Bakmi Ketoprak, Kuliner Solo Enak yang Sayang untuk Ditolak

Advertisement

Berkunjung ke Solo kurang lengkap jika tidak sekalian mencoba sajian kulinernya yang menggoda lidah. Kampung halaman Presiden Joko Widodo ini terkenal dengan makanan khas yang tidak boleh dilewatkan sedikit pun. Bahkan, setiap pelosok pun ada citarasa nendang dan bikin ketagihan. Salah satunya Bakmi Ketoprak. Seperti apa rasanya? Yuk, simak penuturan Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara berikut ini.

Kuliner Enak dengan Kuah Kaldu Istimewa

Bakmi ketoprak
Bakmi enak di Solo (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Mie ketoprak merupakan sajian kuliner yang tak boleh dilewatkan ketika liburan di Solo. Makanan ini hampir sama dengan ketoprak yang berasal dari Jakarta. Hanya saja, mie ketoprak atau toprak di sini menggunakan kuah kaldu sapi. Sedangkan Ketoprak Jakarta menggunakan sambal kacang dan serupa dengan gado-gado.

Selain kuah kaldu sapi, kuliner ini berisikan mie kuning. Kemudian, ada irisan tempe dan tahu goreng, kubis, kacang tanah goreng dan tauge. Untuk tempe dan tahu diiris kotak. Ditambah dengan cabai rawit merah serta jeruk nipis. Sehingga, rasa gurih dan sedikit asam akan tercipta di hidangan ini.

Sejarah Bakmi Spesial Solo

Bakmi ketoprak dengan kuah kaldu
Bakmi ketoprak dengan kuah kaldu (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Selain kuah kaldu, hidangan khas Solo ini juga menarik karena hadirnya daging koyor yang membuat rasanya makin menggiurkan. Koyor atau tetelan tersebut dijadikan bahan penting. Biasanya juga dijadikan sebagai tambahan kuah.

Sedikit sejarah tentang makanan berhubungan erat dengan makanan khas acara-acara besar seperti lebaran. Selain itu, menu ini jadi jamuan di keraton Jawa saat ada pertunjukan ketoprak. Karena itu, namanya dikenal dengan bakmi ketoprak. Sayangnya, hidangan ini kini makin susah untuk dicari.

Tempat Makan yang Paling Diidolakan

Rasa yang gurih dan nikmat
Rasa yang gurih dan nikmat (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Bakmi Ketoprak menjadi salah satu sajian wajib bagi para abdi keraton dalam menghadapi acara besar atau tamu undangan keraton. Citarasanya selalu dinantikan bagi siapapun yang berkunjung. Untuk menambah kelezatannya,  biasanya kuliner ini dimakan dengan menggunakan emping atau juga kerupuk. Makin penasaran dengan rasanya? Teman Traveler bisa menikmatinya di Warung Makan Es Masuk. Menu ini tidak disajikan dalam mangkuk, melainkan piring. Unik banget kan?

Harga Murah dan Merakyat

Berbeda dengan ketoprak dari jakarta
Berbeda dengan ketoprak dari jakarta (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Es Masuk terletak di daerah Gajahan. Lebih tepatnya berada di Jalan Reksoniten no. 43 B, Gajahan, Pasar Kliwon, Solo. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini, karena rasa bakmi topraknya. Namun, tidak sedikit yang menjajal kuliner lain yang ditawarkan. Untuk harganya, seporsi bakmi ketoprak hanya dibanderol sekitar Rp9.000. Murah bukan?

Penasaran dengan rasa dan kesegaran bakmi ketoprak? Teman Traveler bisa pergi ke Solo dan mampir ke Warung Makan Es Masuk. Jangan lupa untuk jajal kuliner Solo lain yang tak kalah nendang di lidah.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner Solo Solo Travelingyuk
Share