Sajian Ayam Bakar dari Indonesia, Kenikmatannya Menggugah Selera

Ayam merupakan salah satu pilihan lauk yang banyak diambil masyarakat Indonesia. Selain harganya lebih murah dibandingkan dengan daging sapi, daging ayam juga memiliki rasa yang nikmat. Cara pengolahannya juga sangat beragam, ada yang dipanggang, digoreng, dipepes sampai dibakar. Untuk sajian ayam bakar dari Indonesia juga memiliki ragamnya dari berbagai pelosok Nusantara.

Buat kamu para penggemar ayam bakar, berikut ini ada beberapa jenisnya dari berbagai tempat di Tanah Air. Bisa jadi inspirasi untuk memasak nanti. Yuk ikuti ulasan Travelingyuk seperti berikut ini.

Ayam Bekakak, Sunda

Ayam bekakak, Via Instagram dhilasina
Ayam bekakak, Via Instagram dhilasina

Ayam bekakak merupakan olahan ayam yang dibakar yang datangnya dari bumi Parahyangan, Sunda. Ayam utuh diungkep kemudian diberi santan berbumbu. Citarasanya perpaduan antara manis, gurih, dan juga pedas. Biasanya, ayam bekakak ini disajikan saat ada hajatan. Konon, ayam disajikan secara utuh dalam hajatan ini sebagai simbol untuk memberikan sedekah yang pemilik kepada masayarakat sekitarnya.

Ayam Sapit, Palembang

Ayam bakar sapit, Via Intagram nashrus_tsani
Ayam bakar sapit, Via Intagram nashrus_tsani

Di Palembang ada sajian ayam bakar yang bernama ayam sapit. Sebelum dibakar, ayam dijepit terlebih dahulu menggunakan bambu. Ayam sapit kemudian dimasak dalam santan berbumbu kental. Bumbunya cukup banyak sehingga rasanya begitu nikmat. Nah, setelah ayam diberi bumbu kemudian dibakar hingga matang.

Ayam Taliwang, Lombok

Ayam taliwang, Via Instagram eslimah
Ayam taliwang, Via Instagram eslimah

Kepopuleran ayam taliwang sudah tidak perlu untuk dipertanyakan lagi. Ayam bakar dari Lombok ini terkenal memiliki citarasa yang pedas dan menggugah selera. Rasa pedas ini lantaran penggunaan cabai merah kering. Biasanya, ayam taliwang ini disajikan bersama dengan kuliner khas Lombok seperti halnya plecing kangkung.

Ayam Iloni, Gorontalo

Ayam Iloni, Via Instagram ninonovian
Ayam Iloni, Via Instagram ninonovian

Buat kamu si pecinta kuliner pedas, ayam iloni perlu masuk dalam daftar untuk dicicipi. ini merupakan kuliner khas Gorontalo yang memiliki citarasa pedas dan gurih. Jika ayam bakar dari daerah lain diungkep dalam santan berbumbu, ayam ini direbus terlebih dahulu di dalam santan lalu dimasak dengan bumbu halus. Rasanya? Silahkan cicipi di Gorontalo ya.

Ayam Paniki, Manado

Ayam Paniki, Via Instagram dapur.sisters
Ayam Paniki, Via Instagram dapur.sisters

Kuliner ayam yang dibakar lainnya datang dari Manado. Namanya adalah ayam paniki yang juga memiliki citarasa pedas dan juga gurih. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat hidangan ini adalah cabai, bawang merah, terasi dan juga santan yang digunakan untuk mengungkep daging ayam. Setelah diungkep ayam lalu dibakar. Kuliner ini  juga populer di Ternate dan beberapa daerah lainnya.

Ayam Cincane, Kalimantan Timur

Ayam Cincane, Via Instagram sajiansedap
Ayam Cincane, Via Instagram sajiansedap

Ada juga Ayam Cincane yang berasal dari Kalimantan Timur. Olahan ayam satu ini sering dijumpai pada acara-acara besar seperti halnya pernikahan dan juga untuk menyambut tamu kehormatan. Rasa olahan ayam satu ini adalah gurih, legit, dan juga pedas. Satu hal lagi yang sangat khas, kuliner dari Kalimantan Timur ini memanfaatkan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Jadi, sudah kebayang kelezatannya bukan?

Banyak juga ya ragam ayam bakar yang terdapat di Nusantara. Bisa menjadi referensi untuk dicoba kala berkunjung ke daerahnya. Pertanyaannya, apakah sudah ada yang perlu kamu coba sebelumnya? Yuk share bagaimana rasanya di kolom komentar.

Tags
ayam bakar dari indonesia Indonesia
Share