Bakso Pak Kus di Surabaya yang Telah Melegenda, Buka dari Tahun 1968

Advertisement

Jika berbicara masalah bakso, Malang memang memiliki banyak sekali tempat yang diunggulkan. Meskipun begitu, tak berarti kota lainnya tidak memiliki bakso yang nikmat. Contohnya saja Surabaya, kota tetangga Malang yang menawarkan beragam kuliner nikmat. Salah satu bakso yang legendaris adalah Bakso Pak Kus. Seenak apa, ya?

Sudah Ada Sejak Tahun 1968

Bakso Pak Kus yang melegenda, via Instagram/amazingindonesiafood
Bakso Pak Kus yang melegenda, via Instagram/amazingindonesiafood

Dalam buku Waroeng Legendaris Soerabaja: 60 Tempat Makan Legendaris di Kota Surabaya (2009), Bakso Pak Kus ini disebutkan telah ada sejak tahun 1968. Tempat makan di Surabaya ini dirintis oleh almarhum H. Achmad Kusnadi atau yang dipanggil Pak Kusnadi saja. Beliau wafat pada tahun 1999 dan kemudian diteruskan oleh Hj. Siti Khadijah Djuwarsih yang merupakan istri (alm) Pak Kus. Sekarang ini telah diteruskan oleh anak-anak Pak Kus.

Keunikan yang Dimilik Bakso Pak Kus

Bisa campur iga, via Instagram/sbykulinerinfo
Bisa campur iga, via Instagram/sbykulinerinfo

Tentu kamu bertanya-tanya hal apakah yang membuat Bakso Pak Kus ini begitu digilai. Cita rasanya nikmat, rasa dagingnya juga begitu kerasa, plus teksturnya empuk. Ada satu hal yang membedakan Bakso Kus dengan yang lainnya, jika kebanyakan memiliki bentuk bulat, tidak dengan di sini. Bakso Pak Kus memiliki bentuk kotak kecil-kecil, unik sekali bukan?

Pusatnya Sederhana Namun Cabang Dimana-mana

Bakso campur, via Instagram/baksoclubid
Bakso campur, via Instagram/baksoclubid

Tempatnya memang sederhana dan termasuk semi permanen lantaran memanfaatkan tenda. Meskipun begitu, cabangnya sudah ada di mana-mana, termasuk mall-mall ternama. Jadi mulai sekarang jangan menyepelekan warung-warung pinggir jalan ya, siapa tahu saja sudah memiliki banyak cabang.

Rekomended buat dicoba, via Instagram/sbykulinerinfo
Rekomended buat dicoba, via Instagram/sbykulinerinfo

Lokasi Bakso Kus berada di Jl. Residen Sudirman, Surabaya, di seberang Kristus Raja. Bukanya mulai dari jam12:00 hingga 21:00 WIB, kecuali Jumat. Harganya cukup terjangkau jika ini merupakan kuliner legendaris. Bakso campur hanya Rp20.000. Sementara itu untuk bakso campur ditambah dengan tetelan Rp27.000. Harga gorengannya, Rp2.500 per biji.

Dikunjungi Banyak Artis Ibu Kota

Cak Lontong di Bakso Pak Kus, via Instagram/baksoclubid
Cak Lontong di Bakso Pak Kus, via Instagram/baksoclubid

Selain masyarakat setempat, tempat makan di Surabaya ini memang jadi jujukan para traveler. Tidak terkecuali dengan para artis Ibu Kota. Misalnya saja Cak Lontong sampai dengan Surya Saputra. Dengan namanya yang begitu populer, tidak salah jika kuliner Surabaya ini didatangi oleh pelanggan dari berbagai kalangan.

Jalan-jalan ke Surabaya? Jangan lupa untuk mampir ke Bakso Pak Kus ini. Bisa sedikit mengganjal perut yang tengah kelaparan.

Advertisement
Tags
bakso pak kus Indonesia Jawa Timur kuliner Surabaya
Share