Kulineran Bakso Pikul Pak Gino, Menu Makan Malam di Jogja

Liburan ke Jogja selalu memberikan kesan yang mendalam bagi wisatawan. Apalagi ketika berbicara kuliner. Tak hanya enak, porsinya banyak harganya juga terjangkau. Seperti Bakso Pikul Pak Gino yang bisa dijadikan menu malam spesial. Apa keunikan dari bakso ini? Benarkah dipikul keliling Jogja seperti namanya?

Jualan Keliling Selama 45 Tahun

Pak Gino, penjual bakso keliling
Pak Gino, penjual bakso keliling via instagram/@gilamakanjogja

Sugino Kamtomiharjo, itulah nama dari bapak-bapak yang berjualan bakso pikul ini. Sapaannya Pak Gino dan telah berjualan bakso sejak tahun 1975. Tak menetap di satu tempat, Pak Gino awalnya memikul jualannya keliling kota dengan berat mencapai 90 kg. Setiap harinya, beliau berangkat dari jam 4 sore dan pulang tengah malam. Namun, tahun 2006 penjual bakso pikul ini memutuskan untuk tidak lagi jualan keliling kota.

Buka Warung Kecil di Trotoar Jalan

Seporsi Bakso Pak Gino
Seporsi Bakso Pak Gino via instagram/@jogjacarimakan

Pak Gino membuka warung kecil di Jalan AM Sangaji No. 55 A, Jogja. Tempatnya memang kecil dan sederhana, tapi pembeli yang datang tak pernah berkurang. Ramai apalagi menjelang makan malam. Hingga saat ini, Pak Gino berjualan mulai dari jam 11 siang dan tutup pukul setengah 9. Bisa jadi rekomendasi menu makan malam bukan?

Porsi Sederhana tapi Melimpah

Bakso pikul enak di Jogja
Bakso pikul enak di Jogja via instagram/streetfoodstories

Kepopuleran warung bakso ini tidak hanya datang dari embel-embel pikul. Namun, juga kelezatan dari kuah beningnya. Belum lagi isian yang melimpah ruang. Seporsinya terdiri dari mie kuning, bakso, bakso goreng, tetelan sapi, tahu, bihun, dan koyor. Jumlah per jenisnya juga banyak yang bikin kenyang seketika. Komplit banget dengan potongan sawi yang rasanya nendang banget.

Harga yang Ramah Kantong

harga bakso yang murah meriah
harga bakso yang murah meriah via instagram/@javafoodie

Porsi banyak ternyata tidak membuat harga bakso Pak Gino mahal. Bahkan, bisa dibilang murah meriah. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsinya hanya Rp8.000. Itupun sudah porsi komplit. Tak heran jika warung ini ramai. Konon, seharinya Pak Gino bisa menjual 200 mangkuk. Bisa dibayangkan berapa penghasilan dari pria asal Sukoharjo ini?

Nah, makin banyak kan rekomendasi kuliner malam di Jogja? Bagaimana, tertarik untuk mencoba Bakso Pikul Pak Gino kan? Jangan lupa ajak teman saat mampir ke warung ini ya!

Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja Yogyakarta
Share