Bakso Semar, Kuliner Bandung yang Nikmatnya Tidak Tanggung-tanggung

Bakso merupakan masakan merakyat yang punya penggemar di segala daerah di Indonesia. Tak peduli sedang traveling ke manapun, kamu akan menemukan bakso sebagai salah satu kulinernya. Selama ini, bakso Malang selalu menjadi primadona karena terkenal enak. Namun, ada bakso yang jadi andalan kuliner Bandung. Di mana, sih?

Salah Satu Bakso Paling Enak di Bandung

Bakso Semar Bandung
Bakso Semar Bandung [image source]

Adalah Bakso Semar menjadi salah satu primadona kuliner Bandung. Sebelum membuka depot di Cihampelas, bakso ini berjualan di Jalan Semar. Namun, kini cabang di pusat kota Paris van Java lebih ramai dikunjungi. Yang menarik dari usaha yang sudah buka sejak tahun 1998 ini adalah macam-macam tambahannya. Bukan gorengan atau tahu, tapi setumpuk tulang rusuk akan menemani santapanmu.

Bakso Semar Bandung sudah banyak cabang
Bakso Semar Bandung sudah banyak cabang [image source]

Bakso Tulang yang Jadi Menu Andalan

Bakso Tulang [image source]

Bakso Tulang Rusuk menjadi menu andalan di sini. Tak tanggung-tanggung, kamu akan disuguhi mangkok dengan tulang rusuk yang melimpah. Pecinta tetelan wajib banget mencoba hidangan Bandung yang satu ini. Memang ada sensasi tersendiri saat menikmati tulang dengan daging-daging tipis yang menempel, apalagi disiram  kuah gurih yang menambah lezat. Selain itu, bakso urat di Kedai Semar juga menjadi juara. Dagingnya langsung terasa sejak gigitan pertama.

Nikmatnya Bakso Semar Bandung
Nikmatnya Bakso Semar Bandung [image source]

Sudah Buka Banyak Cabang

Ada mie di Bakso Semar Bandung
Ada mie di Bakso Semar Bandung [image source]

Karena sudah menjadi kuliner populer sejak sekitar 20 tahun yang lalu, kini sudah ada 11 cabang yang akan memanjakan lidahmu. Serunya lagi, Bakso Semar buka selama 24 jam. Kini, tak perlu bingung harus ke mana saat tengah malam dan ngidam menyantap kuah hangat dan bola daging serta tulang rusuk yang sedap. Ada juga mie yamin yang bisa kamu cicipi di sini. Akses yang mudah dan parkir luas di cabang Cihampelas membuatnya paling ramai dibanjiri pelanggan.

Tulang Bakso Semar
Tulang Bakso Semar [image source]

Akomodasi Keren di Sekitarnya

Grandia Hotel Bandung
Grandia Hotel Bandung [image source]

Saat traveling ke Tanah Pasundan ini, daerah Cihampelas adalah pilihan yang tepat untuk menginap. Daerah ini merupakan pusat perbelanjaan yang akan membuatmu betah dan tak ingin pulang. Tak sampai 100 meter dari Bakso Semar, ada Grandia Hotel yang siap membuat istirahatmu terjamin kenyamanannya. Ada juga The Luxton di Jl. Ir H. Juanda yang bisa ditempuh dengan kendaraan selama 5 menit perjalanan. Keduanya mematok harga di kisaran 500 ribu rupiah semalamnya. Dari hotel, kamu bisa jalan kaki dan menikmati jajanan Bandung dan juga toko-toko yang ada di sekitar.

The Luxton Bandung
The Luxton Bandung [image source]

Kuliner Wajib Coba

Gudang Sate Sawunggaling
Gudang Sate Sawunggaling [image source]

Jalan sore-sore sambil menikmati suasana kota yang dipimpin Ridwan Kamil bisa menjadi kegiatan yang seru. Berjalan selama 6 menit dari The Luxton menuju Jl. Sawunggaling, ada Gudang Sate yang menyuguhkan banyak macam tusukan makanan yang sangat menggoda. Rata-rata per tusuknya hanya 6 ribu rupiah. Awas kalap,ya. Yang baru dan sedang hits adalah Chagiya Cafe, Seoul kecil ini juga berada di jalan yang sama, lho. Rugi kalau tak mampir.

Chagiya Cafe [image source]

Bakso Semar Bandung

Lokasi beberapa cabang:

Jl. Semar (daerah Pasir Kaliki – gang buntu) Bandung
Jl. Cihampelas No. 47 Bandung
Jl. Veteran No. 71 Bandung
Jl. Pungkur (Dekat ITC Keb Kelapa) Bandung

Wah, menyempatkan diri liburan ke Bandung sebelum kembali ke kampus atau kantor sepertinya seru juga, ya. Sudah ada banyak tempat nih yang harus dikunjungi.

Tags
kuliner kuliner bandung wisata bandung
Share