Bakso Lombok Uleg Pak Di, Sensasi Kulineran yang Tak Biasa

Pada umumnya bakso dicampur dengan mie, tahu ataupun sawi supaya lebih memanjakan lidah dan mengenyangkan. Namun di Jogja ada salah satu warung yang menawarkan bakso dengan variasi berbeda. Namanya adalah Bakso Lombok Uleg Pak Di. Lantas, seperti apa bakso satu ini? Simak dulu yuk ulasannya.

Lokasi Warung Bakso

bakso lombok uleg
Bagian depan warung (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Bakso yang berasal dari Temanggung ini sudah cukup lama malang melintang di Jogja, yakni sekitar 14 tahun. Tercatat ada 4 warung yang tersebar, yakni di Jalan Godean, Jalan Kaliurang, Cebongan dan Jalan Bantul.

Warung Godean merupakan pusatnya yang di-handle langsung oleh adik Sang Owner. Tempat-tempatnya mudah dijangkau dengan lokasi yang bisa ditelusuri dengan Maps. Warung ini buka antara jam 09.00 hingga 21.00 WIB.      

Lombok Uleg yang Jadi Ciri Khasnya

bakso lombok uleg
Lombok yang langsung di-uleg di mangkok (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Keunikan dari bakso ini adalah kehadiran lombok ulegnya. Lombok atau cabai yang digunakan adalah lombok hijau. Setelah memesan bakso, pengunjung akan ditawari berapa lombok yang diinginkan. Teman Traveler bebas menentukan berapapun cabainya karena tidak ada batas maksimal.

Setelah itu, lombok diuleg langsung di mangkok baksonya sebelum akhirnya ditambahkan bahan-bahan lainnya. Di warung cabang Jalan Kaliurang ini, diakui oleh pegawainya bahwa rekor tertinggi yang pernah di-request oleh pembeli adalah 30 lombok. Apa Teman Traveler sanggup memecahkan rekor ini?    

Komposisi yang Unik

bakso lombok uleg
Ketupat dan bakso jadi bahan utama (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Kalau biasanya bakso menggunakan mie sebagai pelengkap, lain halnya dengan Bakso Lombok Uleg ini. Bakso disajikan dengan ketupat. Untuk bahan lainnya masih sama dengan bakso pada umumnya, seperti tahu, seledri dan beberapa tetelan sapi. Selanjutnya kuah bening khas aroma kaldu disiram ke bahan-bahan dengan taburan bawang goreng sebagai sentuhan terakhir.    

Rasanya Sangat Lezat

20191014_161319_01_3200x2400_aD2.jpeg
Satu porsi bakso komplit (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Bakso disajikan dengan tampilan yang menggugah selera. Ketupatnya begitu lembut dan gurih, sehingga cocok disantap dengan bakso yang memiliki tekstur agak kenyal. Sementara untuk kuahnya cenderung gurih. Selain itu, pedas dari lomboknya begitu nampol. Benar-benar segar dan bisa bikin mata melek. Kalau kalian merasa kepedasan, bisa tambahkan kecap ke dalamnya.

bakso lombok uleg
Ketupatnya lembut dan gurih (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Tersedia Beberapa Varian Menu

20191014_161528_01_3200x2400_HYq.jpeg
Bakso, kecap dan minuman (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Di sini tersedia 5 macam menu yang ditawarkan. Yakni bakso kuah, bakso kupat, bakso tahu, bakso nasi dan bakso komplit. Jika Teman Traveler ingin lebih puas, coba untuk memesan menu bakso komplit. Semua harga menu bakso dipatok dengan harga Rp14.000. Untuk minumannya tak kalah beragam. Ada jeruk, teh dan aneka jus buah dengan harga mulai Rp3.000 saja yang bisa meredam rasa pedas nampol bakso lombok uleg ini.  

Teman Traveler yang berada di Jogja dan penasaran dengan rasanya, bisa langsung sambangi ke warung Bakso Lombok Uleg Pak Di yang terdekat dengan kalian. Dijamin kuliner Jogja satu ini tidak akan mengecewakan kalian semua. Jadi, kapan mau berkunjung ke sini?

Tags
Bakso Lombok Uleg Pak DI Indonesia kontributor kuliner
Share