman untuk peluncuran roket dan juga dekat dengan garis khatulistiwa. Dikatakan bahwa bila spaceport dekat dengan ekuator, maka lebih memudahkan dalam orbit roket.

Bandar Antariksa Kecil Buat Peluncuran Roket

Ilustrasi Bandar Antariksa via shutterstock

Bandar antariksa di Biak ini rencananya akan dibuat skala kecil dan besar. Untuk sementara, akan dibangun dulu skala kecil sebagai lokasi peluncuran roket tingkat. Nantinya memang akan dibangun spaceport yang lebih besar, namun masih harus digodok lagi supaya rencana dan realisasi lebih baik.

Siap Meluncurkan Roket 2024

Bandar Antariksa Pertama di Indonesia

Lalu kapan nih bandar antariksa pertama di Indonesia rilis? Dikutip dari situs teknologi.bisnis.com, tahap pembangunan segera dimulai dan direncanakan selesai tahun 2024. Walaupun belum rampung sepenuhnya, tapi setidaknya sudah bisa dipakai untuk uji terbang. Sedangkan untuk pembentukan bandar antariksa skala besar, masih belum ada kabar mengenai ini.

Siap-siap Traveling ke Mars dan Staycation di Hotel Antariksa

Ilustrasi Planet Mars via shutterstock

Bila bandar antariksa pertama di Papua sudah semakin berkembang layaknya milik NASA, siap-siap traveling ke luar angkasa. Bisa nih persiapkan rencana perjalanan dari sekarang.

Jangan khawatir ada beberapa destinasi wisata di antariksa yang dapat masuk list kunjungan. Di antaranya adalah bulan, stasiun luar angkasa, dan tentunya Planet Mars! Di Planet Mars yang diperkirakan punya iklim tropis ini ada ngarai raksasa bernama Valles Marineris dan Gunung Purba Olympus Mons.

Buat yang pengin staycation tak terlupakan juga bisa loh. Melipir saja ke Aurora Station, sebuah hotel luar angkasa pertama. Walaupun belum dirilis namun Teman Traveler sudah bisa pesan dari sekarang dengan budget sekitar Rp130 miliar.

Wow! Kalian akan bertualang selama kira-kira 12 hari di antariksa. Fasilitasnya tak jauh berbeda seperti hotel di bumi, mulai dari tempat tidur nyaman sampai wi-fi kencang.

Sudah tidak sabar ya menunggu launching bandar antariksa pertama di Indonesia. Kira-kira akan seperti apa, ya?

Tags
Akomodasi Bandar Antariksa Pertama di Indonesia Indonesia Spaceport Papua
Share