Liburan Hemat, 4 Kota Ini Sediakan Angkutan Gratis Untuk Wisatawan

Indonesia memang tidak akan ada habisnya untuk dijelajahi bahkan selama satu tahun penuh. Jangankan dri pulau ke pulau, liburan dalam satu kota saja masih banyak yang terlewatkan. Bukan tanpa alasan, waktu dan biaya membuat traveler terpaksa menunda acara jalan-jalannya. Sekarang, kamu yang hobi melancong tidak perlu khawatir. Beberapa kota ini menyediakan angkutan gratis untuk para wisatawan. Kan lumayan bisa menghemat uang untuk bersenang-senang.

1. Kota Apel, Malang

Malang City Tour
Malang City Tour [image source]
Bagi warga Malang, pasti tahu angkutan gratis yang khusus digunakan keliling kota. Namanya, Malang City Tour atau lebih dikenal dengan Macito. Kendaraan satu ini sudah berjalan menemani para traveler sejak tanggal 8 Februari 2015 lalu. Modelnya berupa bus berwarna hijau dengan desain jadul yang siap melayani 40 penumpang sekali jalan. Objek wisata Malang jadi semakin keren dengan hadirnya fasilitas ini.

Macyto
Macyto [image source]
Malang City Tour sendiri beroperasi setiap hari sejak pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Hanya saja, setiap hari minggu Macito ini lambat setengah jam lantaran ada Car Free day di jalur yang dilalui. Sementara itu, rute dari transportasi gratis ini dimulai dari Balai Kota Malang – Alun-Alun Merdeka – Jalan Kawi – Jalan Ijen – putar balik di Simpang Balapan – kembali ke Balai Kota. Wah, minat untuk keliling Malang dengan Macito?

2. Kota Metropolitan Jakarta

Jakarta City Tour
Jakarta City Tour [image source]
Sebelum Malang, Jakarta sudah punya angkutan gratis yang wajib dicoba oleh para wisatawan. yaitu Jakarta Bus City Tour atau bus ‘Mpok Siti’ yang diharapkan dapat memudahkan traveler atau penduduk asli Jakarta untuk menikmati keindahan dan kemacetan kota satu ini. Alat Transportasi berupa bus ini juga bertingkat dengan fasilitas AC.

Mpok Siti
Mpok Siti [image source]
Seperti di Kota Apel, kendaraan ini beroperasi setiap hari Senin – Sabtu jam 09.00-19.00 WIB dan hari Minggu jam 12.00-19.00. Rute Mpok Siti bertingkat di hari Senin sampai Jumat melewati 9 halte yang terdiri dari : Halte Bundaran HI – Museum Nasional – Pecenongan – Pasar Baru – Masjid Istiqlal – Monas 1 – Monas 2 – Balai Kota – Sarinah. Sedangkan hari sabtu dan minggu, Jakarta Bus City Tour hanya melalui 5 halte yaitu Halte Bundaran HI – Museum Nasional – GKJ Sarinah – Masjid Istiqlal – Balai Kota.

3. Kota Pahlawan Surabaya

Surabaya Hertage Track
Surabaya Hertage Track [image source]
Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, tentu saja Surabaya juga memiliki angkutan yang gratis untuk para wisatawan. Ialah Surabaya Heritage Track yang disediakan oleh House Of Sampoerna. Kendaraan berwarna merah ini setiap harinya hanya melakukan pemberangkatan sebanyak 3 kali saja dengan durasi waktu 1,5 sampai 2 jam.

Surabaya Heritage Track
Surabaya Heritage Track [image source]
Bukan hanya menelusuri jalan, bus cantik ini juga mengunjungi tempat wisata Surabaya yang bersejarah seperti Tugu Pahlawan. Selain itu, ada tour guide yang siap memberikan informasi yang jelas untuk para traveler mengenai objek wisata di kota ini.

4. Kota Bandung

Bandros
Bandros [image source]
Meningkatkan sektor tempat wisata Bandung, sejak tahun 2013 lalu digagas angkutan umum yang disediakan gratis untuk para pengunjung kota Bandung. Kendaraan yang akhirnya diresmikan oleh walikota Bandung Ridwan Kamil pada tahun 2014 ini bernama Bandung Tour on The Bus yang lebih dikenal dengan nama Bandros

Bandros Kuning
Bandros Kuning [image source]
Bus cantik yang memiliki 3 warna ini berkapasitas 30 orang di lantai dua. Sementara 6 kursi bulat, panjang serta balkon terlihat minimalis berada di lantai pertama. Belakangan, transportasi yang bisa digunakan untuk keliling kota Bandung ini telah dikenakan tarif. Cukup murah, para wisatawan hanya dikenakan Rp 10.000 per orang sekali berangkat. Selain dapat mengelilingi kota cantik ini, wisatawan juga difasilitasi dengan GPS serta wifi di alat transportasi gratis ini.

Karena angkutan di atas tidak berbayar, lebih baik datanglah ke halte lebih awal. Semakin mendekati jam pemberangkatan, tempat pemberhentian kendaraan tersebut bakalan ramai dan antri.

Tags
Bandung Indonesia Jakarta Jawa Barat Jawa Timur Malang Surabaya Transpotasi
Share