Bajigur di Jogja, Hangatkan Badan Saat Jelajah Kota Istimewa saat Malam Hari

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
bajigur di Jogja bajigur di Jogja

Bajigur adalah minuman tradisional dari Indonesia dengan bahan utamanya santan dan gula aren. Campuran jahe, garam dan bubuk vanili di dalamnya bikin rasa makin nikmat. Minuman yang berasal dari masyarakat Sunda, Jawa Barat ini sudah tersedia di berbagai kota. Kini pun sudah bisa dinikmati sebagai kuliner Jogja yang nikmat. Ini dia daftar bajigur di Jogja.

Bajigur Budhe Warsi

Wedang Bajigur Budhe Warsi, via Instagram/streetfoodstories
Wedang Bajigur Budhe Warsi, via Instagram/streetfoodstories

Bajigur Budhe Warsi merupakan salah satu yang populer di Jogja. Keberadaanya sudah ada sejak tahun 1999. Awalnya, tempat ini diberi sebutan dengan Warung Bajigur Kang Gowok, sebutan akrab suaminya. Namun ternyata nama Budhe Warsi lebih populer. Selain bajigur, tempat ini juga menyuguhkan bandrek, kopi, dan juga teh.

Bajigur Budhe Warsi berada di Jl. Alun-alun Utara No. 1, Kadipaten, Kraton, Jogja. Bukanya mulai jam 18:00 hingga tengah malam dan Minggu tutup. Jika kedinginan di Jogja, Kedai Bajigur Budhe Warsi ini bisa jadi salah satu rekomendasi untuk dikunjungi. Satu gelasnya murah meriah, tak sampai Rp10.000.

Bajigur Batas Kota

Bajigur Batas Kota, via Instagram/javafoodie
Bajigur Batas Kota, via Instagram/javafoodie

Ada juga Bajigur Batas Kota yang berada di Jl. Magelang Pas Batas Kota, ke utara 50cm. Bukanya mulai jam 19:00 sampai habis. Wedang bajigur di sini unik karena ada tambahan kelapa muda, kolang-kaling dan juga potongan roti.

Disuguhkan dengan menggunakan mangkok kecil, namun mengenyangkan karena ada potongan rotinya. Harganya juga terjangkau, hanya Rp5.000 per porsinya.

Bajigur Q

Bajigur Q, via Instagram/jogjabikinlaper
Bajigur Q, via Instagram/jogjabikinlaper

Selanjutnya ada Bajigur Q Raden Sangkrah. Menu unggulannya adalah bajigur yang bisa dikombinasikan dengan apem. Cara paling enak menyantapnya adalah mencelupkan apem ke bajigurnya.

Bajigur Q ini berada di Jl. Monjali di depan Tresno Ban di selatan PDAM Monjali, Barat Jalan. Jam bukanya mulai dari pukul 19:00 hingga selesai. Harganya, mulai dari Rp1.000-Rp4.000. Murah meriah bukan?

Bajigur Tamasari Pak Setyanto

Bajigur Pak Setyanto, via Instagram/voilajogja
Bajigur Pak Setyanto, via Instagram/voilajogja

Tempat lainnya yang legendaris adalah Bajigur Tamansari Pak Setyanto. Rasanya begitu otentik. Apalagi saat hujan, bajigur di sini akan cepat sekali ludes.

Bajigur Tamansari Pak Setyanto ini berada di Jl. Letjend S. Parman, Jogja. Dari Pasar Ngasem ke barat sampai lampu merah ke barat lagi kira-kira 200, di kanan jalan. Bukanya mulai dari jam 17:00 hingga 21:00 WIB. Harganya hanya Rp5.000, sudah bikin kenyang.

Buat kamu yang butuh minuman hangat, terlebih lagi saat jelajah Jogja di malam hari, keempat tempat bajigur di atas bisa menjadi jujukan. Badan jadi hangat dan nyaman, jalan-jalan jadi makin berkesan.