Selain Lontong Balap, Surabaya Juga Punya Bakso Kerikil Enak

Advertisement

Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki kuliner melimpah. Tak hanya Lontong Balap yang menggugah selera, bakso di sini juga bermacam-macam. Ada yang berisi keju hingga mercon dan juga berbentuk unik. Seperti di Warung Pak Jalil berikut ini.

Bola Daging Imut yang Melimpah

Bakso Pak Jalil kecil dan imut
Bakso Pak Jalil kecil dan imut [image source]
Sudah biasa dengan bola daging ukuran jumbo seperti Bakso Klenger di Jogja? Kamu pasti bakalan merasakan sensasi berbeda saat mencoba makan di Warung Pak Jalil. Terkenal dengan ukurannya yang kecil-kecil, beberapa pelanggan menyebutnya dengan panggilan bakso kerikil.

Bakso Pak Jalil kecil-kecil
Bakso Pak Jalil kecil-kecil [image source]

Warung Tenda yang Legendaris di Surabaya

Bakso Pinggir Jalan yang Istimewa
Bakso Pinggir Jalan yang Istimewa [image source]
Bakso Pak Jalil tak hanya menggoda dengan bentuk bola dagingnya yang imut. Namun, ternyata kuliner ini sudah terkenal legendaris di mata pecinta kuliner. Hal ini tidal lain karena Pak Jalil sudah berjualan sejak 1981 di Jalan Embong Wungu. Baru beberapa tahun ini pindah lokasi di Jl. Taman Apsari No. 25 Embong Kaliasin.

Warung Tenda Pak Jalil
Warung Tenda Pak Jalil [image source]

Bakso dengan Kuah Kaldu yang Menggugah Selera

Seporsi Bakso Pak Jalil Surabaya
Seporsi Bakso Pak Jalil Surabaya [image source]
Seporsi bakso di warung Pak Jalil ini termasuk sederhana tapi sangatlah istimewa. Berisikan 15 bola daging halus serta kasar, soun, tahu goreng dan disiram dengan kuah kaldu super lezat. Makin lengkap lagi dengan taburan bawang goreng, daun bawang serta perasan jeruk nipis.

Seporsi Bakso Pak Jalil
Seporsi Bakso Pak Jalil [image source]

Gorengan Crunchy yang Jadi Andalan

Gorengan crunchy di Warung Bakso Pak Jalil
Gorengan crunchy di Warung Bakso Pak Jalil [image source]
Bukan hanya bola daging, andalan Bakso Pak Jalil juga ada pada gorengannya. Seporsinya berisi 7 buah, kamu bisa mencocol dengan sambal kecap tanpa dicelup ke kuah. Rasanya crunchy dan bisa dicampur dengan kuah. Makin ngiler? Kamu bisa datang saat jam makan siang. Meski antreannya panjang, Pak Jalil siap menyajikan hidangannya dengan cepat dan sigap.

Gorengan crunchy di Warung Pak Jalil
Gorengan crunchy di Warung Pak Jalil [image source]
Selain berburu kuliner enak di sini, kamu juga bisa berkunjung ke cagar budaya Arca Joko Dolog yang merupakan peninggalan jaman kerajaan Singosari. Letaknya tak jauh dari warung Pak Jalil dan tentunya dapat membuat pengetahuan sejarah makin luas. Jadi, kapan nih liburan ke Surabaya?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner Surabaya
Share