Bakso Comberan di Depok, Nama Menjijikkan Rasa Bikin Penasaran

Bakso selama ini kebanyakan disajikan dengan kuah bening yang memiliki citarasa gurih. Untuk kuah bakso memang kebanyakan disajikan serupa, tak banyak variasi. Lain halnya dengan bentuk bakso, beragam sekali jumlahnya. Ada yang berbentuk tumpeng, beranak, granat dan masih banyak lagi yang lainnya. Kali ini yang dibahas bukan bentuknya, melainkan kuahnya. Inilah yang ditawarkan oleh bakso milik Pak Bewok yang bernama bakso comberan.

Mendengar nama comberan tentu saja akan membuat kita membayangkan hal-hal kotor, memiliki warna gelap dan berbau tidak sedap ya? Tapi bakso comberan ini hanya penamaan saja lantaran memang sekilas memiliki warna keruh yang mirip comberan. Mari kita ulas lebih dalam mengenai bakso comberan ini.

Bakso Pak Bewok Sudah Buka Sejak 1995

Tampilannya memang sangat padat, Via Instagram arif820116
Tampilannya memang sangat padat, Via Instagram arif820116

Bakso Pak Bewok sudah mulai beroperasi sejak tahun 1995 yang lalu. Tapi, baru tahun 2000 yang lalu menggunakan keluak sebagai kuahnya. Sehingga, bakso yang sebelumnya tampil biasa di sini menjadi memiliki kuah hitam. Satu hal lagi, isiannya juga tidak seperti yang lainnnya. Isiannya mulai dari tulang ayam, kerongkongan, ceker, sayap dan masih banyak lagi yang lainnya. Ditambah lagi dengan bawang goreng yang melimpah serta irisan seledri, membuat penampilannya makin meriah.

Disebut Juga dengan Bakso Sampah

Namanya tak biasa namun rasanya istimewa, Via Instagram toekangkulineran
Namanya tak biasa namun rasanya istimewa, Via Instagram toekangkulineran

Karena penampakannya yang terlihat kotor dan penuh dengan tulang, sekilas bakso ini seperti sampah. Maka dari itulah bakso ini selain disebut sebagai bakso comberan, juga dipanggil bakso sampah. Wananya juga hitam pekat, sehingga tidak ada yang menyalahkan jika bakso ini diberi julukan bermacam-macam. Tapi, rasanya sangat lezat, tidak heran jika banyak pelanggan luar kota yang sengaja jauh-jauh datang untuk mencicipinya.

Lokasi Bakso Comberan

Siapa yang tertarik, Via Instagram juliushdepok
Siapa yang tertarik, Via Instagram juliushdepok

Bakso Comberan Pak Bewok ini berlokasi di Jl. Walet, Beji, Depok, Jawa Barat. Tepatnya di depan pintu masuk Universitas Indonesia (UI). Lokasinya berada di pinggir jalan pemukiman penduduk dan dijuluki sebagai Bakso Bewok atau bakso comberan. Penamaan tersebut juga lantaran pemiliknya memiliki bewok. Jam operasional bakso ini adalah pukul 09:00 WIB sampai 20:00 WIB. Tapi, khusus hari Jumat, hanya sampai jam 14:00 WIB saja.

Harga Bakso Comberan

Penuh dengan tulang belulang, Via Instagram putriannisa89
Penuh dengan tulang belulang, Via Instagram putriannisa89

Meskipun isiannya banyak dan rasanya juga enak, ternyata bakso comberan ini memiliki harga yang sangat murah meriah, dan ramah di kantong. Saat artikel ini dibuat, seporsi bakso dihargai Rp12.000 saja. Sementara itu jika ingin tambah ayam akan dikenai biaya tambahan Rp8.000 saja. Dan itu akan sudah mengenyangkanmu.

Buat kamu pecinta kuliner bakso, disarankan buat mencobanya saat bekunjung ke Depok ya. Sensasi rasanya akan cukup berbeda dari bakso biasanya. Sensasi gigit-gigit tulang yang membuatmu makin senang.

Tags
bakso comberan Depok Indonesia Jawa Barat
Share