5 Angkutan Umum Terunik di Berbagai Negara

Setiap negara memiliki kendaraan khasnya masing-masing. Digunakan sebagai moda transportasi utama untuk beraktivitas sejak dahulu hingga sekarang atau sebagai penarik wisatawan saja. Terkadang, kendaraan ini memiliki keunikan bentuk yang hanya ada di negara tersebut. Penasaran kendaraan unik seperti apa? Yuk simak ulasan berikut.

1. Tuk-Tuk, Thailand

Tuk-tuk Thailand via Shutterstock

Kendaraan yang populer di Negera Gajah Putih ini seperti ojek online di Indonesia, kegunaannya tidak hanya sebagai moda transportasi tetapi juga pengangkut barang. Sekitar 20.000 ribu unit tuk-tuk tercatat sebagai taxi di Thailand.

Di Bangkok diantaranya ada 9.000 unit, desain dari setiap tuk-tuk sendiri unik dan beragam, memiliki moncong yang berbentuk seperti kodok. Jangan lupa mencoba mengendarainya ya saat ke Thailand.

2. Jinrikisha, Jepang

Jinrikisha via Shutterstock

Kendaraan becak tradisional Jepang ini dikatakan sebagai pelopor kendaraan serupa di Asia. Menjadi moda transportasi utama hingga sekitar tahun 1940-an. Namun, Teman Traveler bisa menjumpai Jinrikisha di tempat-tempat wisata seperti Kuil Asakusa di Tokyo dan Arashiyama di Kyoto.

Uniknya pengemudi berada di depan menarik pegangan becak dengan tangannya, sedangkan penumpang di belakang. Penarik Jinrikisha bisa menjadi tour guide, bahkan mereka bisa bahasa Indonesia lho!

3. Tukxi, Italia

Tukxi Italia via Shutterstock

Dirancang oleh pencipta vespa Corradino D’ascanio dan pertama kali dipoduksi oleh perusahaan Piaggio pada 1948. Tukxi ini bukan moda transportasi utama di Itali, namun cukup dikenal sebagai penarik wisatawan. Desainnya elegan dengan kursi empuk yang nyaman untuk keliling kota.

4. Vélotaxis, Perancis

Vélotaxis Perancis via Shutterstock

Teman Traveler yang berada di Paris khususnya Menara Eiffel bisa mencoba Vélotaxis untuk berkeliling kota. Hampir sama dengan Tukxi, tetapi uniknya Vélotaxis ini bisa menggunakan mesin atau dikayuh manual seperti sepeda oleh pengemudinya.

5. Coco Taxi, Kuba

Coco Taxi via Shutterstock

Moda Transportasi umum di Kuba ini disebut coco taxi, bentuknya yang unik, gemas dan kecil berbentuk bulat ini hanya bisa muat dua atau tiga orang saja. Walaupun begitu sangat murah daripada taxi biasa dan tentunya sangat populer di kalangan wisatawan.

Demikian ulasan kendaraan unik di berbagai negara yang masih digunakan sebagai moda transportasi dan penarik wisatawan. Jangan lupa untuk mencobanya saat berkunjung ke negara-negara di atas ya, Teman Traveler.

Tags
Luar negeri Moda Transportasi wisata luar negeri
Share