Ayam Lodho Tulungagung, Bikin Lidah Menjulur Ketagihan

Ayam Lodho Tulungagung sudah lama diakui banyak orang sebagai salah satu kuliner terbaik Kota Marmer. Bahan utamanya menggunakan ayam kampung yang dipanggang hingga matang, sebelum dipadukan dengan kuah santan bercita rasa pedas.

Ikon Kuliner Kota Marmer

Lodho, sajian khas bercita rasa tinggi (c) Akbar Dedy Pratama/Travelingyuk

Begitu disajikan, aroma gurih khas daging ayam panggang akan langsung tercium. Teman Traveler dijamin akan sulit menolak sensasi kenikmatan menawan khas Kota Marmer ini.

Sebagai ikon kuliner Kota Marmer, Teman Traveler tak perlu heran jika ayam lodho menghiasi daftar menu restoran bintang lima hingga warung pinggir jalan di Tulungagung. Benar-benar wajib dicoba dan pantang dilewatkan.

Rahasia Kenikmatan Lodho

Pesen lodho, lainnya kemudian! (c) Akbar Dedy Pratama/Travelingyuk

Tak perlu heran jika sensasi rasa Ayam Lodho benar-benar bikin ketagihan. Komposisi bumbunya menggunakan tak kurang dari 14 bahan, belum termasuk tiga bumbu penyedap dasar.

Mulai dari santan, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kencur, cabe rawit, serai, daun jeruk purut, daun salam, lengkuas, kemiri, merica, hingga ketumbar. Semuanya dipadu dengan garam, gula, dan bumbu penyedap rasa untuk hasilkan cita rasa luar biasa.

Sajian Khas Keluarga

Salah satu warung Lodho di Tulungagung (c) Akbar Dedy Pratama/Travelingyuk

Seperti opor ayam yang identik dengan Idul Fitri, Ayam Lodho juga punya arti khusus bagi masyarakat Tulungagung. Hidangan bercita rasa pedas kini kerap hadir di momen-momen penting seperti Lebaran. Cita rasanya seolah makin nikmat ketika disantap bertepatan dengan momen Hari Kemenangan.

Tak hanya itu, Ayam Lodho juga kerap muncul sebagai suguhan di acara syukuran pernikahan maupun pagutan, syukuran tujuh bulan bayi. Bisa dibilang, kuliner satu ini mewarnai hampir setiap aspek kehidupan masyarakat Tulungagung.

Itulah Ayam Lodho Tulungagung, sajian yang bisa Teman Traveler dapatkan di warung pinggiran maupun restoran kelas atas. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp15.000 per porsi, hingga puluhan ribu rupiah. Namun tak perlu khawatir, menikmati Lodho dijamin takkan bikin jatuh miskin.

Jadi tunggu apa lagi Teman Traveler, segera jalan-jalan ke Tulungagung dan rasakan nikmatnya ayam lodho dengan harga murah meriah. Bisa jadi pilihan makanan pas untuk hangatkan badan di tengah dinginnya perjalanan malam.

Tags
kontributor Kuliner Tulungagung Travelingyuk Tulungagung
Share