Bajaj Online Sudah Beroperasi, Asyik untuk Kelilingi Kota Tua!

Bagi kalian yang baru menginjak Jakarta, Kota Tua menjadi destinasi yang tak boleh terlewat. Kawasan bersejarah ini selalu ramai wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Kalau Teman Traveler traveling sendirian, kali ini nggak perlu bingung. Karena sudah ada bajaj online yang berfungsi sebagai transportasi umum sekaligus pemandu wisata. Seperti apa sih? Langsung disimak ya!

Bajaj Online

Bajaj Online
Bajaj Online via Instagram/grabid

Kalau Thailand terkenal akan Tuktuk, Jakarta punya bajaj. Tanggal 24 Juni 2019 lalu merupakan hari lahirnya GrabBajay yakni Bajaj Online yang berlangsung di Museum Bank Indonesia.

Peluncurannya membuka kesempatan bagi pengemudi bajaj untuk sekaligus menjadi pemandu wisata. Menpar Arief Yahya menyampaikan bahwa angkutan umum tersebut tak hanya dapat meningkatkan kunjungan wisatawan tetapi juga memberikan pengalaman unik dan menarik.

Wilayah yang Dijangkau

Wilayah yang dijangkau
Wilayah yang dijangkau via Instagram/grabid

Saat ini, GrabBajay telah memiliki 60 mitra yang akan beroperasi dan jumlahnya akan bertambah seiring berjalannya waktu. Pemesanan Bajaj online dapat dilakukan di sejumlah wilayah seperti Kota Tua, ITC Mangga Dua, Stasiun Mangga Besar, Stasiun Sawah Besar, dan Pasar Baroe.

Wilayah tersebut dipilih karena dianggap sebagai pusat kegiatan ekonomi dan pariwisata. Menariknya lagi, mitra GrabBajay juga dibekali dengan pelatihan bahasa asing sehingga nantinya akan mempermudah turis asing.

Becak Motor atau Kayuh

Ilustrasi Becak
Ilustrasi Becak via Shutterstock

Selain bajaj, becak motor atau kayuh menjadi salah satu transportasi yang juga berfungsi sebagai pemandu wisata. Tahun 2018 lalu, Pemprov Jakarta diminta untuk mengoptimalkan becak sebagai transportasi lokal kawasan wisata.

Pengayuh sekaligus pengendara becak dibina untuk menjadi pemandu wisata. Angkutan umum ini dinilai dapat mempermudah wisatawan bagi yang ingin berkunjung ke Ancol, TMII, dan Ragunan. Karena sejumlah tempat tersebut dikenal memiliki area yang luas.

Mpok Siti

Bus wisata Mpok Siti
Bus wisata Mpok Siti via Instagram/rhmdf_24

Alternatif lainnya, Teman Traveler bisa mencoba bus wisata City Tour Transjakarta atau yang lebih dikenal dengan nama Mpok Siti. Bus wisata tersebut melewati sejumlah tempat yang ada di ibu kota secara gratis.

Pada awal tahun beroperasi, bus dilengkapi dengan pemandu wisata. Namun sekarang tidak ada lagi. Tapi jangan kecewa. Teman Traveler masih bisa mendapatkan kenyamanan. Tips sebelum naik, pilihlah tempat duduk dengan posisi terbaik sehingga kalian dapat melihat pemandangan secara lebih jelas.

Peluncuran Bajaj Online diharapkan dapat mempermudah wisatawan bagi yang ingin berkunjung ke Jakarta. Nggak sabar ingin mencobanya juga?

Tags
Akomodasi DKI Jakarta
Share