Bakwan Dempo, Kuliner Berkuah yang Mengenyangkan di Kota Pahlawan

Udara panas memang paling pas ditemani segelas es segar. Nendangnya lagi jika ditemani dengan seporsi makanan berkuah. Nah, kamu yang berencana liburan ke Surabaya, ada satu tempat yang menawarkan kuliner berkuah. Namanya Bakwan Dempo yang pastinya bikin lidah tak berhenti bergoyang.

Tempat Makan yang Buka Sejak Era 70-an

Porsi bakwan yang menggugah selera
Porsi bakwan yang menggugah selera via instagram/@eatwhatid

Bakwan Dempo Asli, begitu nama asli dari warung makan di jalan Dempo Surabaya ini. Tempatnya mudah dijangkau dengan bangunan yang didominasi warna putih dan tosca. Seperti rumahnya yang terlihat bangunan lama, warung ini ternyata sudah ada sejak lama. Kabarnya, pemiliknya sudah berjualan sejak tahun 1970-an. Wah, pasti punya banyak pelanggan setia, nih.

Warung Bakwan Dempo yang masih tempo dulu
Warung Bakwan Dempo yang masih tempo dulu via instagram/@bakwan_dempo

Spesial dengan Menu Bakwan

Bakwan nikmat di Surabaya
Bakwan nikmat di Surabaya via instagram/@agustinusivan

Bakwan di tempat makan ini bukan nama dadar jagung. Melainkan daging yang dibentuk bulat, atau dikenal dengan bakso. Selain daging sapi, masakan di tempat ini juga menggunakan bahan yang mengandung campuran daging babi. Sedangkan variannya banyak, mulai dari pentol kasar, pentol halus, yong tau fu basah, yong tau fu goreng, siomai basah, siomai goreng, dan usus goreng. Teksturnya tidak terlalu keras, tapi bikin lidah tak berhenti bergoyang.

Siomay Dempo
Siomay Dempo via instagram/@yulindanunggalaa

Kuah Gurih yang Menggugah Selera

Seporsi bakwan campur
Seporsi bakwan campur via instagram/@yulindanunggalaa

Isiannya memang menggiurkan, namun kuah beningnya juga tak kalah menggoda mata. Apalagi aromanya yang membuat siapapun tergila-gila. Disajikan terpisah atau jadi satu, tetap nikmat. Apalagi ditaburi dengan daun seledri dan juga bawang goreng. Sebelum menyantapnya, coba dulu seruput kuahnya. Rasanya gurih dan pas banget dengan lidah.

Kuah bakwan yang menggiurkan
Kuah bakwan yang menggiurkan via instagram/@eatwhatid

Kuliner Mengenyangkan di Kota Pahlawan

Bakwan dengan daging babi
Bakwan dengan daging babi via instagram/@ideliasatryadi

Disajikan bersama saos dan sambal membuat hidangan ini makin istimewa. Jika mau lebih kenyang lagi, kamu bisa memesan nasi putih. Kamu bisa menggunakan kuah dan bakwan sebagai lauk untuk makan siang. Enak dan mengenyangkan. Minuman segar yang ditawarkan juga beragam dari es teh manis hingga es sirup.

Seporsi bakwan dan nasi
Seporsi bakwan dan nasi via instagram/@giovani_1989

Nah, itulah kuliner enak di Jalan Dempo Surabaya. Bagaimana, tertarik untuk mencoba menu satu ini?

Tags
Indonesia Jawa Timur Kuliner Non Halal kuliner surabaya Surabaya
Share