Backpacker ke Gili Trawangan, ini Tips Triknya

Gili Trawangan, pulau kecil di barat pulau Lombok ini telah menjadi primadona destinasi wisata bagi pelancong baik dari dalam maupun luar negeri lho. Pulau yang awalnya menjadi pulau buangan para tahanan pada masa kerajaan ini kini menjadi surga wisata yang penuh dengan keindahan alamnya.

Meskipun pulau Gili Trawangan merupakan pulau kecil namun disana sudah lengkap dengan fasilitas wisata yang tidak kalah dengan tempat wisata di Bali. Namun karna letak pulau ini yang cukup jauh sepertinya kita memang membutuhkan budget yang lebih besar untuk berlibur di pulau ini. Tapi tenang, para backpacker maniapun tetap bisa menikmati pulau indah ini meski dengan budget yang tipis.

1. Naik Angkutan Umum

Jika kalian berasal dari pulau Jawa, ada banyak pilihan transportasi murah untuk sampai ke Gili Trawangan. Untuk mendapatkan perjalanan yang murah namun tetap nyaman, kalian bisa memilih angkutan umum seperti kereta api maupun bis untuk menuju kota Banyuwangi sebelum menyebrang ke pulau Bali. Angkutan umum lebih disarankan karna kalian akan merasakan backpacker yang sesuangguhnya dan kalian bisa menikmati liburan tanpa capek mengemudi sendiri.

Angkutan Umum
Angkutan Umum

 

Sesampainya di Banyuwangi baru kalian masuk pelabuhan Ketapang dan carilah bis yang langsung membawa kalian ke pelabuhan Padang Bai. Dari Padang Bai kalian bisa menyebrang menuju Pelabuhan Lembar yang kemudian diteruskan ke Pulau Gili Trawang. Nah, selama perjalanan menggunakan bis dari Bali ke Lombok ini kalian harus pintar-pintar untuk menawar untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Namun tetap harus mementingkan keselamatan ya, Karna beberapa penyebrangan di pulau Lombok ini masih belum sesistematis pelabuhan Gilimanuk. Sehingga banyak kapal yang memaksakan penumpang untuk naik meski sudah melebihi ambang kuota.

2. Menginap di Hotel Murah

Jika kalian menginginkan penginapan yang murah, pulau Gili Trawangan ternyata juga menyediakan hotel untuk para backpacker lho. Untuk wisatawan yang memang memiliki budget yang tipis memang disarankan untuk menyurvei tempat penginapan terlebih dahulu. Kalian harus banyak bertanya tentang penginapan dengan tarif yang murah serta fasilitas yang lebih baik.

Menginap di Hotel MurahMenginap di Hotel Murah
Menginap di Hotel Murah (c) blogger

Sebelum pergi untuk berlibur pastikan membaca review dari seseorang yang telah mengunjungi pulau Gili Trawangan agar mendapatkan tempat penginapan yang sesuai dengan keinginan anda. Beberapa penginapan murah biasanya tidak menerima reservasi kamar sebelumnya, mereka lebih ‘welcome’ kepada pengunjung yang langsung datang di tempat. Jadi harus cepat-cepat mencari penginapan setelah sampai Gili Trawangan ya.

3. Persiapkan Snack dan Pilih Tempat Makan Murah

Namanya juga tempat wisata biasanya harga untuk makanan yang dijajakan memang lebih mahal ketimbang tempat biasa. Maka dari itu sebelum berlibur di pulau Gili Trawangan lebih baik membeli cemilan atau snack di pantai sengigi terlebih dahulu. Di sana masih banyak tersedia minimarket yang menjual cemilan dengan harga yang masih wajar, dibanding dengan harga yang ada di pulau Gili Trawangan.

 Pilih Tempat Makan Murah(c) duniafitnes
Pilih Tempat Makan Murah(c) duniafitnes

Di Pantai Sengigi juga banyak terdapat warung nasi yang enak dan porsi ‘kuli’ alias banyak sekali. Jadi kalau kalian akan menuju pulau Gili Trawangan sarankan isi perut dulu di pantai Senggigi biar sampai Gili Trawangan bisa santai mencari makanan selanjutnya. Untuk makan di Gili Trawangan memang cukup mahal, namun masih ada beberapa tempat makan yang memampang menu sekaligus harganya sehingga tidak usah takut kena ‘zonk’ harga mahal.

4. Memilih Hiburan Murah, Jangan Lupa Tawar Harga

Kegiatan malam di pulau Gili Trawangan memang tidak boleh terlewatkan. Jejeran bar dan hingar bingar musik memang langsung menyulap keindahan alami pulau ini menjadi sebuah tempat yang sangat meriah. Di samping kanan kiri jalan besar menuju Pantai Tengah Gili Trawangan banyak berjajar bar dan kios yang siap menyambut para tamu. Namun tipe bar inipun juga bermacam-macam, ada yang memakai tarif dolar ada juga yang murah untuk kalangan turis lokal. Jadi, sebelum kita memutuskan untuk menikmati layanan minuman di bar harus pintar memilih bar yang cocok untuk kantung anda.

Memilih Hiburan Murah
Memilih Hiburan Murah

Untuk yang ingin mencoba melihat keindahan bawah laut kalian bisa mengambil paket snorkeling di Gili Trawangan. Beberapa harga paketan yang ditawarkan memang berbeda-beda sesuai fasilitas yang diberikan. Nah, di sini kalian janga malu bertanya, kalau perlu lakukan tawar menawar. Dengan begitu kalian bisa mendapatkan paket hemat untuk melakukan snorkeling. Selain puas dengan hiburan bawah laut, kalian bisa bahagia karna uang yang kalian keluarkan tidak terlalu banyak.

Nah itu tadi beberapa tips dan trik untuk para backpacker yang ingin menjelajah di pulau indah Gili Trawangan. Tertarik untuk mengunjungi pulau ini?

Tags
Bali Gili Trawangan Lombok
Share