Ragam Sop Nusantara, Kuliner Kuah Bikin Tergoda

Advertisement

Saat udara sedang dingin atau musim penghujan datang, kuliner yang paling enak tentu saja yang hangat-hangat berkuah, seperti halnya sop. Tingga di tambah dengan nasi, seporsi sop akan terasa begitu nikmat. Berbicara masalah sop, ternyata beragam sekali jenisnya di Nusantara. Ada yang terbuat dari bahan dasar ikan, daging, ataupun juga sayuran. Sop khas Nusantara dipadukan dengan rempah-rempah adalah pilihan yang pas saat dingin, mengenyangkan dan menghangatkan.

Buat kamu yang sekarang ini sedang ingin mencicipi berbagai sop yang berasal dari Indonesia, berikut ini akan diberikan beberapa daftarnya. Siapa tahu jadi pilihan untuk makan malam nanti yah.

Sop Konro, Sulawesi Selatan

Sop Konro yang terlihat begitu lezat, Via Instagram surabayafoodies
Sop Konro yang terlihat begitu lezat, Via Instagram surabayafoodies

Sop konro merupakan salah satu kuliner berkuah yang memiliki rasa begitu lezat. Kuahnya yang berwarna kecoklatan dan ditabur dengan irisan daun bawang membuanya begitu sedap. Biasanya, sop konro disajikan bersama dengan lontong khas Makassar yang bernama buras.

Sop Bunga Matahari, Semarang

Sop Bunga Matahari, Via Instagram ninazeidien
Sop Bunga Matahari, Via Instagram ninazeidien

Memiliki tampilan yang sangat cantik, sop bunga matahari terbuat dari telur dadar yang ditata cantik di piring, kemudian diisi dengan bahan-bahan seperti irisan buncis, jamur merah, kacang polong, sosis, dan lain-lain. Tampilannya cantik dan rasanya bikin nambah lagi.

Lempah Kuning, Belitung

Lempah Kuning khas Belitung, Via Instagram enjoybabelisland
Lempah Kuning khas Belitung, Via Instagram enjoybabelisland

Disebut juga dengan gangan, sop asal Bangka Belitung ini terbuat dari ikan laut yang dipadu dengan sayuran seperti tomat dan juga ditambah nanas. Citarasa yang timbul adalah gurih, pedas, dan juga asam.

Sop Tunjang, Pekanbaru

Sop Tunjang, Via Instagram krisrastaa
Sop Tunjang, Via Instagram krisrastaa

Sop yang tidak kalah terkenal adalah sop tunjang yang berasal dari Pekanbaru. Ini merupakan sop tulang kaki sapi muda yang dijsaikan dengan sayuran. Kuahnya memiliki warna bening tapi rasanya penuh dengan rempah.

Sop Timlo, Solo

Sop Timlo, Via Instagram arin_andika
Sop Timlo, Via Instagram arin_andika

Dari Solo ada sop timlo yang mengenyangkan. Biasanya dalam seporsi sop timlo akan ada irisan wortel, suwiran ayam, kembang tahu, jamur kuping, beberapa bahan lainnya lalu disiram dengan kaldu ayam.

Sop Galantin, Solo

Sop Galantin, Via Instagram kuliner.neng.solo
Sop Galantin, Via Instagram kuliner.neng.solo

Selain timlo, Solo juga memiliki sop lainnya yang tidak kalah lezat, namanya adalah sop galantin yang merupakan perpaduan antara daging dan juga sayuran yang lezat dan nikmat. Enak dimakan bersama nasi ataupun secara langsung.

Sop memang paling enak dikonsumsi saat cuaca sedang dingin ya. Tinggal slurp, tubuh jadi hangat dan tentu saja kenyang. Kira-kira sop apa lagi ya yang ada di daerahmu?

Advertisement
Tags
kuliner Indonesia sop asli Indonesia sop khas nusantara
Share