Balkonjazz Festival 2019, Yuk Intip Kemeriahannya

Teman Traveler pernah dengar soal Balai Ekonomi Desa? Program sosial yang kerap disingkat Balkondes ini dibuat BUMN untuk membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di 20 desa sekitaran Candi Borobudur. Nah, tepat tanggal 14 September lalu, diadakan perhelatan seru bernama Balkonjazz Festival 2019.

Bertajuk ‘Nature In Harmony’

dscf9015_zBT.jpg
Suasana di gerbang masuk (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Balkonjazz Festival 2019 merupakan perhelatan musik dan budaya yang pertama kali digelar di area Balkondes, Magelang, Jawa Tengah. Event bertajuk ‘Nature In Harmony’ ini merupakan kolaborasi antara musik dan budaya, yang diharapkan bisa jadi pemantik agar potensi ekonomi lokal bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

Angkat Potensi Desa

dscf9089_RgL.jpg
Pasar Balkon Tuksongo (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Kehadiran festival Balkonjazz tentu bakal jadi pengalaman menarik untuk dirasakan di sekitar Borobudur dan Balkondes. Apalagi perhelatan kali ini juga hadirkan pasar tradisional bertajuk Balkon Tuksongo.

Tempat ini diharapkan bakal jadi media transaksi ekonomi dan promosi bagi masyarakat lokal, sekaligus mengenalkan potensi ekonomi dari daerah sekitar Balkondes. Lokasinya pun dapat ditempuh dengan berkendara oleh wisatawan yang sedang jalan-jalan di wisata Jogja. Sehingga makin banyak yang bisa dipapar promosi pariwisata di sana.

Line Up Keren

dscf9036_4Qh.jpg
Penampilan Dialog Dini Hari (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Meski bertajuk Balkonjazz, musisi yang tampil di sini tak melulu beraliran jazz. Banyak musisi indie yang sudah established, hingga artis mainstream
meramaikan jalannya festival ini.  

Pertunjukan dimulai mulai pukul 15.30 dengan penampilan apik Band Tiga Sisi, dilanjutkan oleh aksi panggung dari Frau, Nosstress, Langit Sore, Tashoora, Dialog Dini Hari, Payung Teduh, Rio Febrian, dan ditutup suara manis Yura Yunita.

dscf9016_iV8.jpg
Penampilan Tashoora (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Selain jadi pengalaman menarik bagi para pengunjung, festival musik ini juga tinggalkan pengalaman tersendiri bagi para musisi yang tampil. Dalam satu kesempatan, Sasi Kirono, gitaris Tashoora, mengatakan bahwa gelaran ini terasa sangat menyenangkan. Meski digelar di tempat yang belum terlalu dikenal masyarakat luas, namun semua sudut sesak dipadati penonton.

Gratis Masuk

dscf9073_7CX.jpg
Suasana gerbang masuk makin ramai (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Menariknya gelaran yang diramaikan beragam musisi tersohor ini bisa diakses gratis oleh masyarakat umum. Meski begitu, pengelola juga menawarkan ‘VIP Package’ yang dibagi menjadi Silver (Rp550.000), Gold (Rp850.000), Platinum (Rp1.300.000), Diamond (Rp1.500.000), hingga Group (Rp2.400.000).

Para pembeli paketan tersebut akan mendapatkan beberapa fasilitas premium seperti Balkondes Homestay, Balkonjazz VIP Spot Area, Balkonjazz Merchandise T-Shirt, dan masih banyak lagi.

Buat Teman Traveler yang melewatkan acara ini, jangan khawatir. Pihak BUMN selaku penyelenggara sudah memastikan kalau gelaran ini akan diadakan setiap tahunnya. Agendakan saat jelajah wisata Magelang dan sekitarnya, ya. So, sampai jumpa tahun depan!

Tags
Indonesia kontributor Magelang Travelingyuk Wisata wisata magelang
Share