Bakso Kraton Malang, Nikmatnya Bikin Liburan Tambah Komplet

Siapa tidak kenal kuliner bakso? Makanan yang sudah jadi ikon Indonesia ini banyak ditemukan di Malang. Saking menjamurnya, tak sedikit yang bilang nggak lengkap main ke Kota Bunga tanpa menikmati baksonya. Nah, salah satu yang cukup recommended adalah Bakso Kraton Malang.

Penjual bakso sedang bersiap melayani pengunjung (c) Marmur/Travelingyuk

Bakso Kraton termasuk antimainstream karena cukup jarang diulas. Meski begitu, kelezatan rasanya patut kalian coba Teman Traveler, apalagi jika kalian mengaku pecinta bakso. Penasaran? Yuk, simak pengalaman saya bersantap di sini.

Dekat Dengan Bandara

Suasana di dalam restoran (c) Marmur/Travelingyuk

Tadinya Bakso Kraton hanya punya satu outlet, namun baru-baru ini mereka membuka cabang anyar di Rest Area Tol Singosari. Sementara itu, kedai utamanya ada di Jalan Pakis Kembar, dekat Bandara Abdul Rachman Saleh. Lokasinya memang bukan di tengah kota, tapi sangat worth it buat dicoba kok.

Parkirnya cukup luas. Teman Traveler tak perlu khawatir jika ingin menumpang mobil karena tempatnya lumayan gede. Lokasi kedai bakso ini juga gampang dicari karena persis di pinggir jalan besar. Jika bingung, kalian bisa gunakan panduan dari Google Maps atau tanya warga sekitar.

Nikmatnya Bakso Iga

Bakso Iga nikmat ini pantang dilewatkan (c) Marmur/Travelingyuk

Bakso Iga merupakan salah satu menu yang wajib Teman Traveler coba. Satu saja sudah kenyang, tapi kalian juga bisa menambah menu lain seperti tahu, siomay, gorengan, mie, maupun sayur. Kenapa wajib dipesan? Rasanya daging banget!

Berbeda dengan bakso iga yang biasanya hanya berupa bakso dan dikasih potongan iga terpisah. Di Bakso Kraton, potongan iganya dimasukkan dalam adonan bakso. Dagingnya empuk dan bumbunya terasa banget. Kuahnya apalagi. Ingin nambah kuah atau bawang goreng? Boleh kok.

Menu Baksonya Beragam

Pilihan menu beragam (c) Marmur/Travelingyuk

Teman Traveler yang tidak ingin terlalu kenyang bisa pilih menu lain. Sesuaikan saja dengan selera. Selain Bakso Beranak, ada juga Bakso Campur, Bakso Kecil, Bakso Puyuh, atau Bakso Pedas. Nambah lontong juga boleh.

Jangan salah lho ya, meski namanya Bakso Beranak, di sini nggak asal adonan tepung dan dikasih isian bakso. Menurit saya Bakso Kraton niat banget karena isinya benar-benar bakso urat. Wow.

Buka Tiap Hari

Antrean pembeli (c) Marmur/Travelingyuk

Teman Traveler pastikan berkunjung sesuai jam buka mereka ya. Jangan sampai sudah jauh-jauh datang dari luar kota, eh begitu sampai outlet-nya tutup. Bakso Kraton buka tiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 21.00. Jangan khawatir, kedai mereka sangat luas. Meski harus antre, kalian tak perlu risau kehabisan tempat makan.

Oh ya, jika ingin lebih lowong, Teman Traveler sebaiknya jangan datang saat weekday. Bakso Kraton biasanya sangat ramai saat liburan dan akhir pekan.

Lebih Nikmat Dimakan di Tempat

Nikmatnya bakso iga (c) Marmur/Travelingyuk

Teman Traveler sebaiknya sempatkan makan di kedai mereka sebelum beli untuk dibawa pulang. Menurut saya, bakso ini bakal lebih nikmat ketika disantap langsung.

Masih panas, langsung dari panci (c) Marmur/Travelingyuk

Selain karena masih panas, Teman Traveler juga bisa nambah menu sepuasnya lho. Jika beruntung, kalian bakal dapat tetelan daging atau potongan tulang sumsum. Paduan rasa kaldunya juga ‘endes’ banget.

Harganya Terjangkau

Daftar menu di Bakso Kraton (c) Marmur/Travelingyuk

Meskipun kualitas baksonya jempolan, ternyata harga menu di sini tak bikin kantong jebol. Teman Traveler bisa menyantap sajian nikmat ini hanya dengan bermodal mulai Rp12.000 saja, bahkan kurang dari itu. Tinggal pilih menu sendiri sesuai selera. Murah bukan?

Pilih sendiri menunya (c) Marmur/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya bersantap di Bakso Kraton Malang. Jika lain kalia Teman Traveler sedang liburan di Kota Bunga, jangan lupa sempatkan mampir ke sini ya. Buktikan sendiri kelezatan kuahnya!

Tags
kontributor kuliner malang Malang Travelingyuk
Share