Pilihan Bakmi Jawa di Solo, Hidangan Sederhana Rasa Bintang Lima

Solo merupakan salah satu dari banyak kota di tanah air yang masih mengandalkan kuliner tradisional. Bahkan, tidak sedikit tempat makan yang menyajikan menu istimewa dengan proses sederhana. Seperti bakmi jawa yang dimasa di atas tungku. Menariknya, warung dengan menu tersebut laris manis dan jadi jujukan. Seperti warung bakmi Jawa di Solo berikut ini.

1. Bakmi Bu Citro

Warung Bakmi Jawa Bu Citro
Warung Bakmi Jawa Bu Citro via instagram/@tammyfoods

Bicara warung bakmi jawa di Solo yang paling mencuri perhatian ada di Jalan Pulanggeni No. 40, Tipes. Namanya Warung Bakmi Jawa Bu Citro yang juga menggunakan tungku sebagai alat memasak. Tentunya bara api dari arang. Seporsi bakmi ini tidak hanya berisi mie, tapi juga ditambah dengan sayuran, suwiran ayam serta jeroan. Selain bakmi godhok atau goreng, ada menu lain yang tak kalah menggoda. Ada bihun, cap jay, hingga nasi goreng. Tambahan menunya juga beragam, seperti uritan, rempela ati, sayap, brutu, serta kepala.

2. Bakmi Jawa Padmosari

Seporsi mie jawa Padmosari
Seporsi mie jawa Padmosari via instagram/@solodelicious

Masih di Jalan Pulanggeni, ada warung bakmi lain yang rasanya tak kalah nendang. Namanya Bakmi Jawa Padmosari di Jalan Pulanggeni No. 4, Tipes. Baik godhok maupun goreng, bakmi iini dimasak menggunakan tungku arang. Aromanya bikin ngiler. Sementara rasanya nendang banget, apalagi ditambah lauk seperti telur, suwiran ayam, jeroan dan sedikit sayuran. Pastikan bersama orang tersayang ketika mampir ke sini.

3. Bakmi Pak Dul

Warung Bakmi Pak H. Dul
Warung Bakmi Pak H. Dul via instagram/@sbykulinerinfo

Kuliner kaki lima di Jalan Ronggowarsito, Kampung Baru juga tak menarik perhatian dengan bakmi jawanya. Apalagi kalau bukan tempat makan milik Pak Dul yang pernah dikunjungi oleh tokoh masyarakat seperti menteri bahkan mantan Presiden Megawati Sukarnoputri. Kepopulerannya tidak lain karena bakmi jawa dengan rasa dan aroma unik. Sajian istimewa tersebut juga dimasak di atas tungku. Selain itu, warung ini termasuk legendaris di Solo. Konon, usianya sudah lebih dari 40 tahun.

4. Bakmi Bu Hadi

Bakmi Bu Hadi
Bakmi Bu Hadi via instagram/@foody_with_tidy

Pilihan bakmi jawa berikutnya ada di seberang RS Dr. Oen Kandang Sapi, Solo. Yap, Bakmi Bu Hadi yang memiliki porsi jumbo. Untuk sepiringnya bisa dinikmati dua orang. Varian bakminya tidak hanya biasa, tapi juga spesial dengan tambahan lauk yang beragam. Untuk harganya juga terjangkau, mengingat ukurannya yang bisa keroyokan bareng teman. Meski pelayanannya cepat, tapi warung ini sedikit sempit. Jadi teman traveler harus ekstra sabar saat mengantre.

Soal rasa dari bakmi jawa di Solo ini memang jempolan. Apalagi disantap saat perut keroncongan. Bagaimana, makin jatuh cinta dengan Solo kan? Liburan lagi ke kota cantik ini yuk!

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Solo Solo Surakarta
Share