Bakmi Jawa Pak Geno, Kuliner Legendaris Jogja Langganan Presiden Soeharto

Advertisement

Di balik kesederhanaan, seringkali tersimpan kejutan tak terduga. Hal itulah yang bisa ditemui di Bakmi Jawa Pak Geno. Meski tempatnya jauh dari kesan mewah, kuliner legendaris ini ternyata sempat memikat Presiden Kedua Indonesia, Soeharto.

Citarasa kuahnya yang begitu khas konon membuat The Smiling General kerap menjadikan Bakmi Jawa Pak Geno langganan, setiap berkunjung ke Jogjakarta. Tak tanggung-tanggung, Sang Pemilik pun sempat diundang ke Istana untuk memanjakan lidah Soeharto dan para tamunya.

Tempat Kuliner Legendaris Sejak Tahun 1952

Bakmi Jawa Rebus Pak Geno, via Instagram/masclink_kulineran
Bakmi Jawa Rebus Pak Geno, via Instagram/masclink_kulineran

Bakmi legendaris ini dirintis oleh Pak Geno. Beliau meninggal di akhir tahun 1980-an dan usahanya lantas dilanjutkan oleh anak keduanya, Harjo Geno. Beberapa tahun berselang, adik-adik Harjo juga membuka usaha serupa dengan resep sama. Meski demikian, mereka mengusung keunikan masing-masing.

Bukan hanya Presiden Soeharto yang kepincut dengan rasa bakmi di Jogja ini. Keluarga Keraton Jogja juga disebut-sebut menjadi pelanggan setia Bakmi Jawa Pak Geno. Beberapa kali Sang Pemilik dipanggil ke keraton untuk memasak hidangan andalannya.

Menjaga Resep Warisan Hingga Sekarang

Penampakan bakmi goreng, via Instagram/zona.makanan
Penampakan bakmi goreng, via Instagram/zona.makanan

Citarasa Bakmi Jawa Pak Geno diklaim masih sama dengan era pendahulunya, lantaran resep yang digunakan juga sama. Ada tiga menu yang jadi unggulan, yakni bakmi rebus, bakmi goreng, dan bakmi magelangan. Tentu saja yang paling dicari dan jadi favorit banyak orang adalah bakmi rebus.

Salah satu ciri khas bakmi rebus Pak Geno adalah aromanya yang begitu kuat dan pekat. Kuahnya begitu kental, dengan citarasa gurih kaldu bercampur rempah. Satu lagi yang membuatnya makin istimewa, yakni penambahan telur bebek serta irisan ayam kampung. Tentunya bikin lidah bergoyang karena keenakan. Selain nikmat, telur bebek juga digadang-gadang bisa meningkatkan vitalitas pria.

Alamat Bakmi Jawa Pak Geno

Langganan berbagai kalangan, via Instagram/javafoodie
Langganan berbagai kalangan, via Instagram/javafoodie

Bakmi Jawa Pak Geno berlokasi di Jl. Parangtritis, tak jauh dari Pasar Prawirotaman atau sekitar 2 km saja dari Pojok Benteng Timur. Tempat makan ini setiap hari, mulai pukul 18:00 hingga tengah malam.

Teman Traveler yang datang ke sini wajib bersabar, karena hampir dipastikan bakal ada antrean panjang pembeli. Untuk harganya, seporsi bakmi di sini dipatok Rp20.000 saja. Tidak terlalu mahal untuk ukuran kuliner legendaris bukan?

Sederhana namun istimewa, via Instagram/efenerr
Sederhana namun istimewa, via Instagram/efenerr

Dengan demikian, bertambah lagi satu kuliner legendaris di Jogja yang bisa Teman Traveler cicipi kenikmatannya. Jangan salah ya, seporsi bakmi rebus di sini akan membuat kamu tergila-gila. Nggak percaya? Coba saja!

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner Jogja warung bakmi harjo geno warung bakmi pak geno
Share