Bakso Unik dari Bentuk Tumpeng Hingga Kuburan, Bikin Ngiler!

Bakso, kuliner ‘sejuta umat’ yang sangat mudah ditemukan di mana saja. Isinya tak hanya daging, tapi juga telur, kurma, jamur, ati, keju, cabai, hingga cokelat. Rasanya makin nikmat dengan kuah panas yang menggugah selera. Selain isinya, bentuknya juga beragam. Ada yang mirip tumpeng bahkan kuburan mantan. Penasaran kan bakso unik yang hits banget sepanjang tahun 2017 ini? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Bakso Klenger, Daging Seukuran Bola Basket

Ukuran Bakso Klenger
Ukuran Bakso Klenger [image source]
Bola daging berukuran jumbo memang populer. Begitu juga dengan kedai Bakso Klenger Ratu Sari yang terletak di Jalan Wahid Hasyim No296, Nologaten, Sleman. Ukuran bakso di sini menyerupai bola basket dengan berat sampai 20 kg. Meski sangat besar, rasanya tetap sedap hingga bagian terdalam. Sementara kuahnya gurih dan nikmat disantap bareng sahabat.

Seporsi bakso klenger yang bikin kenyang seharian
Seporsi bakso klenger yang bikin kenyang seharian [image source]

2. Bakso ‘Ekstrem’ Berbentuk Buaya

Bakso Rusuk Joss Bekasi
Bakso Rusuk Joss Bekasi [image source]
Jangan khawatir, kuliner yang berasal dari Bekasi ini tidak mengandung olahan buaya. Hanya bentuknya saja yang dibuat mirip dengan predator tersebut. Rasanya kenyal dan gurih di setiap potongan. Nikmatnya lagi jika disantap dengan kuah hangat yang menggugah selera. Untuk mendapat kuliner ini kamu langsung berkunjung ke Bakso Rusuk Joss, di Jl. Mustika Jaya, Bekasi Timur.

Bakso Rusuk Joss
Bakso Rusuk Joss [image source]

3. Gurihnya Bakso Kuburan Mantan yang Tak Seseram Namanya

Bakso Kuburan Mantan Pedas
Bakso Kuburan Mantan Pedas [image source]
Bukan seram, tapi nama bakso satu ini unik. Begitu pula dengan bentuknya yang mirip dengan kuburan. Terbuat dari daging, di dalam bakso ini terdapat sosis rasa sapi serta telur puyuh. Sementara di atasnya ada taburan daging cincang, seledri, dan bawang sebagai toppingnya. Yang membuat kuliner ini makin lezat adalah kuahnya. Disajikan di mangkuk terpisah, kuah kaldu tersebut dilengkapi dengan toge, sayur, mie, dan bihun. Mau? Datang saja ke Kedai D’Bakso di Jl. Pajagalan No. 49, Nyomplong, Warudoyong, Sukabumi.

Kuliner baru, Bakso Kuburan Mantan
Kuliner baru, Bakso Kuburan Mantan [image source]

4. Bakso Panjang Sleman yang Bikin Ketagihan

Bakso Panjang Tresno Roso Sleman
Bakso Panjang Tresno Roso Sleman [image source]
Kuliner Bakso tak hanya berbentuk bulat, ada juga yang panjang. Seperti di Bakso Panjang & Mie Ayam Tresno Roso Sleman, dengan daging lezat yang berbentuk seperti sosis besar. Bukan disajikan utuh, hidangan tersebut dipotong spiral untuk memudahkan pelanggan saat menyantap. Rasanya pun nikmat, apalagi disiram kuah panas. Aroma kaldu pun bakal membuatmu ngiler seketika.

Bakso Panjang Tresno Roso
Bakso Panjang Tresno Roso [image source]

5. Bakso Lezat Kembaran Nasi Tumpeng

Bakso Tumpeng Jogja
Bakso Tumpeng Jogja [image source]
Sudah biasa menemukan nasi kuning berbentuk kerucut? Kamu bisa menemukan bakso dengan bentuk serupa. Namanya Bakso Tumpeng yang bisa kamu temukan di Lesehan Mbanyu Mili, Imogiri, Bantul, Jogja. Kuliner ini disajikan bersama dengan kuah sedap. Dilengkapi dengan mie kuning, potongan tahu goreng, dan juga taburan seledri, bawang goreng, rasa daging di bakso ini gurih dan kenyal. Beli seporsi, kenyangnya bakal seharian.

Bakso Tumpeng Imogiri
Bakso Tumpeng Imogiri [image source]

6. Bola Daging Berbentuk Balon

Bakso Balon Bandar Lampung
Bakso Balon Bandar Lampung [image source]
Setelah bentuk bola tenis dan basket, ada satu lagi varian bakso yang pasti bakal membuatnya ngiler. Namanya Bakso Balon yang terletak di Jl. Basuki Rahmat No. 60, Lampung. Isiannya lengkap, ada pentol kecil serta daging cincang yang dimasak gurih manis. Sementara kuahnya disajikan terpisah bersama dengan mie kuning. Tergoda? Yuk, mampir ke Kedai Bakso dan Mie 60 ini.

Enaknya Bakso Balon
Enaknya Bakso Balon [image source]
Sudah pernah coba kuliner bakso dengan beragam bentuk di atas? Bagaimana dengan kotamu, ada bakso yang lebih unik?

Tags
Bogor Indonesia Jawa Barat Jogja kuliner Lampung Sleman Sukabumi Yogyakarta
Share