Free Bagasi 20 Kg Lion Air Dicabut, Yuk Pahami Kebijakan Barunya

Teman Traveler perlu berpikir ulang jika membawa banyak barang bawaan saat terbang bersama pesawat Lion Air. Hal ini lantaran Lion Air Group mencabut kebijakan bebas biaya bagasi 20 kg pada hari Jumat (04/1/19) lalu. Lalu bagaimana aturan barunya? Yuk disimak penjelasan di bawah ini.

Free Bagasi 20 Kg Lion Air

Ilustrasi Sebelumnya Bebas Biaya Bagasi 20 Kg via Pixabay
Ilustrasi Sebelumnya Bebas Biaya Bagasi 20 Kg via Pixabay

Sebelumnya Lion Air mempunyai kebijakan untuk membebaskan biaya bagi bagasi penumpang sebesar 20 kg dan kelebihan beratnya akan dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan. Penumpang biasanya yang membawa bagasi lebih dari 20 kg akan melakukan pembayaran kelebihan berat bagasi pada saat check-in di bandara. Bahkan beberapa waktu lalu, telah meluncurkan fasilitas prepaid baggage yang dapat dipesan di website Lion Air maupun agen travel. Kuota lebih bagasi disediakan 5 kg, 10 kg, 15 kg, 20 kg, dan berlaku kelipatannya.

Keputusan Resmi Kebijakan Dicabut

Ilustrasi Lion Air Mencabut Kebijakan Free Bagasi 20 Kg via Pixabay
Ilustrasi Lion Air Mencabut Kebijakan Free Bagasi 20 Kg via Pixabay

Namun Jum’at (4/1) Lion Air mengeluarkan keputusan terbaru yaitu mencabut kebijakan free bagasi 20 kg untuk penerbangan domestik. Kebijakan baru tersebut berupa penyesuaian kapasitas alias berat barang bawaan dan bagasi terdaftar cuma-cuma (free baggage allowance). Peraturan tersebut berlaku efektif mulai tanggal 8 Januari 2019 sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Namun bagi penumpang yang telah membeli tiket penerbangan domestik Lion Air sebelum tanggal 8 Januari 2019, akan tetap mendapatkan free bagasi 20 kg.

Begini Ketentuan Barunya

Ilustrasi Aturan Baru Menyebutkan Bagasi Maksimal 7 Kg via Pexels
Ilustrasi Aturan Baru Menyebutkan Bagasi Maksimal 7 Kg via Pexels

Terhitung mulai 8 Januari 2019, penumpang hanya diperkenankan untuk membawa satu bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kg. Serta satu personal item, misalnya laptop, perangkat bayi, hand luggage, bahan bacaan, dan binocular. Ukuran dimensi cabin baggage adalah 40x30x20 cm. Ketentuan lain dari Lion Air adalah beberapa barang yang diikat atau dibungkus menjadi satu tidak dianggap satu buah bagasi kabin.

Pelanggan yang akan membawa bagasi dapat membeli voucher prepaid baggage sekalian issued ticket, maupun sesudah pembelian tiket maksimal 6 jam sebelum keberangkatan. Dapat dibeli di website Lion Air, kantor penjualan tiket Lion Air Group, maupun agen travel. Bagi penumpang yang bagasinya lebih dari ketentuan yaitu 7 kg, biaya tambahan akan diberlakukan sesuai dengan tarif yang berlaku.

Membawa Power Bank pun Ada Aturannya

Ilustrasi Ketentuan Daya Power Bank di Pesawat via Pixabay
Ilustrasi Ketentuan Daya Power Bank di Pesawat via Pixabay

Selain kebijakan baru mengenai bagasi maskapai penerbangan Lion Air, Teman Traveler juga perlu mengetahui aturan mengenai power bank. Semua penumpang diwajibkan melaporkan kapasitas power bank sebelum keberangkatan, kepada ground kru Lion Air Group. Kapasitas maksimal adalah 20 ribu mAH alias 100 Wh, yang harus dibawa ke kabin tidak dimasukkan ke dalam bagasi terdaftar. Kalau memiliki kapasitas hingga 32 ribu mAH alias 160 Wh harus mengantongi izin dari Lion Air Group. Namun selama berada di atas pesawat, penumpang tidak diperkenankan menggunakan power bank.

Sekarang Teman Traveler sudah tahu kan kebijakan baru mengenai bagasi dari untuk penerbangan domestik maskapai penerbangan Lion Air. Jangan sampai lupa aturan ini akan efektif mulai 8 Januari 2019 ya.

Tags
Akomodasi Indonesia info terbaru Lion Air news PEsawat
Share